Cek Harga Tabung Oksigen Kecil Terbaik serta Manfaatnya

harga tabung oksigen kecil
harga tabung oksigen kecil

Masih bingung berapa harga tabung oksigen kecil yang dijual di pasaran? Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek harga tabung oksigen kecil di artikel Ajaib berikut.

Tabung oksigen banyak kita jumpai di rumah sakit, tak terkecuali, tabung oksigen yang berukuran kecil yang banyak digunakan sebagai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang wajib tersedia di rumah kamu sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terkait masalah kesehatan seperti pernafasan, asma, hingga serangan jantung. Harga tabung oksigen kecil terbilang masih terjangkau yakni hanya kisaran Rp50.000 saja, kamu sudah bisa membelinya di toko obat dan apotek terdekat.

Setiap rumah tangga wajib memiliki tabung oksigen kecil di dalam kotak P3K-nya. Mengapa? Salah satu alasannya adalah oksigen berperan penting bagi kesehatan manusia. Apalagi, jika kamu memiliki riwayat medis yang berhubungan dengan gangguan sistem pernafasan, kamu tentu saja perlu berhati-hati dan waspada setiap saat karena gangguan sistem pernafasan bisa kambuh kembali sehingga menyimpan dan memiliki tabung oksigen kecil dalam kotak P3K di rumahmu sangat bermanfaat sekali sebagai pertolongan pertama.

Gangguan sistem pernafasan bisa terjadi, hal ini disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan yang berdampak pada kurangnya oksigen yang dihirup ke dalam paru-paru. Inilah saat di mana tabung oksigen kecil yang kamu memiliki dapat digunakan untuk membantu penderita untuk membantu menghirup oksigen dengan menggunakan bantuan tabung oksigen. Selain itu, alat bantu pernafasan lainnya yang bisa kamu sediakan di rumah juga bisa berupa inhaler, masker, nebulizer dan suction pump.

Oleh karena itu, kamu butuh tabung oksigen kecil agar mudah untuk dibawa kemana-mana, tabung oksigen kecil ini disebut tabung oksigen portable. Di mana, tabung oksigen ini memiliki ukuran 500ml, tekanan 1.0Mpa. Tabung oksigen ini memiliki berat isi sebesar 2,5kg. Berikut ukuran tabung oksigen yang dijual di pasaran.

Ukuran Tabung Oksigen

Setidaknya ada enam ukuran tabung oksigen beserta berat isinya yang tersedia di pasaran:

  • 500ml = 2,5kg
  • 0,5m3 = 5kg
  • 1m3 = 15kg
  • 1,5m3 = 15kg
  • 2m3 = 20kg
  • 6m3 = 60kg

Ukuran tabung oksigen ini berbanding lurus dengan berat isi oksigen di dalam tabung tersebut. Jika diestimasikan untuk tabung oksigen kecil berukuran 500ml, jika bukaan regulatornya di angka 2 atau 4. Durasi pemakaian maksimalnya masing-masing mencapai 30 menit dan 1 jam.

Harga Tabung Oksigen Kecil

Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu gangguan sistem pernafasanmu kambuh lagi, kamu bisa mencari tabung oksigen kecil portable dengan merek berikut ini:

  • Merek Oxycan: Rp51.000/pcs
  • Merek Senos Pure Oxygen: Rp63.000/pcs

Merek-merek tabung oksigen kecil portable di atas dijual secara bebas di pasaran, kamu bisa membelinya di apotek-apotek seperti Kimia Farma, K24 dan lain sebagainya. Saat ini kamu juga bisa membelinya melalui toko online.

Harga Tabung Oksigen Kecil hingga Besar di Pasaran

Harga pasaran untuk tabung oksigen portable yang berukuran 500ml berada di kisaran harga Rp50.000 – Rp70.000. Bagaimana dengan jenis tabung oksigen ukuran lainnya:

  • Tabung oksigen 1 m3: Rp630.000 – Rp800.000
  • Tabung oksigen 2 m3: Rp1 juta – Rp2 juta
  • Tabung Oksigen 2,5 m3: Rp1,6 juta – Rp2,5 juta

Manfaat dari Tabung Oksigen Kecil Portable

Karena tabung oksigen kecil ini bisa dibawa kemanapun, tabung oksigen ini sangat membantu sekali bagi aktivitas sehari-harimu di luar rumah. Kamu bisa menggunakan alat bantu pernafasan ini setelah berolahraga, sedang mendaki gunung, sedang berkendara dalam jangka waktu yang cukup lama, kelelahan yang disebabkan oleh beban kerja yang berat, dll.

Penggunaan tabung oksigen portable layaknya kamu sedang menggunakan masker saja. Walaupun, tabung oksigen portable ini kecil dan mudah dibawa kemana-mana, tetap saja kamu perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Tabung Oksigen Portable

  1. Buka tutup tabung oksigen portable
  2. Letakkan tutup tabung tersebut pada kepala kaleng dan kamu gunakanlah seperti masker
  3. Tutup hidungmu dengan tutup kaleng tersebut
  4. Kemudian, tekanlah kepala kaleng tersebut dan mulailah menghirup dalam-dalam selama kurang lebih 2 detik
  5. Ulangi hal ini 5 hingga 10 kali sesuai dengan kebutuhan

Cara Menyimpan Tabung Oksigen Portable

Kamu bisa menyimpan tabung oksigen portable yang kamu miliki dengan menghindari hal-hal berikut:

  • Ingat ya! Penggunaan tabung oksigen portable untuk pernafasan hanya boleh digunakan sekali pakai saja
  • Kamu tidak bisa melakukan pengisian ulang di tabung oksigen tersebut
  • Kamu juga tidak disarankan menaruh tabung oksigen tersebut langsung terkena paparan sinar matahari dan tidak boleh diletakkan di dekat api karena bisa meledak
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  • Tabung oksigen tidak boleh dipukul dan dibolongi karena bisa meledak
  • Hindari penyemprotan tabung oksigen ke api dan secara langsung ke pakaian
  • Jauhkan tabung oksigen dari minyak ataupun oli

#Kamu Disarankan Menggunakan Tabung Oksigen Portable Jika Memang Suka Berpergian

Seperti yang sudah Ajaib jelaskan, pada dasarnya penggunaan tabung oksigen kecil portable sebagai alat bantu pernafasan yang memang dikhususkan bagi kamu yang suka beraktivitas di luar rumah. Di mana, jika kamu memiliki riwayat medis seperti asma dan gangguan pernafasan lainnya yang bisa saja sewaktu-waktu kambuh kembali, kamu bisa mengantisipasinya dengan menggunakan tabung oksigen berukuran kecil seperti tabung oksigen portable yang memang tidak berat untuk kamu bawa kemanapun. Selain itu, harga tabung oksigen kecil ini juga sangat terjangkau untuk kamu yakni hanya berkisar Rp 50.000–Rp 70.000 saja, kamu sudah bisa membelinya di apotek dan toko-toko obat terdekat.

Selain kamu membawa tabung oksigen kecil di tasmu, kamu juga perlu menyediakan tabung oksigen kecil cadangan lainnya yang ditaruh di dalam kotak P3K-mu di rumah. Jadi, jika terjadi gangguan pernafasan saat kamu di rumah, kamu bisa dengan cepat menggunakan tabung oksigen tersebut yang sudah tersedia di kotak P3K-mu sebagai langkah pertolongan pertama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait