Tips Beli Emas untuk Investasi Terbaik

Tips Beli Emas untuk Investasi Terbaik
Tips Beli Emas untuk Investasi Terbaik

Banyak cara untuk berinvestasi, mulai dari menabung secara konvensional, deposito, berinvestasi pada portofolio yang berisiko tinggi seperti forex, saham, atau obligasi bahkan investasi emas. Pada artikel ini, kita akan bahas mengenai investasi emas. Sebelum melakukannya kita harus mempunyai pengetahuan dasar agar tidak mengalami kerugian. Untuk itu, kamu harus memerhatikan dengan baik cara beli emas yang benar sehingga investasi yang dilakukan benar-benar menguntungkan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan. 

Cek harga emas terkini

Harga emas selalu berubah-ubah setiap harinya. Oleh sebab itu, kita harus rajin-rajin mengecek fluktuasi harga emas jika memang ingin membeli attau mungkin menjualnya. Untuk mengetahui harga emas terkini sekarang tidaklah sulit. Pasalnya, kita bisa langsung mengecek harga emas secara online di internet, baik harga emas batangan, harga emas antam, ataupun logam mulia.

Perhatikan kadar kemurnian emas

Mengecek kadar kemurnian emas perlu diperhatikan saat ingin beli emas. Terlebih harga emas berbanding lurus dengan tingkat kemurniannya. Setelah itu memilih tempat membeli emas yang akan dijadikan sebagai barang investasi juga perlu perhatian. Upayakan membeli emas dari toko emas yang mempunyai reputasi. Dan juga perhatikan pula tingkat harga jual kembali pada toko emas itu. 

Simpan nota dan sertifikat terkait kepemilikan emas

Nilai emas akan turun kalau kitatidak mempunyai sertifikat terkait kepemilikannya. Baik berupa nota pembelian, sertifikat emas, ataupun kuitansi. Informasi terkait kadar emas berupa sertifikat, kuitansi, atau nota pembelian bisa menjadi bukti pada saat ingin menjual kembali emas yang dimiliki. Dengan memiliki ini semua, kamu bisa mendapatkan harga buyback yang tinggi ketika ingin menjualnya kembali.

Simpanlan emas dengan baik

Pastikan untuk menjaga kualitas emas yang kamu miliki dengan baik. Kamu bisa menyimpan emas yang dimiliki di dalam rumah. Namun untuk keamanan emas tersebut, disarankan kamu menyimpan emas di dalam brangkas atau kotak deposit bank. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan emas dengan cara menjadikannya sebagai barang jaminan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait