Bisnis & Kerja Sampingan

Sekolah Bisnis Juga Diperlukan untuk Calon Entrepreneur

Sekolah Bisnis

Ajaib.co.id – Menjadi pebisnis dan memiliki kebebasan finansial adalah impian hampir setiap orang di dunia. Lebih hebatnya lagi jika tujuan pebisnis tersebut adalah untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin tinggi.

Tentu menjadi pebisnis memerlukan ilmu agar usaha yang dijalankan dapat terus berjalan, berkembang, dan menang persaingan. Salah satu cara agar mendapatkan ilmu bisnis adalah dengan ikut sekolah bisnis.

Mungkin sebagian dari kamu berpikir menjalani bisnis tidak perlu hingga menimba ilmu di sekolah khusus untuk calon pebisnis. Cukup otodidak saja. Nyatanya, banyak ilmu yang dapat diambil dari sekolah bisnis, inilah beberapa hal yang bisa didapatkan dari sekolah tersebut.

1. Ilmu Manajerial

Jika kamu ingin menjadi pengusaha, tentu ilmu manajerial adalah salah satu hal yang perlu kamu miliki. Ini karena kamu akan berhadapan dengan karyawan, keuangan, dan lain sebagainya yang harus kamu atur. Maka dari itu, ilmu manajerial sangat dibutuhkan dalam setiap aspek bisnis.

2. Kemampuan Komunikasi

Komunikasi sangat penting dalam bisnis karena dalam berbisnis pastinya kamu harus memiliki kemampuan berbicara dan bernegosiasi dengan baik.

Ilmu ini akan kamu dapatkan dalam sekolah calon pebisnis termasuk berbagai presentasi yang akan kamu lakukan, riset, dan praktik kerja yang membuat kamu siap bersaing di dunia nyata nanti.

3. Berpikir Kreatif

Dalam dunia bisnis tentu kita harus terus berpikir kreatif agar dapat terus mengeluarkan ide-ide yang cemerlang. Kreativitas tentu sangat diperlukan dalam bisnis, ini agar kamu terus berada di depan para pesaing kamu.

Nantinya, di sekolah kamu akan mengerjakan sebuah projek untuk membuat bisnis kecil dan kamu akan mendapatkan pengalaman mengelola sebuah bisnis dengan benar.

4. Belajar Mengatur Keuangan

Banyak pebisnis yang pailit karena tidak bisa mengatur keuangan perusahaan. Artinya, belajar melakukan budgeting itu juga hal yang penting bagi seorang pebisnis.

Salah satu hal yang akan kamu dapatkan di sekolah khusus calon pebisnis adalah konsep keuangan dan pembukuan yang akan membantu kamu mengelola keuangan perusahaan.

5. Bekal Menjadi Entrepreneur

Hal yang enggak didapatkan dari sekolah-sekolah biasa adalah kamu akan mendapatkan ilmu soal entrepreneur. Jadi, tidak hanya menjadi karyawan terbaik dari sebuah perusahaan, tapi kamu juga akan diajarkan membangun kerajaan bisnis kamu sendiri.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang kamu dapat jika kamu masuk sekolah bisnis, inilah beberapa referensi untuk kamu yang memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha.

1. Umar Usman Business School

Berdiri dari tahun 2011, Umar Usman Business School memiliki program belajar 1 tahun untuk menjadi pengusaha. Sekolah ini memiliki visi untuk menjadi sekolah bagi calon pebisnis terbaik berkelas dunia yang menghasilkan pengusaha-pengusaha muda dengan karakter Umar dan Usman.

Sedangkan misinya adalah memberikan kurikulum dan metode terbaik dalam mendidik pengusaha muda, melayani dan mendidik setulus hati dengan motto “Wow Excellent Service” kepada para siswanya, dan terakhir menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dengan konsep “Family Campus”.

1. IPMI International Business School

IPMI International Business School didirikan pada tahun 1984 di Indonesia dan dikenal sebagai salah satu sekolah bisnis terkemuka di Indonesia.

Sekolah ini pun telah bermitra dengan universitas internasional, seperti Melbourne Business School di Australia, Burgundy School of Business di Perancis, Audencia Nantes School of Management di Perancis, Catolica Lisbon Sekolah Bisnis dan Ekonomi di Portugal, dan masih banyak lagi.

2. Prasetya Mulia Business School

Prasetya Mulia Business School merupakan sekolah bisnis pertama yang di Indonesia yang memiliki program Master of Business Administration yang didirikan pada awal tahun 1982. Salah satu program yang paling terkenal dari sekolah ini adalah Magister Manajemen yang menerapkan konsep bisnis dalam situasi dunia nyata.

Yang membuat Prasetya Mulia semakin digandrungi oleh para calon pebisnis adalah karena sekolah ini didirikan oleh para anggota dari komunitas bisnis negara.

3. Binus Business School

Binus Business School merupakan sekolah bisnis yang masih tergabung dalam Yayasan Bina Nusantara. Sekolah ini dibentuk dengan latar belakang untuk memupuk pengetahuan dalam manajemen bisnis dengan kemauan untuk terus melakukan perbaikan prestasi saat ini.

Binus Business School juga memberikan kebebasan berinovasi yang berarti menggabungkan integritas dengan semangat kreatif dan berorientasi hasil.

4. Young Entrepreneurs Academy Indonesia

Young Entrepreneurs Academy Indonesia atau yang biasa dikenal dengan YEA Indonesia berdiri pada tanggal 31 Oktober 2007.

Angkatan pertama sekolah ini dibuka di kota Batam, dan pada 2009 dipindahkan ke kota Bandung. Uniknya, sekolah bisnis ini menawarkan waktu 6 bulan pelajaran untuk menjadi pengusaha.

Sekolah ini membagi 3 tahap pembelajaran, yaitu dimulai dari YEA Starting, YEA Managing, dan terakhir YEA Expanding.

Masing-masing tahap pembelajaran terdapat materi-materi yang sangat berguna bagi para calon pengusaha, seperti simulasi memulai usaha, simulasi mengelola usaha, dan simulasi mengembangbiakkan usaha.

5. IBII

Berlokasi di Jakarta, IBII merupakan sekolah yang fokus pada ilmu ekonomi dan bisnis yang berorientasi pada standar dunia internasional. Sekolah ini memberikan banyak pemahaman strategis terkait dunia bisnis dan bagaimana membangun perusahaan yang memiliki kesempurnaan dari sisi manajemen.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus mengambil sekolah bisnis jika kamu ingin menjadi pengusaha, dan beberapa sekolah bisnis yang direkomendasikan. Tentu masih banyak lagi hal-hal yang akan kamu dapatkan dari sekolah bisnis dari tulisan-tulisan di atas tadi.

Namun, sebelum kamu menjadi seorang bisnis, mungkin kamu bisa mengumpulkan modal untuk membangun bisnis dengan berinvestasi.

Jika kamu baru mau memulai investasi, kamu bisa memilih Ajaib sebagai partner investasimu. Ajaib menawarkan berbagai produk reksa dana yang tentunya sangat terjangkau bagi para investor pemula.

Berinvestasi juga sangat aman karena sangat transparan dan diawasi oleh OJK. Yuk mulai berinvestasi di Ajaib!

Artikel Terkait