Teknologi

Rumus Excel yang Wajib Diketahui untuk Memudahkan Pekerjaan

Rumus Excel

Ajaib.co.id – Microsoft Excel merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk kamu yang bekerja, kehadiran Excel pasti punya andil yang besar. Tidak mengherankan banyak rumus Excel yang digunakan dalam keseharian. Excel juga dikembangkan dengan banyak rumus untuk lebih mempermudah pengolahan data Anda.

Microsoft Excel memang dapat menyimpan dan mengolah data yang cukup rumit. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, ada rumus-rumus yang bisa membantumu selama bekerja. Kamu wajib tahu rumus Excel yang umumnya digunakan ini. Pasti kamu akan jadi lebih cepat menyelesaikan pekerjaanmu.

1.    SUM

Merupakan rumus yang digunakan untuk mengetahui jumlah dari beberapa data yang diinput.

2.    AVERAGE

Merupakan rumus yang digunakan untuk mengetahui rata-rata dari data. Rumus ini termasuk ke dalam rumus statistik.

3.    AND

Merupakan rumus yang digunakan untuk mengetahui perbandingan dengan ‘dan/and’.

4.    NOT

Merupakan rumus yang digunakan untuk mengetahui perbandingan dengan ‘not/tidak’ atau pengecualian.

5.    OR

Merupakan rumus yang digunakan untuk mengetahui perbandingan dengan ‘or/atau’.

6.    SINGLE IF

Merupakan rumus yang sering digunakan dalam dunia kerja. Tujuannya adalah untuk mengetahui bahwa data yang kamu input itu benar atau salah.

7.    MULTI IF

Tujuannya sama dengan rumus SINGLE IF, yaitu untuk mengetahui bahwa data yang kamu input itu benar atau salah, tapi dengan banyak perbandingan.

8.    MIN

Rumus ini memudahkanmu untuk mengetahui secara cepat nilai dari data yang paling terkecil.

9.    MAX

Rumus ini memudahkanmu untuk mengetahui secara cepat nilai dari data yang paling terbesar.

10. CHOOSE

Rumus ini memudahkanmu untuk memperlihatkan hasil pilihan yang didapatkan berdasarkan nomor indeksnya.

11. HLOOKUP

Rumus ini memudahkanmu untuk mencari sebuah data yang diambil dari tabel dalam format mendatar atau horizontal.

12. VLOOKUP

Rumus ini memudahkanmu untuk mencari data yang diambil dari tabel dalam format vertikal.

13. MATCH

Rumus ini memudahkanmu untuk mengetahui posisi dari sebuah data ada di mana.

14. COUNTIF

Rumus ini memudahkanmu untuk menghitung jumlah baris atau cell yang kamu tandai atau memiliki kriteria yang lainnya.

15. COUNTA

Rumus ini memudahkanmu untuk menghitung jumlah baris atau cell yang kamu gunakan untuk mengisi data.

16. CEILING

Rumus ini memudahkanmu untuk membulatkan angka ke angka yang paling terdekat di atas agar lebih mudah dihitung. Hasilnya biasanya lebih besar dibandingkan angka sebelumnya.

17. FLOOR

Rumus ini memudahkanmu untuk membulatkan angka ke angka yang paling terdekat di bawah agar lebih mudah dihitung. Hasilnya biasanya lebih kecil dibandingkan angka sebelumnya.

18. REPT

Rumus ini bisa kamu gunakan untuk mencari tahu data mana yang paling banyak. Biasanya digunakan untuk keperluan voting. Dengan rumus ini, kamu akan mengetahui pilihan terbanyak secara cepat.   

Manfaat Excel

Excel merupakan software dalam bentuk tabel yang paling lama hadir di dunia teknologi. Saingannya pun tambah banyak, mengingat kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Excel yang memiliki kegunaan paling lengkap. Plus, masyarakat dunia juga sudah terbiasa menggunakannya. Akhirnya Excel tidak pernah kehilangan pengguna.

Untuk lebih mengenal Excel, ini manfaat yang bisa kamu terima darinya.

1.     Untuk keperluan akuntansi

Para akuntan setiap harinya pasti berkutat dengan Excel untuk mencatat berbagai macam data keuangan perusahaan. Datanya biasanya akan sangat banyak mengingat akuntan harus menghitung mulai dari penghasilan, penjualan, laba atau rugi, besar utang perusahaan, dan masih banyak lagi.

Excel juga termasuk mudah penggunaannya. Apabila kamu setiap hari menggunakannya, kamu bisa cepat mahir. Rumus-rumus Excel sendiri memang mudah untuk diingat. Kalau pun kamu lupa, kamu bisa mencari tahu informasinya di internet karena mudah ditemukan.

2.     Untuk membuat tabel dengan banyak baris dan kolom

Untuk saat ini, Microsoft Excel memiliki tabel dalam jumlah yang banyak, yaitu mencapai 1 juta lebih baris dan kolom lebih dari 16 ribu. Bayangkan saja berapa data yang bisa disimpan pada satu lembar Excel. Karena jumlahnya yang sangat banyak itu, kamu bisa memasukkan data sesuai dengan kebutuhan.

Tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah tabel dan kolomnya akan bertambah mengingat Microsoft sering melakukan update untuk software-software-nya.

3.     Untuk menghitung data

Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk menghitung dari data-data yang sudah tersedia di tabelnya. Perhitungannya tidak perlu menggunakan kalkulator lagi karena bisa langsung dari Excel-nya.

Sebanyak apa pun data dan besar angkanya, kamu pasti bisa meraih hasil yang tepat. Yang penting adalah kamu memasukkan rumus perintahnya dengan benar.

4.     Untuk menganalisis data statistik

Untuk kamu yang ingin mengolah data sesuai dengan kaidah statistik, Excel bisa menjadi pilihan yang tepat. Misalnya, kamu ingin mengetahui rata-rata dari kumpulan data statistik.

Lagi-lagi kamu tidak perlu kalkulator. Yang kamu butuhkan adalah data yang sudah diinput dengan benar.

5.     Untuk membuat grafik

Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik dengan bantuan data yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Pembuatan grafik akan berlangsung cepat.

Kamu dapat menggunakan grafik untuk merepresentasikan data-data yang kamu kelola agar lebih mudah dibaca oleh orang lain.

Seperti itulah rumus Excel dan manfaatnya untuk keseharian kita. Untuk mahir dalam menggunakan Excel, kamu juga perlu mempraktikkannya secara langsung di PC atau laptopmu. Apabila pertama kalinya kamu masih kagok, hal itu tidak masalah.

Apabila kamu menggunakannya dalam intensitas yang sering, kamu pasti akan cepat menguasainya. Yang penting adalah kamu sering menggunakannya.

Artikel Terkait