Investasi

Prinsip Investasi yang Membuatmu Pantang Menyerah

Prinsip Investasi yang Membuatmu Pantang Menyerah

Ajaib.co.id – Untuk dapat melakukan investasi dengan hasil yang maksimal, kamu yang ingin terjun ke pasar modal sebaiknya mengetahui prinsip investasi. Prinsip tersebut bukanlah aturan, tapi lebih sebagai pedoman yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan tujuanmu dalam berinvestasi. Investasi tidak bisa dilakukan asal-asalan.

Bisa dikatakan bahwa siapa saja bisa melakukan investasi, tapi ada baiknya kamu mengenal tentang investasi itu sendiri, bukan karena ingin ikutan-ikutan saja kemudian malah ditinggalkan sebab tidak mengerti.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip investasi yang bisa kamu renungkan dalam setiap mengambil keputusan berinvestasi.

Belajarlah Terlebih Dahulu

Prinsip investasi yang pertama adalah sebelum berinvestasi kamu harus belajar terlebih dahulu tentang investasi. Belajar di sini tidak harus masuk ke kuliah jurusan investasi. Cara yang paling tepat adalah dengan banyak membaca buku tentang saham, lalu belajar pada orang yang sudah berpengalaman.

Komunitas investor di Indonesia cukup luas dan terbuka menerima orang baru. Biasanya orang-orang yang berpengalaman bersedia membagikan ilmunya. Mereka sering mengadakan seminar-seminar yang bisa kamu ikuti. Dari sinilah kamu bisa mendapatkan mentor yang membimbingmu dalam dunia investasi. Dunia investasi itu tidak mudah bagi orang yang enggan belajar.

Mengenal tipe investor seperti apakah kamu

Setiap investor punya karakter yang berbeda-beda. Kamu harus mengenali diri kamu termasuk investor yang mana. Investor yang lebih mencari aman atau investor yang siap kehilangan berapapun modal yang ia tanam. Ini bukanlah paksaan karena keputusan orang berbeda-beda.

Jika kamu ingin bermain itu tidak masalah. Jadi, kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai. Misalnya berinvestasi logam mulia. Lalu, jika kamu adalah orang yang siap kehilangan modal, kamu bisa memilih saham. Risiko kehilangan uang begitu besar, tapi kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berinvestasi sedini mungkin

Prinsip investasi selanjutnya adalah jika ingin berinvestasi lakukanlah sekarang, jangan tunggu nanti. Jangan hanya menyimpan modal yang ada di lemari. Sekarang berinvestasi tidak membutuhkan modal yang langsung besar. Semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuanmu.

Lebih baik memulainya dari titik paling rendah karena suatu saat nanti kamu pun bisa semakin tinggi jika melakukan semua ini secara konsisten. Dengan melakukan investasi sedini mungkin, keuntungan yang kamu dapatkan di masa depan pun akan semakin besar.

Menentukan jangka waktu investasi sesuai tujuan

Agar lebih bersemangat dalam berinvestasi, kamu sebaiknya memiliki tujuan yang jelas. Misalnya uang hasil investasimu nanti akan digunakan untuk usaha, bisa juga menggunakannya untuk jalan-jalan keliling dunia, dan menggunakannya untuk membangun rumah.

Jika kamu bisa bersabar untuk menunggu hasilnya di masa depan, misalnya sepuluh atau 15 tahun lagi, dengan keuntungan yang berlipat-lipat, kamu bisa memilih investasi jangka panjang. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan lebih cepat dan bisa bersabar mengumpulkan keuntungan-keuntungan yang tidak terlalu besar, tapi lama-lama bisa menjadi bukit, kamu bisa memilih investasi jangka pendek.

Diversifikasi investasi

Melakukan diversifikasi investasi adalah pilihan masing-masing investor. Tidak semua orang senang dengan diversifikasi karena harus membagi fokusnya ke masing-masing investasi. Investor terkenal yang tidak melakukan diversifikasi adalah Warren Buffet karena alasan ia lebih memilih fokus pada satu investasi. Hal itu sebenarnya tidak masalah. Investor bisa melakukannya atau tidak.

Prinsip investasi ini dikatakan cukup ampuh meminimalisir risiko investasi yang ada. Misalnya ketika kamu mengalami kerugian dalam investasi saham, modalmu bisa terselamatkan dengan memiliki logam mulia. Diversifikasi investasi memungkinkan untukmu menyalurkan modal di beberapa investasi sekaligus.

Untuk sukses melakukan diversifikasi, kamu harus bisa membagi fokusmu di beberapa investasi tersebut. Istilah kasarnya jangan pilih kasih agar semua investasi tersebut bisa berjalan secara maksimal.

Sabar

Prinsip investasi selanjutnya adalah kamu haru bisa mengatur emosi dengan baik karena akan banyak kejutan menantimu. Kejutan yang baik tentu akan membuatmu senang, tapi kejutan yang buruk bisa membuatmu patah semangat. Berinvestasi merupakan kegiatan yang memiliki risiko, itu yang harus kamu pahami dengan baik.

Ketika ada hal buruk terjadi kamu jangan dulu mengambil keputusan. Perhitungkan dengan baik kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika kamu menerapkan keputusan itu. Intinya kamu harus bisa bersabar.

Berinvestasi pada instrumen yang kamu pahami

Ini adalah hal yang dilakukan oleh investor terkaya di dunia, Warren Buffet. Ia tidak akan mengambil suatu saham apabila ia belum mengenal betul saham itu, beserta nilai sektor yang menaunginya. Setiap sektor memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Warren Buffet mempelajari suatu saham dengan sangat detail sebelum tertarik untuk membelinya.
Hal ini perlu juga kamu lakukan. Jangan asal pilih dulu sebelum memilih investasi yang benar-benar kamu kenal. Kamu akan lebih mudah mengontrol sesuatu yang kamu kenal.

Jangan berutang

Warren Buffet menyarankan untuk memulai investasi, janganlah dengan berutang. Hal ini ada benarnya juga karena sekarang untuk berinvestasi pun bisa dimulai dari modal yang minim. Hasilnya bisa membukit, dan kamu pun dapat menambah modalmu dari keuntungan yang didapatkan. Berutang hanya akan membuatmu kerepotan karena walaupun sudah mendapatkan keuntungan kamu diharuskan membayar utang lagi. Hal itu tentu saja bisa menjadi beban yang baru.

Prinsip investasi di atas bisa kamu terapkan dalam kegiatan investasimu sehari-hari. Intinya kamu harus sabar dan jangan ragu untuk berani mengambil risiko. Semua orang yang berinvestasi pasti pernah mengalami kehilangan uang, tapi mereka juga bisa membalikkan keadaan.

Sekarang Ajaib menyediakan investasi saham dan reksa dana, sehingga bagi kamu investor berpengalaman ataupun investor pemula, kamu bisa melakukannya dengan mudah di Ajaib. Dengan Ajaib kamu juga bisa memilih investasi sesuai dengan modal yang kamu miliki ataupun kebutuhan keuangan kamu. Yuk mulai investasi sekarang di Ajaib!

Artikel Terkait