Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja, Milenial

Jangan Salah Ambil, Ini 22 Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA

jurusan kuliah ipa

Ajaib.co.id – Memilih jurusan perguruan tinggi usai lulus dari SMA adalah hal penting, jangan sampai kamu salah memilih jurusan perguruan tinggi yang tidak sesuai dengan bakat dan minat kamu, sehingga terhambat ditengah jalan. Bagi kamu yang ingin memilih jurusan kuliah IPA, beberapa jurusan di perguruan tinggi dalam disiplin ilmu sains bisa kamu ambil, namun tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin mengambil jurusan lain yang tidak berkaitan dengan IPA. Jika kamu penasaran, simak beberapa rekomendasi dan pilihan jurusan kuliah IPA yang bisa kamu ambil untuk melanjutkan studi kamu, antara lain :

Jurusan MIPA (Matematika dan IPA)

Jika kamu jago dalam berhitung dan ingin mengambil jurusan kuliah IPA, maka fakultas MIPA bisa kamu jadikan referensi. MIPA memiliki pembagian jurusan lagi, yakni ilmu matematika, ilmu kimia, ilmu fisika dan ilmu biologi. Umumnya lulusan fakultas MIPA memiliki peluang besar menjadi seorang guru atau pengajar, pertambangan dan perminyakan untuk tingkat sarjana. Untuk tingkat magister, prospek kerja jurusan MIPA akan berkesempatan menjadi seorang ilmuan atau dosen.

Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil tidak jauh dengan jurusan kuliah IPA, dimana teknik sipil juga mengedepankan perhitungan yang super teliti. Teknik sipil umumnya akan mempelajari ragam teknik rancang bangungan dan ditargetkan menjadi seorang arsitek.

Oleh sebab itu, perhitungan yang matang akan sangat dibutuhkan karena kelak ini akan berkaitan dengan bangunan yang menaungi banyak orang. Prospek kerja seorang sarjana teknik sipil adalah menjadi seorang civil engineer, kontraktor dan arsitek.

Teknik Elektro

Teknik elektro juga merupakan satu dari sekian banyak jurusan kuliah IPA yang bisa kamu ambil untuk melanjutkan studi kamu. Disiplin ilmu yang akan kamu pelajari dalam jurusan teknik elektro adalah elektronika, sehingga jika kamu tamat nanti umumnya kamu akan menjalani profesi seperti operator / vendor teknisi, sistem kelistrikan bangunan dan sistem telekomunika

Teknik Mesin

Berbeda dengan teknik elektro, jurusan teknik mesin akan mempelajari disiplin ilmu yang berkaitan dengan mesin atau motor, misalkan saja kecerdasan buatan. Selanjutnya tamatan teknik mesin akan berprofesi sebagai mechanical engineering, perancang kecerdasan rovotic dan lain sebagainya.

Teknik Industri

Teknik Industri akan mempelajari berbagai macam pengolahan industri, misalkan saja pengolahan limbah atau pengolahan industri budiaya kelapa sawit. Umumnya tamatan teknik industri akan bekerja di pengolahan-pengolahan industri pabrik, manufaktur, makanan dan minuman.

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Jurusan kuliah IPA selanjutnya adalah ilmu computer dan teknik informatika. Dua jurusan ini memiliki banyak peluang di dunia kerja. Apalagi saat ini perkembangan dan inovasi teknologi tiada hentinya. Bagi tamatan ilmu computer dan teknik informatika memiliki peluang untuk berkarir di bidang IT, Maintenance, Web Developer dan lain sebagainya.

Jurusan Kedokteran

Jurusan Kuliah IPA selanjutnya adalah jurusan kedokteran, meskipun merupakan jurusan perkuliahan yang prestigious, namun ujian masuk jurusan kedokteran tidak semudah yang kamu bayangkan biaya perkuliahannya juga tidak murah. Namun dibalik itu semua ada tujuan mulia yang ingin dicapai seorang dokter. Untuk tamatan kedokteran tingkat sarjana akan berprofesi sebafai dokter umum, sedangkan untuk melanjutkan tingkat magister maka ada beberapa jurusan yang bisa diambil seperti dokter anak, dokter kandungan, dokter ascetic dan lain sebagainya.

Ilmu Gizi

Bagi kamu yang tertarik dengan gizi dan kesehatan, kamu bisa mengambil jurusan ilmu gizi. Kuliah dengan jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai macam ilmu kesehatan terkait gizi seperti pertumbuhan manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. Ilmu Gizi juga mempelajari masalah pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Bukan hanya itu, dengan mempelajari ikmu gizi, kamu juga bisa mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.

Farmasi

Jurusan ini akan berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari dan mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya. Bukan hanya itu, kamu juga akan belajar mengolah obat menjadi layak dikonsumsi. Lulusan jurusan farmasi diharapkan bisa menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Bagi kamu yang telah lulus dari jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) ini bisa membantu karyawan proyek di lokasi kerja. Ini tentu sangat baik bukan? Nah, di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek. Bukan hanya mempelajarinya, kamu juga akan dididik untuk memberikan solusi penanganan bahaya yang ada di tempat kerja, serta langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisasi kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek.

Teknologi Pangan

Program studi ini akan membantu kamu mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman dikonsumsi, serta memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu juga akan mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan yang akan berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan ini juga akan mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan memengaruhi ekonomi, psikologi, dan budaya masyarakat.

Astronomi

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia luar angkasa atau bercita-cita menjadi seorang astronot, kamu bisa mengambil jurusan Astronomi. Jurusan ini akan mempelajari benda-benda langit dan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. Bukan hanya itu, kamu juga akan mempelajari struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Jurusan ini akan dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pelajaran di jurusan ini akan sangat menarik, karena kamu akan menemukan hal luar biasa yang berada di luar bumi.

Statistika

Bagi kamu yang suka dengan data, kamu bisa mengambil jurusan statistika. Jurusan ini mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi ilmu statistika sendiri adalah sebagai pijakan pengambilan keputusan. Di mna, tanpa adanya analisis data yang akurat, pengambilan keputusan tidak akan pernah bisa terjadi.

Bioteknologi

Jurusan ini mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai bagi manusia. Penerapan ilmu bioteknologi kini sedang berkembang pesat. Di mana, jurusan ini mempelajari ilmu teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi, dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika.

Biokimia

Ilmu ini mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Bukan hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu ini juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Teknik Lingkungan

Jurusan ini akan mempelajari tentang bagaimana cara menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Jurusan ini akan mempelajari sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara. Jurusan ini cocok bagi kamu yang ingin menjadi Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan atau Konsultan Lingkungan.

Budidaya Perairan (Akuakultur)

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan lain sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan ini, kamu cocok menjadi Ahli Peternakan, Perkembangbiakan Hewan, Manajer Akakultural, Ahli Konservasi Tanah, dan sebagainya. Di mana, profesi ini sangat sangat dibutuhkan di Indonesia, karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan.

Rekayasa Pertanian

Jurusan ini mungkin masih terasa asing bagi banyak orang. Di mana, jurusan ini akan mengombinasikan ilmu pertanian konvensional dengan prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan dengan tujuan mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Agroekoteknologi

Jurusan ini menjadi salah satu gabungan beberapa cabang ilmu di Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama, dan Penyakit Tumbuhan. Di mana, ketika kamu masuk di jurusan ini, kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah melalui cara berpikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi. Sehingga, ketika kamu diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Kehutanan

Ilmu ini akan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. Bukan hanya mempelajari cara menghasilkan dan memperoleh hasil hutan saja, kamu juga akan mempelajari bagaimana cara melestarikan hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan. Jurusan ini sangar cocok bagi kamu yang cinta alam dan ingin melindungi hutan dari tangan-tangan jahat.

Arsitektur

Bagi kamu yang bercita-cita ingin membangun rumah ataupun gedung-gedung tinggi, kamu bisa mengambil jurusan ini. Di mana, dalam jurusan ini kamu akan mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Dengan menjadi Arsitektur, kamu bisa membantu menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas. Sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Oseanografi

Jurusan ini akan mempelajari fenomena laut yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, misalnya gelombang tinggi, tenggelamnya pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya. Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari fenomena alam.

Nah, untuk jurusan farmasi sudah pastilah kamu akan berbaur dengan ragam bahan kimia di laboratorium untuk meracik sebuah obat. Lulusan jurusan farmasi akan berkerir dibidang apoteker, pekerja di pabrik obat atau meracik obat pesanan dokter.  

Artikel Terkait