Reksa Dana

Karakteristik Reksa Dana yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang reksa dana. Definisi reksa dana sendiri merupakan tempat para pemodal menginvestasikan uang mereka dalam portofolio efek oleh manajer investasi sesuai dengan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 pasal 1, ayat 27.

Reksa dana diibaratkan sebagai sebuah wadah yang dipunyai oleh manajer investasi. Nah, wadah tersebut berisi macam-macam instrumen investasi, seperti produk pasar uang, obligasi, maupun saham. Saham yang ada di reksa dana tergantung resep dari masing-masing manajer investasi. Reksa dana sendiri memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan investasi lainnya.

Karakteristik investasi reksa dana wajib diketahui oleh mereka yang tertarik untuk mulai berinvestasi dengan jenis pengelola produk investasi ini. Sebelum karakteristik investasi reksa dana ini diketahui, terlebih dahulu kamu diwajibkan untuk mengetahui dari tujuan keuangan.

Tujuan keuangan perlu diketahui karena berinvestasi merupakan bagian dari tujuan keuangan, yang meliputi berbagai macam keperluan. Biasanya keperluan ini terdiri dari keuangan untuk pendidikan anak, kepentingan dalam membeli rumah, sebagai dana ketika masa pensiun, dan juga untuk kebutuhan lainnya di masa depan.

Reksa dana mampu memenuhi tujuan investornya dalam memenuhi tujuan keuangannya. Berikut ini karakteristik reksa dana yang wajib kamu ketahui:

  • Reksa dana merupakan produk dari manajer investasi.
  • Reksa dana dijual oleh agen penjual reksa dana, baik dari bank, secara online (oleh APERD online), maupun melalui perusahaan sekuritas.
  • Dalam reksa dana, tidak terdapat uang pertanggungan dan tidak ada biaya asuransi.
  • Besarnya biaya pembelian adalah 0 persen hingga 2 persen dari nilai reksa dana.
  • Pada reksa dana, tidak terdapat biaya administrasi.
  • Biaya penjualan reksa dana adalah sebesar 0 persen hingga 2 persen dari nilai reksa dana dalam tahun pertama.
  • Alokasi dana setoran tahun pertama adalah 98 persen sampai 100 persen.
  • Penjual akan memperlihatkan prospektus. Beberapa APERD juga akan meminta kamu mengisi profil risiko.
  • Sebagian besar investor reksa dana adalah institusi dan ritel.

Jenis Reksa Dana

Ketika kamu sudah mengetahui karakteristik reksa dana, kamu juga wajib memahami jenis-jenisnya. Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal, reksa dana merupakan wadah himpunan dana masyarakat untuk diinvestasikan oleh manajer investasi. Dana yang diinvestasikan dapat berupa saham, pasar uang, obligasi maupun sekuritas lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, secara umum, reksa dana dibedakan menjadi dua jenis yaitu Reksa Dana Terbuka dan Reksa Dana Tertutup.

1. Reksa Dana Terbuka

Reksa dana terbuka merupakan investasi yang bisa dijual lagi, tidak perlu menggunakan mekanisme penjualan di Bursa Efek Indonesia kepada perusahaan manajemen investasi. Mayoritas reksa dana di zaman sekarang merupakan jenis yang terbuka karena harga jualnya bisa sama dengan nilai bersih saat aktiva.

2. Reksa Dana Tertutup

Selanjutnya adalah reksa dana tertutup. Jenis ini tidak dapat dijual kembali ke perusahaan manajemen investasi. Untuk kamu ketahui, unit penyertaannya hanya dapat dijual di Bursa Efek Indonesia dengan harga jual di bawah nilai aktiva. Jumlah dana pada reksa dana tertutup bukanlah yang besar karena keterbatasan investor.

Nah, dalam dua jenis reksa dana itu terdapat empat unsur penting dalam reksa dana yang wajib diketahui oleh calon investor, yaitu kumpulan dana dari kumpulan investor, diinvestasikan melalui instrument investasi, reksa dana dikelola serta dijalankan oleh manajer investasi yang profesional, dan reksa dana adalah alat investasi dana untuk jangka menengah dan panjang.

Manfaat Reksa Dana

Ketika berbicara soal reksa dana, kamu juga wajib tahu manfaat-manfaatnya bagi para investor. Kami, redaksi Ajaib memaparkan beberapa manfaat jika kamu menggunakan investasi reksa dana yang saat ini mendapat banyak perhatian dan minat dari para investor.

Berikut manfaat yang bisa didapatkan melalui reksa dana:

1. Manajemen yang Profesional

Manajer investasi bakal mengelola dana yang diinvestasikan secara profesional dan ahli yang umumnya bersifat terbatas waktu. Peran manajer di sini sangat penting agar pengelolaan portofilio dalam reksa dana berjalan dengan baik dan benar.

2. Diversifikasi Investasi

Dengan adanya diversifikasi investasi, kita dapat meminimalisir timbulnya risiko dengan diwujudkan dalam portofilio. Kendati begitu, kamu tidak dapat mengilangkan risiko investasi reksa dana.

3. Pengelolaan Dana yang Transparan

Transparansi dari reksa dana bisa digunakan untuk memantau keuntungan melalui pelonjakan biaya dan portofolio secara berkesinambungan. Pengelolaan dana ini biasanya diterbitkan sesuai nilai aktiva bersih setiap pertengahan tahun atau tahunan, secara berkesinambungan. Para investor pun bisa memantau perkembangannya.

4. Likuiditas Tinggi

Likuiditas yang tinggi dapat meningkatkan keberhasilan investasi. Nantinya pemodal bakal mencairkan unit pernyertaan sesuai dengan aturan yang sudah dibuat oleh reksa dana. Tentunya, aturan itu sudah memudahkan investor ketika mengelola investasi mereka.

5. Biaya Rendah

Efisiensi biaya transaksi karena dalam reksa dana merupakan sekumpulan pemodal yang dikelola secara profesional yang sejalan dengan kemampuan untuk investasi.

6. Risiko Rendah

Kamu pasti sudah tahu kalau investasi reksa dana tidak bisa dihilangkan dalam risiko. Namun, reksa dana masih diminati investor kalangan menengah hingga ke atas karena risikonya sangat rendah bila dibandingkan dengan bermain saham.

Mengetahui reksa dana dan karakternya tentu harus tahu di mana kita bisa mendapatkan penawaran dari produk reksa dana ini. Reksa dana biasanya dijual di bank. Tempat pembelian dari reksa dana akan berpengaruh pada memenuhinya kebutuhan atau tidak reksa dana ini.

Pembelian ini khususnya di bank, akan memengaruhi pada manajer investasi. Kelayakan manajer investasi akan diukur dengan seleksi yang sangat ketat oleh pihak bank.

Bacaan menarik lainnya:

Mark M. Carhart. (1997). On Persistence in Mutual Fund Performance


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait