Tips dan Trik Jualan Online, Ampuh untuk Pemula

jualan online
jualan online

Butuh tips dan trik jualan online? Redaksi Ajaib telah menghimpunnya di dalam ulasan ini, yuk disimak.

Sebagai seorang pemula yang ingin terjun ke dunai bisnis online, pasti akan mengalami kesulitan pada awalnya. Apalagi jika produk-produk yang dipasarkan itu sudah banyak pesaing yang menjualnya.

Maka dari itu, kamu harus mencoba tips dan trik jualan bagi pemula yang akan dijelaskan di bawah ini. Tips dan trik ini akan disajikan guna membantumu agar lebih memahami dan melatih pola pikir dalam mengelola usaha.

Sementara, bagi kamu yang sudah atau masih menjalankan bisnis secara offline dan sedang bermigrasi menjadi berjualan secara online, beberapa tips dan trik jualan online ini akan membantumu menambah wawasan terkait apa yang akan kamu hadapi saat menjalankan bisnis online tersebut.

Berikut ini tips dan trik jualan online yang perlu dilakukan bagi kamu yang masih pemula dalam menjalankan bisnis online.

Siapkan Mental

Yang paling utama harus diperhatikan dalam berjualan secara online untuk pemula ialah persiapan mentalmu. Terutama, jika kamu belum pernah berbisnis apapun.

Sebelum membuka usaha, kamu harus memahami karakteristik dari pembeli online. Dengan begitu kamu bisa memahami apa keinginan dari pelanggan yang ada. Selain itu, kamu juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dengan tidak melakukan penipuan atau fraud yang merugikan mereka.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tampilan dari toko online yang akan kamu jalankan. Jangan lupa juga untuk menentukan jam kerja. Usahakan pula gunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan.

Tentukan Produk

Setelah mental sudah siap, giliran menentukan produk yang akan dijual. Dalam menentukan produk tersebut, usahakan untuk melihat apa yang sedang banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Jangan asal pilih yang unik, sebab orang-orang memang awalnya akan penasaran tapi setelah tahu maka bisa jadi produkmu malah ditinggalkan karena terkesan terlalu nyeleneh.

Susun Rencana Bisnis

Tips dan trik selanjutnya ialah kamu harus menyusun rencana bisnis yang akan dijalankan. Rencana bisnis ini mencakup beberapa hal, seperti menentukan nama toko, produk yang akan dijual, rencana harga jual, hingga hitungan berapa keuntungan yang diinginkan.

Tentukan Supplier

Saat menjalankan bisnis, baik online maupun offline sudah pasti membutuhkan supplier agar bisnismu bisa terus berjalan. Pastikan saat memilih supplier harus benar-benar teliti dan pertimbangkan matang-matang segala aspek yang diperlukan, seperti lokasi supplier, harga yang dipasang, ketersediaan barang, dan lain sebagainya.

Tentukan Target Konsumen

Ini sangat penting. Karena, konsumen ini yang akan menggunakan atau menikmati produk yang kamu jual di toko online. Jika target konsumen tepat, maka kamu bisa dengan mudah memasarkan dan menjual produkmu.

Tentukan Harga Jual

Sebelum menentukan harga jual, ada baiknya kamu melakukan survey kecil-kecilan. Survey bisa kamu lakukan melalui media sosial yang tersedia. Setelah selesai survey tersebut, kamu bisa langsung menentukan harga yang tepat dan sesuai dengan target konsumenmu.

Lakukan Evaluasi Strategi

Setiap menjalankan bisnis pasti memiliki strategi yang berbeda-beda. Maka dari itu, usahakan untuk selalu melakukan evaluasi. Hal itu dilakukan agar strategi yang kamu terapkan tetap bisa mengikuti perkembangan zaman.

Itulah tips dan trik yang perlu dilakukan bagi kamu yang masih pemula dalam berjualan online. Ingat, jangan lupa konsisten dan kerja keras agar hasilnya maksimal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait