Milenial

Profesi Yang Menjanjikan Untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

profesi yang cocok bağı kamu yang mengambil kurusan ilmu komunikasi

Ajaib.co.id – Salah satu jurusan kuliah yang selalu diminati calon mahasiswa adalah ilmu komunikasi. Jangan salah, jurusan ini berbeda dengan teknologi ilmu komputer ya. Ilmu komunikasi bukanlah jurusan yang membangun sistem telekomunikasi, melainkan suatu jurusan yang mempelajari tentang seluk beluk penyampaian informasi. 

Sederhananya, jurusan komunikasi masih ada kaitannya dengan jurnalistik, tim kreatif, pemasaran, atau profesi lainnya yang terkait bidang komunikasi. Jadi, bagi kalian yang ingin terjun di bidang penyiaran, wartawan, MC, periklanan, pemasaran, public relations, atau politik boleh nih masuk ke jurusan ini.

Lulusan komunikasi bisa kerja di banyak bidang sehingga prospek kerja lebih lebar dibanding program studi lainnya. Ketika banyak jurusan fokus pada satu bidang saja, ilmu komunikasi mampu menjanjikan banyak jenjang karir di masa depan sehingga menarik bagi orang-orang yang minat dan bakatnya terkait komunikasi. 

Apa Saja yang Akan Dipelajari Mahasiswa Ilmu Komunikasi? 

Seperti nama jurusannya, ilmu komunikasi adalah suatu jurusan yang akan memperdalam ilmu komunikasi. Baik komunikasi publik, pemasaran, periklanan, hingga penyiaran. Pada intinya, jurusan ini mengacu pada dasar komunikasi yaitu untuk menyampaikan informasi. 

Selain menyampaikan informasi, dalam studi ilmu komunikasi kamu akan diajarkan menganalisis komunikasi verbal dan non-verbal. Beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah public speaking, manajemen media massa, periklanan, komunikasi internasional dan komunikasi massa, penulisan naskah, strategi pemasaran, komunikasi politik, dan masih banyak lagi.

Semua mata kuliah tersebut memiliki tujuan untuk menajamkan kemampuan mahasiswa sebelum masuk ke jenjang peminatan. Setiap lulusan komunikasi diharapkan mampu menjadi pribadi yang tangkas. Baik secara lisan, pikiran, tulisan dan pekerjaan. 

Lulusan Ilmu Komunikasi, Mau Jadi Apa?

Ilmu komunikasi termasuk jurusan yang terbilang fleksibel. Dikatakan demikian, karena lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di berbagai lini lapangan kerja. Baik di pemerintahan, perusahaan swasta bahkan untuk menjadi pengusaha. 

  • Public Relations

Karir sebagai PR atau Public Relations selalu ada di perusahaan. Tugas utama dari seorang Public relations adalah mengelola komunikasi suatu perusahaan ke pihak kedua atau masyarakat. Jadi, sebagai public relations harus mampu menyampaikan informasi dan membangun hubungan dengan masyarakat, pers, dan klien yang terkait perusahaan.

  • Sales Marketing

Tugas dari sales marketing adalah membuat strategi penjualan, memperluas jaringan atau relasi serta melakukan riset pasar. Karena harus bersinggungan langsung dengan klien maka seorang sales marketing harus mampu menyampaikan informasi dengan baik.

  • Jurnalis

Ilmu komunikasi sangat erat kaitannya dengan media massa. Salah satu hal yang akan dipelajari pada jurusan ini adalah penulisan artikel dan berita. Selama mempelajari ilmu komunikasi akan diajarkan cara mengkurasi berita dan informasi. Sehingga dapat dilempar ke masyarakat secara apik. 

  • Penyiar

Penyiar disini tak hanya untuk tampil di televisi saja tapi juga di radio. Sebagai penyiar, ilmu yang di aplikasikan adalah dari mata kuliah public speaking. Selain itu, dalam dunia penyiaran juga ada bagian produksi. Nah, disini akan diajarkan cara membuat naskah, produksi berita, hingga cara membawakan berita. 

  • Entrepreneur

Siapa bilang lulusan jurusan ilmu komunikasi hanya bisa bekerja di bidang media saja? Mahasiswa ilmu komunikasi di ajak untuk berpikir kreatif, bekerja dalam tim, menguasai pasar dan melakukan riset produk. Semua itu adalah hal yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur. Beberapa usaha yang bisa dibangun dengan prinsip ilmu komunikasi adalah event organizer, berdagang, periklanan dan percetakan dan masih banyak lagi. 

Jurusan Ilmu Komunikasi Bisa Untuk Menggali dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Salah satu yang dituntut dalam jurusan ilmu komunikasi adalah rasa percaya diri yang tinggi. Karena dituntut, maka yang tadinya tak punya cukup  nyali pun pada akhirnya akan belajar menggali dari dalam dirinya sendiri. Sedangkan yang sudah memiliki rasa percaya diri yang cukup akan semakin terasah. 

Mengapa demikian? 

Salah satu dasar pelajaran yang akan diajarkan pada jurusan ini adalah public speaking. Pada mata kuliah ini setiap mahasiswa akan di ajari bagaimana caranya menyampaikan informasi secara lisan, dengan baik, santun dan tepat. Tak hanya pemilihan katanya saja, namun juga gesture tubuhnya. 

Tak hanya itu, jurusan ini juga menuntut kerja sama tim. Pada tugas ini, setiap orang harus mampu ‘bergaul’ dengan teman sekelompok dengan baik. Pergaulan inilah yang secara alami akan mengasah rasa percaya diri. 

Sebelum menjatuhkan pada satu jurusan di universitas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, kenali diri sendiri. Kira-kira apa yang menjadi minat dan passion, hal ini akan sangat menentukan arah masa perkuliahan. Kuliah dengan minat dan passion yang dimiliki tentu akan lebih menyenangkan. 

Kedua, konsultasikan dengan orang terdekat. Orang tua bisa menjadi  teman bertukar pikiran. Karena, kuliah membutuhkan rentang waktu yang tak sebentar. Tentu akan ada banyak biaya yang dikeluarkan. Sehingga, jangan sampai berhenti di tengah jalan hanya karena kurang pertimbangan. 

Ketiga, pintar-pintarlah membaca peluang karirnya. Kuliah adalah masa belajar sebagai bekal memperoleh karir cemerlang dimasa depan. Jadi harus dipertimbangkan sisi baik dan buruknya. 

Jurusan ilmu komunikasi biasa ditempuh dalam waktu 4 tahun.  Lulusannya bisa kerja di berbagai bidang. Jurusan ini cocok bagi seseorang yang suka tantangan, berani mengeksplorasi diri dan memiliki pemikiran yang kritis. 

Artikel Terkait