Perencanaan Keuangan

12 Kebiasaan Untuk Wujudkan Bebas Finansial Usia Muda

bebas finansial usia muda

Ajaib.co.id – Bebas finansial usia muda mungkin menjadi target banyak orang. Meskipun begitu, target itu tidak akan menjadi apa-apa jika kamu tidak mengubah kebiasaan kamu. Apa saja kebiasaan yang dibutuhkan? Simak ulasan berikut ini.

Mencapai kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Itu umumnya berarti memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk menjalani gaya hidup yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan keluarga kita.

Selain itu, dengan tabungan yang terus tumbuh yang akan memungkinkan kita untuk pensiun atau mengejar karier yang kita inginkan tanpa didorong oleh penghasilan dalam jumlah tertentu setiap tahun.

Sayangnya, terlalu banyak dari kita gagal mencapainya. Kamu dibebani dengan meningkatnya utang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang sangat besar, dan masalah lain yang menghalangimu untuk mencapai tujuan kamu. Dan kamu menghadapi peristiwa tak terduga, seperti pandemi, yang membatalkan banyak rencanamu.

Kesulitan terjadi pada hampir semua orang, tetapi 12 kebiasaan ini dapat menempatkan kamu di jalan yang benar dan mencapai bebas finansial usia muda.

1. Atur Life Goals

Apa kebebasan finansial bagi kamu? Keinginan umum untuk itu adalah tujuan yang terlalu samar, jadilah lebih spesifik. Tuliskan berapa banyak yang harus kamu miliki di rekening bank kamu, apa yang diperlukan untuk menjalani gaya hidup, dan pada usia berapa ini harus dicapai. Semakin spesifik tujuan kamu, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya.

Selanjutnya, hitung mundur ke usia kamu saat ini dan tentukan perencanaan keuangan secara berkala. Tulis semuanya dengan rapi dan letakkan lembar tujuan di bagian paling awal pengikat keuangan kamu.

2. Buat Anggaran

Membuat anggaran rumah tangga bulanan — dan berpegang teguh pada itu — adalah cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan dibayar dan tabungan berada pada jalurnya. Ini juga merupakan rutinitas rutin yang memperkuat tujuan kamu dan mendukung tekad melawan godaan untuk berbelanja secara royal.

3. Bayar Kartu Kredit secara Penuh

Kartu kredit dan pinjaman konsumen berbunga tinggi yang serupa adalah racun bagi pembangunan kekayaan. Buat titik untuk melunasi saldo penuh setiap bulan. Pinjaman pribadi, hipotek, dan pinjaman serupa biasanya memiliki tingkat bunga yang jauh lebih rendah; melunasinya bukan darurat. Membayar tepat waktu adalah tujuan utama.

4. Buat Tabungan Otomatis

Bayar dirimu dulu. Daftarkan diri kamu ke dalam rencana pensiun kamu dan manfaatkan sepenuhnya dari setiap kontribusi yang sesuai. Juga bijaksana untuk memiliki penarikan otomatis untuk dana darurat, yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga, dan kontribusi otomatis ke akun investasi atau yang serupa.

Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama ketika kamu menerima gaji kamu, sehingga tidak pernah menyentuh tangan kamu, menghindari godaan sepenuhnya. 

Namun, perlu diingat bahwa jumlah yang disarankan untuk disimpan sangat bervariasi. Dalam beberapa kasus, kelayakan dana semacam itu bisa menjadi pertanyaan.

5. Mulai Investasikan Sekarang

Pasar saham yang buruk dapat membuat orang mempertanyakan hal ini, tetapi secara historis tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang kamu selain dengan berinvestasi. 

Keajaiban bunga majemuk akan membantunya meningkat secara eksponensial dari waktu ke waktu, tetapi kamu perlu banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan yang berarti. 

Jangan mencoba menjadi pemetik saham atau menipu diri sendiri dengan berpikir kamu bisa menjadi Warren Buffett berikutnya. Hanya ada satu Warren Buffett. Dan hanya ada satu kamu di dunia ini.

Alih-alih, buka akun investasi online yang memudahkan kamu mempelajari cara berinvestasi, membuat portofolio yang dapat dikelola, dan memberikan kontribusi mingguan atau bulanan secara otomatis. 

Mencapai kebebasan finansial bisa sangat sulit dalam menghadapi meningkatnya hutang, keadaan darurat yang memerlukan uang tunai, masalah medis, dan pengeluaran berlebihan, tetapi itu mungkin dapat diatasi dengan disiplin dan perencanaan yang cermat.

6. Bernegosiasi

Banyak orang Indonesia masih ragu untuk bernegosiasi untuk barang dan jasa, khawatir itu membuat mereka tampak murah. Atasi budaya ‘sungkan’ ini dan kamu bisa menghemat jutaan rupiah setiap tahun. 

Bisnis kecil, khususnya, cenderung terbuka untuk negosiasi, di mana membeli dalam jumlah besar atau berulang dapat membuka kesempatan untuk mendapatkan diskon yang baik.

7. Selalu Update

Tinjau semua perubahan yang berlaku dalam undang-undang perpajakan setiap tahun untuk memastikan bahwa semua penyesuaian dan pengurangan diminimalisir. Ikuti perkembangan berita keuangan dan perkembangan di pasar saham dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi kamu. 

Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik terhadap mereka yang memangsa investor yang tidak canggih untuk menghasilkan uang dengan cepat.

8. Perawatan yang Tepat

Merawat properti dengan baik membuat segalanya mulai dari mobil dan motor hingga sepatu dan pakaian bertahan lebih lama. Karena biaya perawatan adalah sebagian kecil dari biaya penggantian, ini merupakan investasi yang tidak boleh dilewatkan.

Belajarlah untuk mengetahui perbedaan antara hal-hal yang kamu inginkan dan hal-hal yang kamu butuhkan.

9. Hidup dengan Cara Kamu

Menguasai gaya hidup hemat dengan memiliki pola pikir: ‘menjalani hidup semaksimal mungkin dengan sedikit’, tidaklah sulit. Memang, banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka sebelum meningkat menjadi makmur.

Ini bukan tantangan untuk mengadopsi gaya hidup minimalis atau ajakan bertindak untuk pergi ke tempat sampah dan memilih barang-barang yang telah kamu kumpulkan selama bertahun-tahun. Membuat penyesuaian kecil dengan membedakan antara hal-hal yang kamu butuhkan dan hal-hal yang kamu inginkan adalah kebiasaan yang bermanfaat secara finansial untuk dipraktikkan.

10. Jaga Kesehatan kamu

Prinsip perawatan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Investasikan kesehatan yang baik dengan kunjungan rutin ke dokter umum, dan ikuti saran kesehatan tentang masalah yang kamu temui. Banyak masalah dapat dibantu — atau bahkan dicegah — dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak olahraga dan diet yang lebih sehat. 

Beberapa perusahaan memiliki hari izin sakit yang terbatas, kamu akan kehilangan banyak uang jika tidak bisa masuk kerja. Obesitas dan penyakit membuat premi asuransi meroket, dan kesehatan yang buruk dapat memaksa pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah.

Kesepuluh langkah ini tidak akan menyelesaikan semua masalah uang kamu, tetapi mereka akan membantu kamu mengembangkan kebiasaan sehat yang dapat membawa kamu pada jalan menuju bebas finansial usia muda — apa pun artinya bagi kamu. Jika kamu ingin segera bebas secara finansial, hiduplah hemat dan sehat. Semangat!

Artikel Terkait