Bisnis & Kerja Sampingan

Tembus Rekor Box Office Berapa Pendapatan Avengers: Endgame?

pendapatan avengers: end game

Pendapatan Avengers: Endgame menjadi pendapatan film terlaris sepanjang sejarah dengan raihan rekor box office lainnya. Berapa jumlahnya? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Di tahun 2020, belum terlihat film yang digadang-gadang akan menembus rekor pendapatan seperti di 2019. Jika ditarik ke 2019, tepatnya pada tanggal 22 April 2019, di mana merupakan tanggal premier peluncuran film terbaru sekaligus penutup dari film superhero besutan Marvel, Avengers: Endgame.

Film ini menjadi penutup dari keempat serial film Avengers yaitu The Avengers, The Avengers: Age of Ultron, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame. Butuh waktu sekitar 7 tahun bagi Marvel untuk merampungkan cerita dari film ini dan menutupnya di April 2019. Film yang bertemakan superhero dengan berbagai macam karakter khas Marvel ini memang tengah banyak diminati.

Para penikmatnya disuguhkan cerita yang tidak biasa dengan sentuhan animasi CGI yang melibatkan banyak animator di dalamnya. Hal ini tentu demi memuaskan mata para penikmatnya dan memberikan pengalaman menonton film superhero yang luar biasa. Tidak heran, dana produksi yang dihabiskan dalam film ini luar biasa fantastis.

Pada seri awal saja film ini menghabiskan sekitar 220 juta USD, diikuti film kedua sebesar 365 juta USD, lalu film ketiga sebesar 316 juta USD, dan film terakhir 356 juta USD. Selain biaya dalam menggunakan teknologi CGI atau Computer Generated Imagery yang mahal, film ini juga dibintangi oleh para aktor dan aktris dengan bayaran termahal. Sebut saja nama-nama seperti Robert Downey Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, dan Mark Ruffalo.

Tidak heran, film ini menghabiskan dana produksi hingga ratusan juta USD demi menghasilkan film yang berkualitas untuk disaksikan. Hal ini juga sejalan dengan pendapatan yang diterima, berkat film serial Avengers. Pendapatan paling besar datang dari film terakhir yaitu Avengers: Endgame sebesar 2,8 miliar USD.

Jika dibagi berdasarkan pasar internasional, maka pendapatan Avengers Endgame meliputi pasar Amerika Utara yang meraup keuntungan sebesar 853 juta USD, pasar Inggris Raya sebesar 114 juta USD, pasar China sebesar 614 juta USD, pasar Korea Selatan sebesar 105 juta USD, dan pasar Indonesia yang mencapai 34,6 juta USD.

Dengan pendapatan Avengers: Endgame ini maka film yang disutradarai Russo bersaudara itu berhasil menembus rekor film dengan pendapatan tertinggi sebelumnya yaitu Avatar. Selain itu pendapatan, Avengers: Endgame juga berhasil menembus rekor Box Office dengan sejumlah pencapaian saat film ini ditayangkan. Berikut penjelasannya.

Sejumlah Rekor Box Office yang Berhasil Dicapai Avengers: Endgame

Selain pendapatan yang meningkat tajam sebagai film terlaris sepanjang masa, film ini mampu mencapai atau memecahkan rekor baru di Box Office setelah film ini ditayangkan. Untuk mengetahuinya, berikut penjelasan mengenai rekor box office dari film Avengers: Endgame:

Pendapatan Terbesar Pasar Internasional dari Tayang di Hari Pertama

Jika kamu mengikuti cerita dari serial film Avengers, maka di serial ketiga yang berjudul Avengers: Infinity War kamu akan disuguhkan ending film yang bersambung. Untuk mengetahui kelanjutan dari cerita tersebut maka kamu harus menyaksikan Avengers: Endgame. Tidak heran jika hal ini yang membuat film ini sukses besar dan mendapatkan pendapatan tertinggi di hari pertama penayangan di pasar internasional. Raihan pendapatan dari hasil penayangan sebesar 866,6 juta USD di hari pertama, berhasil meraih rekor film terlaris di hari pertama penayangannya.

Menjadi Film dengan Jumlah Tayang Paling Banyak Sepanjang Sejarah

Berdasarkan pendapatan di hari pertama yang mampu memecahkan rekor Box Office, sejalan dengan jumlah penayangannya di seluruh bioskop di Indonesia. Menurut catatan Teater AMC, Avengers: Endgame berhasil membuka 63.000 layar hanya di Amerika Serikat. Di mana, bioskop-bioskop tersebut menayangkan 96 jam penuh tanpa henti selama 3 hari pertama. Dimulai dari Jumat yang merupakan hari perilisan hingga minggu demi memenuhi permintaan penayangan.

Di pasar Indonesia sendiri, Avengers: Endgame tersedia di seluruh bioskop dengan beberapa bioskop melakukan penayangan pertama dimulai dari jam 5 pagi.

Penjualan Tiket Tercepat dengan Nilai Mencapai 1 Triliun USD

Untuk mendapatkan tiket premier Avengers: Endgame bisa dikatakan sulit karena permintaan dan animo pecinta Marvel yang ingin menyaksikan serial akhir dari film ini. Hal ini menghasilkan penjualan tiket tercepat yang mampu mencapai angka 1 triliun USD dalam durasi waktu selama 5 hari saja.

Jika dijabarkan penjualan tiket ke hari yang lebih lama, maka film ini mampu menjadi yang tercepat di 3 hari dengan pencapaian 500 juta USD, 8 hari tercepat dengan 1,5 juta USD, 11 hari tercepat dengan 2 juta USD, dan 20 hari tercepat dengan 2,5 juta USD.

Akan tetapi, dalam pasar domestik Endgame masih di peringkat kedua setelah film Star Wars: The Force Awakens soal kecepatan yang hanya membutuhkan waktu selama 23 hari untuk mendapatkan 800 juta USD. Sementara Endgame membutuhkan 32 hari untuk mencapai angka tersebut.

Pendapatan Opening Weekend Terbesar di Pasar Domestik

Pendapatan di hari pertama yang terbilang besar ini didongkrak dengan pendapatan di akhir pekan atau Sabtu dan Minggu hingga mencapai 357,1 juta USD hanya melalui pasar domestik. Jika ditambahkan dengan pendapatan dari luar negeri, maka Endgame meraup keuntungan hingga 1,22 triliun USD.

Dengan pencapaian yang luar biasa ini maka film Avengers: Endgame sukses besar dan menjadi film terlaris yang pernah ada. Dengan pendapatan sebesar 2,8 miliar USD, film ini mampu menggeser pendapatan film tertinggi sebelumnya yaitu Avatar. Sejauh ini belum ada film yang mampu menandingi pendapatan Avengers: Endgame.

Hal ini juga dipengaruhi oleh keberadaan film superhero yang sedang banyak diminati. Selain film, ada juga beberapa merchandise official dari film seperti action figure, kaos, aksesoris, dan masih banyak lainnya. Sama halnya dengan investasi yang sedang banyak diminati saat ini. Banyaknya jenis produk investasi kini menjadi pilihan banyak orang dalam mengelola keuangan mereka.

Salah satu produk investasi yang memberikan keuntungan besar dengan risiko rendah adalah reksa dana. Namun, dalam memilih manajer investasi untuk mengelola reksa dana, harus yang tepercaya dan terjamin keamanannya. Untungnya, kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone yaitu dengan aplikasi Ajaib. Ajaib hadir sebagai media bagi kamu dalam menemukan manajer investasi reksa dana yang memberi banyak keuntungan.

Kamu tidak perlu lagi takut dan khawatir dengan dana yang didepositkan untuk reksa dana karena Ajaib sudah diawasi oleh OJK. Jadi sudah dipastikan dana aman terjamin ketika berinvestasi reksa dana di Ajaib. Temukan kemudahan dalam berinvestasi reksa dana yang praktis, aman, dan mudah secara online kesayanganmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait