Investasi

Schroder Dana Prestasi Plus dan Peluang Investasinya

schroder dana prestasi plus

Ajaib.co.id – Schroder Dana Prestasi Plus adalah merupakan salah satu bentuk investasi yang dikeluarkan oleh perusahan dari PT Schroder Investment Management Indonesia atau yang sering disebut juga dengan PT. SIMI.

PT SIMI ini adalah merupakan sebuah anak perusahaan dari Schroders Pic yang mana memiliki kantor pusat di Inggris. Perusahaan investasi ini mulai menggunakan bisnis management investasi sejak tahun 1926 dengan dana klien yang dikelola sejumlah 487 miliar dollar AS pada bulan Juni 2015.

Sementara itu, untuk klien yang ada di Indonesia dana yang kelola oleh perusahaan PT. SIMI adalah Rp66,2 triliun per bulan Juli 2015. Dana yang dikelola oleh PT. SIMI tersebut juga termasuk dana asuransi, dana pensiun, dan juga dana lembaga sosial.

Dana Prestasi plus ini berlaku mulai melantai di bursa efek Indonesia (BEI) sejak tanggal 12 September 2000, dimana investasi ini dilauncing pada tanggal 25 Sepetember 2000 dalam bentuk rupiah. Untuk saham per unit, mulai dijual mulai sekitar Rp25.000 dengan minimal investasi Rp100.000.

Adapun tujuan dari melakukan investasi Schroder Dana Prestasi Plus adalah untuk memberikan keuntungan modal dalam jangka panjang atau investasi jangka panjang. Adapun caranya adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan pertumbuhan pasar saham yang ada di Indonesia.

Guna mencapai tujuan investasi tersebut, sekurangnya 80 persen dana yang ada pada Schroder Dana Prestasi Plus NAV akan diinvestasikan pada saham kapital dengan nominal yang cukup besar. Adapun jenis saham yang akan dipilih tentunya saham yang memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang dan mempunyai disiplin profit yang cukup baik dari sisi keuangan.

Dengan demikian maka akan diperoleh keuntungan yang nantinya akan diperoleh juga stabil. Schroder sangat percaya dengan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia. Ini karena nantinya perusahaan akan dinilai dari berbagai macam segi beberapa perusahaan yang masuk ke dalam saham besar. Dimana perusahaan yang masuk dalam saham besar pastinya akan selalu menunjukkan peningkatan prestasi yang cukup baik.

Di sisi lain, perkembangan grafik investasi yang nantiny akan dilakukan oleh Schroder Dana Prestasi Plus ini terus akan menunjukkan kemajuan, dimana nanti dalam jangka waktu 5 tahun terakhir, pertumbuhan dari pada investasi ini cukup besar bahkan hingga mencapai imbal hasil atau return sampai dengan 41 persen.

Investasi Pada Schroder Dana Prestasi Plus memiliki penghargaan berkali-kali yang diadakan di Indonesia, seperti misalkan pengharggaan mendapatkan menghargaan , “best mutual fund equity category of 5 years”, “best mutual fund equity category of 3 years”, “best mutual fund equity category of 7 years” dan banyak penghargaan lainnya. Perusahaan ini hampir berturut-turut juga berhasil dalam mendapatkan penghargaan tersebut.

Perusahaan ini sejauh pengmbangannya terus berupaya dalam melakukan pengembangan sayapnya dan tidak hanya berupaya di Indonesia namun di hampir 200 negara yang ada di dunia ini.

Hal ini tentunya menjadi sebuah saham yang cukup menjanjikan di masa depan. Ada banyak sekali perusahaan yang berupaya semaksimal mungkin untuk bisa bergabung dalam bisnis ini, dengan tujuan – tujuan tentu saja untuk menginginkan keuntungan.

Jadi pabila kamu sedang berupaya dalam mencari sebuah saham yang cukup baik, dan memiliki keinginan dalam mendapatkan keuntungan yang stabil, tidak ada salahnya apabila kamu mulai untuk mencoba menggunakan Schoder Dana Prestasi Plus ini, karena produk ini adalah salah satu saham yang cukup menjanjikan keuntungan cukup tinggi di masa depan.

Pada awal tahun 2020, ini industri reksa dana di negara Indonesia mengalami sedikit koreksi pada Desember 2019 yang terlihat dari menurunnya nilai dana kelolaan (asset under management/AUM).

Dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AUM industri reksa dana yang mana tercatat Rp537,28 triliun per Januari 2020, atau turun 0,9 persen dibandingkan dengan bulan Desember 2019 yang sebesar Rp542,18 triliun.

Adapun penurunan dari pada dana kelolaan yang dicatatkan pada Januari 2020 tersebut sebuah penurunan yang ketiga kali beruntun sejak ari bulan November 2019.

Apa bila dilihat berdasarkan jenisnya, pada bulan Januari 2020 reksa dana saham menjadi jenis reksa dana dengan nilai AUM terbesar kedua, yakni mencapai Rp126,79 triliun atau setara dengan 23,6 persen dari total keseluruhan AUM industri reksa dana.

Pencapaian itu tentunya dapat membanggakan, mengingat pada awalnya secara bulanan dana kelolaan reksa dana saham turun cukup dalam hingga mencapai 8,89 persen pada bulan Januari 2020 jika dibandingkan dengan Desember 2019 yang sebenilai Rp139,16 triliun.

Dengan mengacu pada data itu, ada setidaknya terdapat 5 produk reksa dana saham dengan AUM terbesar antara lain Produk Schroder Dana Prestasi Plus yang dikelola oleh PT Schroder Investment Management Indonesia yang berhasil menjadi produk reksa dana saham dengan AUM terbesar yakni mencapai Rp12,82 triliun atau yang bisa disebut setara dengan 10,11 persen dari total AUM reksa dana saham.

Berikutnya adalah reksa dana kelolaan Batavia Dana Saham yang dikelola oleh PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen dengan total AUM  yang dibukukan Rp5,73 triliun atau 4,52 persen, kemudian pada urutan ketiga adalah Schroder Dana Prestasi yang dikelola oleh PT Schroder Investment Management Indonesia dengan total AUM yang dibukukan adalah Rp4,94 triliun atau 3,9 persen.

Selanjutnya pada urutan keempat Ashmore Dana Ekuitas Nusantara yang dikelola oleh PT Ashmore Asset Management Indonesia dengan dibukanan AUM senilai Rp4,81 triliun atau 3,79 persen), dan di urutan kelima Mandiri Saham Atraktif yang dikelola oleh PT Mandiri Manajemen Investasi dengan total aum yang dikelola Rp4,23 triliun atau meningkat 3,34 persen.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait