Emas

Tips Beli Emas untuk Investasi Terbaik

Tips Beli Emas untuk Investasi Terbaik

Ajaib.co.id – Banyak cara untuk berinvestasi, mulai dari menabung secara konvensional, deposito, berinvestasi pada portofolio yang berisiko tinggi seperti forex, saham, atau obligasi bahkan beli emas.

Pada artikel ini, kita akan bahas mengenai investasi emas. Sebelum melakukannya kita harus mempunyai pengetahuan dasar agar tidak mengalami kerugian. Untuk itu, kamu harus memerhatikan dengan baik cara beli emas yang benar sehingga investasi yang dilakukan benar-benar menguntungkan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan. 

Cek harga emas terkini

Harga emas selalu berubah-ubah setiap harinya. Oleh sebab itu, kita harus rajin-rajin mengecek fluktuasi harga emas jika memang ingin membeli attau mungkin menjualnya. Untuk mengetahui harga emas terkini sekarang tidaklah sulit. Pasalnya, kita bisa langsung mengecek harga emas secara online di internet, baik harga emas batangan, harga emas antam, ataupun logam mulia.

Pada Jumat lalu, 20 Agustus 2021, harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia ANTAM PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengalami kenaikan Rp2000 dibanding hari sebelumnya yaitu berada di level Rp946.000.

Saat ini harga satu gram emas Antam berada di level Rp948.000 dengan harga buyback emas Antam berada di level Rp829.000 per gram. Harga tersebut juga naik Rp3.000 dibandingkan harga buyback di hari sebelumnya yaitu Rp826.000 per gram. Di bawah ini adalah harga emas antam terbaru di beberapa pecahan.

  • emas 0,5 gram: Rp 524.000
  • emas 1 gram: Rp 948.000
  • emas 5 gram: Rp 4.515.000
  • emas 10 gram: Rp 8.975.000
  • emas 25 gram: Rp 22.312.000
  • emas 50 gram: Rp 44.545.000
  • emas 100 gram: Rp 89.012.000
  • emas 500 gram: Rp 444.320.000
  • emas 1.000 gram: Rp 888.600.000

Perhatikan kadar kemurnian emas

Mengecek kadar kemurnian emas perlu diperhatikan saat ingin beli emas. Terlebih harga emas berbanding lurus dengan tingkat kemurniannya. Setelah itu memilih tempat membeli emas yang akan dijadikan sebagai barang investasi juga perlu perhatian. Upayakan membeli emas dari toko emas yang mempunyai reputasi. Dan juga perhatikan pula tingkat harga jual kembali pada toko emas itu. 

Perlu diketahui, ketika kamu membeli emas perhiasan, maka karat tertinggi sebesar 24 karat. Untuk emas 23 karat, bentuknya lebih lunak sehingga harus dicampur dengan logam lain agar bentuknya keras. Ada beberapa jenis karat yang terdapat di toko emas terdekat:

  • Emas 24 karat memiliki emas murni 99,99%
  • Emas 22 karat memiliki 91,7% emas 
  • Emas 20 karat memiliki 83,3% emas
  • Emas 18 karat memiliki 75% emas
  • Emas 16 karat memiliki 66,6% emas
  • Emas 14 karat memiliki 58,5% emas
  • Emas 9 karat memiliki 37,5% emas

Cek Kondisi Emas yang Akan Dibeli

Selain memperhatikan harga dan kadar karatnya, kamu juga harus melihat kondisi emas secara menyeluruh. Pastikan perhiasan emas tersebut tidak memiliki goresan, cacat, atau cuilan-cuilan.

Misalnya, jika ingin membeli kalung atau gelang, lebih baik memilih kunci berbentuk S. Di mana model kunci ini lebih tahan lama dibandingkan desain kunci ditekan.

Selain itu, cek juga noda yang tertinggal di emas tersebut, pastikan tidak ada noda yang diakibatkan oleh pencucian dengan bahan kimia. Akan lebih baik membeli emas yang memiliki sertifikat, sehingga lebih mudah saat dijual lagi.

Beli di Toko Tepercaya

Jangan pernah tergiur dengan harga emas murah yang ditawarkan toko emas. Jika kamu menemukannya, kamu patut waspada dan hindari membeli perhiasan di tempat tersebut.

Setiap toko biasanya memiliki harga emas yang berbeda dengan kualitas yang juga berbeda. Kamu bisa membeli secara langsung atau online. Namun, ketika kamu membeli online, kamu bisa coba membeli di beberapa situs tepercaya sepeti pegadaian, sehatigold.com, dan sebagainya.

Simpan nota dan sertifikat terkait kepemilikan emas

Nilai emas akan turun kalau kitatidak mempunyai sertifikat terkait kepemilikannya. Baik berupa nota pembelian, sertifikat emas, ataupun kuitansi. Informasi terkait kadar emas berupa sertifikat, kuitansi, atau nota pembelian bisa menjadi bukti pada saat ingin menjual kembali emas yang dimiliki. Dengan memiliki ini semua, kamu bisa mendapatkan harga buyback yang tinggi ketika ingin menjualnya kembali.

Simpanlan emas dengan baik

Pastikan untuk menjaga kualitas emas yang kamu miliki dengan baik. Kamu bisa menyimpan emas yang dimiliki di dalam rumah. Namun untuk keamanan emas tersebut, disarankan kamu menyimpan emas di dalam brangkas atau kotak deposit bank. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan emas dengan cara menjadikannya sebagai barang jaminan.

Nah itulah beberapa tips ketika kamu ingin beli emas dan menjadikannya investasi. Jika dilihat dan diperhatikan secara seksama, membeli emas agak sedikit merepotkan ya. Apalagi kamu harus memiliki brangkas penyimpanan jika tidak ingin harga emas jatuh karena rusak.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi tapi tidak ingin repot, kamu bisa memulai investasi reksa dana atau saham. Di mana, investasi ini juga menawarkan keuntungan yang besar dan bisa disesuaikan dengan karakteristik kamu sebagai investor.

Untuk memulai investasi, baik reksa dana atau saham, kamu bisa membelinya dengan mudah, dari mana saja dan kapan saja lewat aplikasi Ajaib. Dengan modal mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Yuk mulai investasimu sekarang juga di Ajaib!

Artikel Terkait