Bisnis & Kerja Sampingan

Rekber Adalah Jenis Pembayaran Online di Forum Jual Beli

Ajaib.co.id – Rekber adalah salah satu pembayaran secara online yang menjadi pilihan di forum jual beli. Rekber atau rekening bersama ini di Indonesia mungkin masih kalah populer dengan transfer langsung menggunakan ATM atau dompet digital, karena orang kita masih belum familiar dengannya. Pembayaran jenis ini digunakan untuk menjembatani antara pembeli dan penjual.

Rekber adalah pembayaran online yang katanya memiliki banyak kemudahan untuk penjual dan paling utama adalah pembeli. Lalu, sebenarnya apa maksud dari rekening bersama ini? Di bawah ini adalah fakta-fakta tentangnya.

1.   Rekber adalah pilihan pembayaran untuk perorangan

Di Indonesia, rekening bersama dikenal sebagai istilah Escrow Service. Sejauh ini yang membuka usaha transfer online adalah perseorangan.

Jadi, mereka adalah orang yang menjadi penyedia layanan jasa transfer online untuk berbagai macam keperluan belanja. Orang ini bisa jadi orang yang tidak kamu kenali.

Mereka mendapatkan uang dari besar fee transfer yang sudah ditetapkan di awal. Misalnya, penyedia jasa rekber ini mengharuskan kamu transfer fee sebesar Rp20.000 untuk sekali transaksi, kamu pun diwajibkan transfer dengan angka yang sudah ditentukan.

Jadi, kamu bukan secara langsung transfer ke rekening penjual. Penyedia jasa rekber yang akan transfer uang darimu ke penjual.

Bagi penyedia jasa rekber, bisnis ini sangat menguntungkan. Misalnya saja, mereka dapat melakukan transfer paling sedikit sepuluh kali dengan fee Rp20.000 dalam sehari. Rp200.000 yang bisa dikumpulkan per hari, jika dihitung total perbulan kamu sudah mengantongi jumlah uang yang lumayan.

2.   Rekber biasa digunakan di forum jual beli

Rekber mulai digunakan di Indonesia dari Kaskus. Kamu pasti tahu jika Kaskus memiliki forum jual beli di mana siapa saja bisa menjual dan membeli barang yang mereka inginkan.

Terkadang kamu bisa merasa tidak aman langsung transfer ke penjual karena takut uangnya malah dibawa lari, sedangkan barang yang kamu butuhkan tidak dikirimkan.

Jadi, keberadaan rekber untuk meminimalisir hal itu terjadi. Apalagi di forum jual beli seperti ini tidak ada yang namanya customer service untuk melakukan pengaduan.

Jika kamu sedang apes, kamu yang akan repot sendiri dengan melaporkan langsung ke polisi tanpa mendapatkan ganti rugi. Untuk itulah bertransaksi di forum jual beli harus hati-hati dan mengandalkan kepercayaan yang tinggi juga.

3.   Rekber punya banyak pilihan rekening bank

Ini yang orang-orang sukai dari rekber. Rekber adalah penyedia jasa yang menyediakan solusi bagus untuk mereka yang hanya punya satu jenis rekening bank.

Misalnya, kamu ingin membeli kamera di penjual yang hanya menyediakan rekening Bank BCA, sementara itu kamu hanya memiliki rekening Bank Mandiri. Kamu pun harus merelakan transferanmu akan ditambahkan uang administrasi.

Rekber biasanya menyediakan berbagai macam rekening bank untuk transfer yang dapat kamu pilih, jadi kamu tidak perlu membayar uang tambahan lagi untuk administrasi transfer. Artinya menggunakan rekber pun jadi lebih efisien.  

4.   Cara kerja rekber adalah seperti ini

Cara kerja rekber adalah pertama-tama harus disepakati oleh pembeli dan penjual dulu. Pembeli harus tahu ke mana dia harus mentransfer, penjual pun harus tahu dari mana dia bisa mendapatkan uangnya.

Setelah sudah yakin ingin membeli, pembeli akan mentransfer sejumlah uang ke rekening bersama. Kemudian ada konfirmasi yang membuktikan bahwa pembeli sudah transfer ke rekening bersama.

Pihak rekening bersama akan memberi konfirmasi juga pada penjual. Setelah itu penjual akan mengirimkan barang kepada pembeli. Setelah barang diterima oleh pembeli, pihak rekening bersama akan mentransfer uangnya ke penjual. Setelah itu penjual konfirmasi jika dananya sudah diterima.

Jadi, di sini ada tiga pihak yang terlibat dalam transaksi jual-beli. Bisa kamu lihat penjual baru akan mendapatkan uangnya setelah pembeli menerima barangnya.

Dengan menggunakan jasa rekening bersama, pembeli tidak perlu takut uangnya akan dibawa lari oleh penjual. Pembeli diuntungkan, dan penjual pun diuntungkan karena dipercaya.

5.   Rekber bisa jadi tidak aman

Sayangnya tidak semua penyedia rekber ini aman. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, mereka adalah penyedia jasa perorangan, bukan dari lembaga keuangan yang pendiriannya memiliki izin.

Ada banyak kasus rekber yang membawa lari uang pembeli, jadi sama sekali tidak transfer uangnya ke penjual.

Awalnya mereka tampak profesional, tapi setelah melihat uang yang banyak yang masuk ke rekening mereka jadi lupa diri. Padahal uang itu adalah uang titipan, bukan uang mereka secara pribadi.

Jadi, di sini bukan satu orang saja yang dirugikan, tapi penjual dan pembeli. Baik penjual dan pembeli yang terkena masalah ini pun harus kerepotan melakukan laporan langsung ke polisi tanpa dibantu oleh pihak lain.

Oleh karena itu pembayaran via rekening bersama ini harus diperhatikan lebih jauh. Jangan sampai kamu salah memilih rekber jika tidak mau apes. Paling tidak kamu membeli di tempat yang lebih aman dan sudah terjamin kualitasnya.

Jika kamu merasa lebih aman belanja di marketplace atau toko online yang sudah terjamin keamanannya, kamu lebih baik melakukan transaksi di sana saja. Di marketplace atau toko online kamu bisa memilih dari review yang sudah tersedia.

Di marketplace atau toko online ada layanan customer service yang bisa kamu hubungi untuk mengajukan protes atau keluhan. Jika harus memilih rekber sebagai layanan transaksi utama, kamu sebaiknya memilih rekber yang tepercaya, yang sudah berpengalaman lama dalam menjalankan bisnisnya ini. Intinya harus benar-benar teliti agar tidak salah pilih.

Artikel Terkait