Pengertian Pendidikan dan Manfaatnya Pada Era Digital

pengertian pendidikan
pengertian pendidikan

Mau tahu apa itu pengertian pendidikan dan fakta-fakta menarik tentang dunia pendidikan Indonesia? Yuk simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang tidak bisa kita pisahkan dalam bermasyarakat. Mengapa? Karena, pada dasarnya pendidikan itu sendiri sudah diajarkan kepada kamu ketika kamu masih belum mengeyam pendidikan di bangku sekolah dasar sekalipun, yaitu melalui pendidikan yang diberikan oleh kedua orang tuamu di rumah.

Mungkin jika dulu, masih banyak orang tua yang menganggap pendidikan itu tidak penting, namun seiring dengan berjalan waktu anggapan tersebut perlahan-lahan mulai menghilang. Sebab, kini pendidikan sudah menjadi hal yang diprioritas oleh banyak orang tua di Indonesia dari satu generasi ke generasi lainnya.

Salah satu buktinya, banyak dari orang tua yang sudah memiliki atau membeli asuransi pendidikan untuk anaknya agar dapat menempuh pendidikan hingga jenjang tertinggi. Ini adalah fakta yang tak bisa kita pungkiri lagi bahwa pendidikan saat ini begitu penting khususnya bagi anak-anak muda di Indonesia.

Pertanyaan Seputar Dunia Pendidikan

Jika demikian, lantas timbul banyak pertanyaan seputar dunia pendidikan. Misalnya saja apa itu pengertian pendidikan dan tujuannya, serta manfaat pendidikan untuk anak-anak muda di Indonesia. Itulah beberapa pertanyaan yang muncul dari benak generasi milenial saat ini yang memang dikenal merupakan sosok yang kritis.

Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Ajaib sudah mempersiapkan artikel menarik di bawah ini seputar fakta menarik seputar pengertian pendidikan hingga Menteri Pendidikan Indonesia saat ini.

Pengertian Pendidikan

Definisi pendidikan adalah suatu pembelajaran tentang berbagai hal yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui pelatihan, penelitian, atau pengajaran.

Di mana, kamu bisa mendapatkan pendidikan bukan hanya melalui institusi pendidikan saja melainkan bisa juga dengan belajar sendiri (otodidak).

Siapa Bapak Pendidikan Nasional Indonesia?

Apakah kamu sudah tahu? Siapa Bapak Pendidikan Nasional Indonesia? Betul, Bapak Pendidikan Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara.

Sosok beliau memang merupakan tokoh nasional yang pada zamannya berjasa dalam memperjuangkan pendidikan untuk masyarakat pribumi di Indonesia saat zaman kolonial Belanda.

Untuk mengenang jasanya, setiap tahun kita pasti memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Penetapan Hari Pendidikan Nasional ini merupakan tanggal lahir dari Ki Hajar Dewantara, yaitu pada 2 Mei 1889 dan wafat tanggal 26 April 1959 di Yogyakarta. Yang mana, kota kelahiran Ki Hajar Dewantara tersebut juga saat ini dikenal sebagai kota pendidikan.

Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara:

“Pendidikan umumnya merupakan daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.”

Berdasarkan pengertian pendidikan menurut ahli di atas, pendidikan menjadi suatu hal yang penting untuk membina pendidikan karakter dan juga cara berpikir anak-anak muda di Indonesia saat ini.

Tujuan Pendidikan Nasional

Setelah mengetahui makna dan definisi pendidikan yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Bagaimana dengan tujuan pendidikan nasional di Indonesia? Secara umum, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

Dengan cara terus memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia untuk dapat menciptakan anak-anak muda di masa depan yang terampil, berkarakter, dan berbudaya.

Manfaat Pendidikan Nasional dan Pentingnya untuk Generasi Muda

Secara umum manfaat dari adanya suatu sistem pendidikan di sebuah negara, yaitu melahirkan anak-anak muda yang memiliki kompetensi di bidang masing-masing, serta menjadi tempat untuk membentuk karakter dan pola pikir.

Hal ini sangat dibutuhkan ketika kamu sudah masuk dalam dunia kerja, apalagi perkembangan zaman yang begitu cepat sehingga kamu dituntut untuk menjadi pekerja yang memiliki pola pikir yang terbuka (open minded).

Itulah mengapa pendidikan saat ini begitu penting bagi generasi milenial dalam menghadapi era digital yang begitu masif.

Jurusan Pendidikan juga Perlu Mengikuti Perkembangan Zaman

Memiliki pendidikan yang memadai kini memang menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh generasi muda untuk melamar pekerjaan di perusahaan impian. Sama halnya dengan dunia pekerjaan yang banyak bermunculan profesi baru, dunia pendidikan pun juga harus berbenah. Yaitu membuat sebuah jurusan yang memang relevan dengan era digital seperti saat ini.

Contohnya saja, jurusan bisnis digital. Dimana jurusan ini mendapatkan begitu banyak minat dari mahasiswa untuk lebih memperdalam ilmu bisnis mereka melalui saluran digital. Tentu saja, jurusan bisnis digital relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Salah satunya yaitu pemasaran melalui saluran digital yang sudah banyak dilirik oleh perusahaan berskala besar sekalipun.

Peringkat Pendidikan Indonesia di Dunia

Dikutip dari PISA 2018, bahwa negara Tiongkok menduduki peringkat satu untuk sistem pendidikan di dunia, bagaimana dengan negara Indoensia? Indonesia sendiri masih kalah dengan negara tetangga seperti Brunei dan Malaysia.

Di mana, Indonesia mendapatkan nilai skor 371 untuk membaca, 379 untuk matematika, dan 396 untuk ilmu pengetahuan.

Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim

Siapa tak kenal dengan mantan CEO Gojek ini, yang baru saja dilantik menjadi Menteri Pendidikan Indonesia. Ia merupakan sosok anak muda yang baru berusia 30-an. Namun, jangan ditanyakan lagi jika berbicara prestasi pendidikan. Nadiem Makarim merupakan lulusan dari Harvard Business School, yang notabene adalah salah satu almater paling beken di dunia dengan gelar Master of Business Administration. Kini, kemajuan pendidikan di Indonesia ada di tangannya melalui kebijakan-kebijakannya.

Demikianlah informasi fakta menarik seputar dunia pendidikan di Indonesia dari pengertian pendidikan hingga Menteri Pendidikan Indonesia saat ini. Yang mana, informasi dan uraian di atas diharapkan bisa semakin memotivasi kalangan anak muda Indonesia untuk semakin semangat dalam belajar. Karena, di masa depan Indonesia butuh orang-orang cerdas seperti kamu untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait