Sikap & Kata-Kata Rendah Hati 5 Tokoh Inspiratif

Kata-kata rendah hati

Sifat rendah hati adalah salah satu sifat yang seharusnya ditanamkan dalam diri seseorang. Kerendahan hati akan membuat Anda mudah mendapatkan tempat (bergaul) di lingkungan sosial. Karena pada dasarnya setiap orang tidak menyukai kesombongan dan merendahkan orang lain. Kepribadian yang baik akan terlihat dari perilaku hidup hingga kata-kata rendah hati yang terucap dari mulutnya.

Layaknya sebuah filosofi padi “semakin merunduk semakin berisi”, orang yang mempunyai kelebihan apapun tidak perlu untuk menunjukkannya kepada orang banyak, biarkan mereka melihat dengan sendiri dan menilai setiap kelebihan Anda. Jangan pamer dan ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain, justru ini akan membuat orang lain enggan untuk berteman dengan Anda. Sebaliknya, jika Anda rendah hati akan banyak orang yang ingin berteman.

Sifat rendah hati biasanya telah diajarkan oleh setiap orang tua pada anaknya sejak kecil. Lalu sifat ini akan semakin terbentuk ketika seseorang mulai berkumpul dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak orang mencontoh tokoh atau public figure, dari mulai sikapnya hingga ungkapan kata-kata rendah hati yang terucap darinya membuat mereka terinspirasi. Berikut lima tokoh inspiratif yang terkenal dengan kerendahan hatinya.

1. Joser Cordano

Mantan Presiden Uruguay ini terkenal dengan sifatnya yang rendah hati. Penduduk di sana bahkan menjulukinya sebagai “Malaikat”. Panggilan itu tersemat padanya, karena mengamalkan hampir semua gajinya sebagai presiden. Gajinya sekitar USD8.834 per bulan, hanya 10% yang dia ambil untuk kebutuhan pribadinya. Ini membuatnya menjadi presiden paling miskin.

2. Keanu Reeves

Aktor Hollywood satu ini berbeda dari yang lainnya. Jika para selebriti Hollywood umumnya suka dengan gaya hidup mewah dan glamor, lain halnya dengan aktor ganteng satu ini. Dia lebih suka hidup sederhana, tak sungkan untuk jajan di pinggir jalan, bercengkrama dengan kru film, bahkah sering memberi hadiah.

Sebagai contoh dia pernah membagikan USD80 juta kepada para kru The Matrix, dari total USD144 juta dollar yang diterimanya saat membintangi film Box Office tersebut. Banyak lagi hal yang diperbuat yang menunjukkan kerendahan hatinya.

3. Mark Zuckerberg

Meskipun sukses dan meraih kekayaan dengan Facebook, media sosial yang diluncurkannya pada tahun 2004, tidak membuat Mark Zuckerberg hidup dengan kemewahan. Dia tetap bersikap rendah hati dengan kekayaannya tersebut.

Kerendahan hatinya itu tercermin dari cara dia berpakaian yang selalu memakai kaos oblong polos. Dia juga seorang yang dermawan dan aktif memberikan sumbangan sosial. Di kantornya, Mark Zuckerberg memilih bekerja bersama dengan karyawan lainnya dalam satu ruangan, dibandingkan mempunyai ruangan khusus nan mewah.

4. Pak BJ Habibie

Presiden ke-3 Indonesia yang telah tutup usia pada Rabu 11 September 2019 lalu, membuat masyarakat Indonesia bersedih. Sosoknya yang rendah hati telah banyak membuat orang kagum dan bahkan terinspirasi olehnya.

Kecerdasannya yang luar biasa tak lantas membuatnya menjadi sombong. Bapak Dirgantara ini selalu bersikap baik dan menuturkan kata-kata rendah hati kepada setiap orang di sekelilingnya. Mulai dari istri, ajudan hingga selebriti seperti Reza Rahardian yang pernah memerankannya dalam film, kagum atas kerendahan hati pria yang akrab disapa Eyang Habibie ini.

5. Bung Hatta

Bung Hatta merupakan salah seorang founding fathers yang terkenal dengan sikap rendah hati selama masa hidupnya. Salah satu cerita yang paling unik adalah tentang keinginannya membeli sepatu Bally. Pada saat itu Bung Hatta tidak memiliki uang untuk membelinya, namun karena kesukaannya pada sepatu tersebut, dia gunting gambar sepatu Bally dari koran. Dia simpan gambar tersebut di dalam buku hingga akhir hayatnya, tanpa ada seorang pun tahu. Padahal pada saat itu bisa saja dia mendapatkan sepatu itu dengan memanfaatkan kekuasaannya, namun Bung Hatta tidak melakukannya.

Banyak contoh sifat rendah hati yang dia tunjukkan semasa hidupnya. Proklamator ini bahkan lebih memilih untuk dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) karena alasannya ingin dekat dengan rakyat.

Itulah lima tokoh yang banyak dikenal orang dengan sifatnya yang rendah hati. Mulai dari cara hidup hingga ucapan kata-kata rendah hati dari tokoh tersebut bisa menjadi inspirasi Anda dalam bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa lihat dari tokoh-tokoh tersebut. Walaupun status mereka orang terkenal atau memiliki jabatan penting, tapi mereka tidak menunjukkan sifat sombong kepada siapapun. Tak heran namanya harum bahkan hingga akhir hayatnya.

Dengan sifat rendah hati Anda bisa saja menjadi inspirasi bagi orang lain, seperti tokoh-tokoh tersebut. Mulai dari ruang lingkup kecil seperti keluarga, teman, dsb. Bukan hal mustahil jika Anda bersikap dan bertutur kata-kata rendah hati, akan menjadi sumber inspirasi warga dunia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait