Bisnis & Kerja Sampingan

Ini Tips Berbisnis dari Bill Gates, Sang Pendiri Microsoft

pendiri microsoft

Ajaib.co.id – Tidak ada yang menyangkal jika sang pendiri Microsoft, Bill Gates adalah seorang jenius dalam berbisnis. Dalam banyak kesempatan, Bill Gates juga seringkali membagikan tips berbisnis yang berguna.

Bill Gates adalah salah satu pengusaha paling sukses di dunia. Dirinya telah memberikan berbagai saran dan masukan tentang bisnis selama bertahun-tahun.

Gates mendirikan Microsoft bersama dengan mitra bisnisnya Paul Allen. Melalui kerja keras dan dedikasi, pasangan ini menjadikan Microsoft salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Pundi-pundi kekayaan pendiri Microsoft ini diperkirakan mencapai $76 miliar menurut Majalah Forbes. Wow, angka yang cukup fantastis bukan? Tanpa basa-basi lagi, inilah tips dari sang miliarder Bill Gates untuk mencapai bisnis yang sukses.

Bersabarlah dengan Ide-ide Kamu

Tips pertama dari Bill Gates adalah bersabar dengan ide kamu. Dia mengingatkan orang-orang bahwa Microsoft membutuhkan waktu lebih dari empat tahun untuk mengalami tingkat keberhasilan pada sistem operasi Windows. Gates menyadari pentingnya kesabaran dan ketekunan dalam hal menciptakan ide bagus.

Terapkan hal ini pada bisnis kamu sendiri, pikirkan bagaimana cara mendapatkan ide dan menyempurnakannya untuk memenuhi kebutuhan pelangganmu saat ini. Pikirkan juga tentang teknologi yang kita miliki saat ini, dan pertimbangkan bagaimana cara memajukan ide kamu di masa depan.

Bekerja Keras Tanpa Alasan!

Bill Gates juga mengingatkan bahwa pebisnis harus bekerja keras dan tidak pernah mencari alasan untuk rasa malas mereka. Dia menyatakan bahwa dia menggunakan malam hari dan akhir pekan untuk menanggapi e-mail yang mungkin dia terima di siang hari, yang belum sempat dibalasnya.

Dia juga mengambil cuti dua minggu setahun untuk merenungkan dan memikirkan apa yang ingin dia lakukan selanjutnya. Jenis motivasi dan inisiatif inilah yang diperlukan ketika ingin menciptakan produk dan layanan yang dapat mempromosikan merek kamu, membantu mencapai tujuanmu, dan membawa produkmu mendunia.

Kritik Pelanggan Sangat Penting untuk Kemajuan Bisnis

Pendiri Microsoft ini sangat percaya bahwa kritik dari pelanggan sangat penting untuk memajukan bisnis. Jadi, jika kamu menerima kritik atau masukan negatif dari pelangganmu, jangan menolaknya. Terima kritik itu dan ubah menjadi kekuatan untuk bisnismu.

Belajar dari Kesalahan

Meskipun Gates adalah salah satu pebisnis paling sukses di dunia, namun ia juga pernah melakukan kesalahan di masa lalu, tetapi ia berpikir bahwa kesalahan tersebut sangat penting untuk menjadikannya sukses seperti sekarang ini.

Jika kamu melakukan kesalahan, jangan merenung atau memikirkannya, jangan berpikir kamu gagal, karena semua orang membuat kesalahan. Hal terpenting adalah bagaimana kamu bereaksi terhadap kesalahanmu, dan bukan meratapi kesalahan itu sendiri.

Bersiaplah untuk Perubahan

Dunia bisnis terus berubah, dan alasan Bill Gates masih bertahan di puncak bisnisnya adalah kesediaannya untuk menerima perubahan. Perubahan ditolak oleh sebagian besar orang karena takut akan hal yang tidak diketahuinya. Pendiri Microsoft ini mengingatkan bahwa kamu seharusnya tidak terus melakukan hal yang sama seperti yang pernah kamu lakukan di masa lalu, terutama jika itu tidak berhasil.

Seiring perubahan teknologi, kamu harus berubah untuk memenuhi kebutuhan perubahan itu dan beradaptasi dengan ketrampilan yang kamu punya, sehingga kamu dan bisnismu dapat bertahan dari waktu ke waktu.

Nikmati Apa yang Kamu Lakukan!

Seperti kompetitornya, Steve Jobs, Gates percaya bahwa kamu harus menikmati apa yang kamu lakukan, apa pun yang terjadi. Gates menyatakan bahwa kamu harus melakukan pekerjaan yang kamu sukai, sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara teratur. Selain itu, kamu perlu berusaha untuk menciptakan jenis minat yang akan mendorong kamu dan tim untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pekerjakan Orang-orang Terbaik

Kamu harus selalu mendapatkan dan merekrut orang-orang terbaik, kemudian melatih mereka dan mencari cara untuk mempertahankannya. Merekrut orang-orang terbaik membutuhkan waktu. Kamu harus tahu mana yang harus disingkirkan dan mana yang harus dipertahankan.

Kamu harus selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas, dan menuntut standar tinggi yang sama dari pekerja kamu seperti yang kamu lakukan terhadap diri sendiri. Cari spesialis yang percaya pada visi kamu dan dapat merealisasikan idemu menjadi sesuatu yang nyata.

Meminta Nasihat

Seorang pebisnis hebat dalam melakukan sesuatu sendiri. Tetapi jangan lupa bahwa tidak apa-apa untuk meminta saran tentang hal-hal yang kamu tidak mengerti atau butuh bantuan. Pilih influencer yang baik dalam bidang usahamu, dan dapat membantu mengembangkan usaha kamu dengan cara yang positif serta memperluas basis pengetahuanmu.

Tetap Membumi

Meskipun tidak salah untuk merayakan segala kesuksesan yang kamu raih, akan tetapi kamu harus tetap membumi. Bill Gates memperingatkan orang-orang untuk tidak membiarkan diri mereka terjebak dalam kesuksesannya.

Hanya karena semuanya berjalan dengan baik sekarang, bukan berarti kamu dapat bersantai dan akan tetap di atas. Ketika kamu mulai mencapai kesuksesan, penting untuk terus berpikir dan bekerja sekeras mungkin agar bisnis tetap berkembang. Ketika kamu mulai mencapai kesuksesan, penting untuk terus berpikir dan bekerja sekeras mungkin agar bisnis tetap berkembang.

Itulah tips dari pendiri Microsoft yang patut kamu pelajari untuk mengembangkan bisnis. Bill Gates saat ini telah pensiun dari jabatan CEO Microsoft, tetapi praktik dan filosofi bisnisnya telah membuahkan hasil baginya. Tidak ada salahnya kita mengikuti jejak pengusaha yang juga terkenal dengan sifat dermawannya ini.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip., Keller, K. (2012). Marketing Management Global Edition Publishing as Prentic Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait