Pentingnya Membuat Catatan Keuangan untuk Milenial

Pentingnya Membuat Catatan Keuangan untuk Milenial
Pentingnya Membuat Catatan Keuangan untuk Milenial

Membuat catatan keuangan mungkin terdengar agak sedikit baku dan tidak umum buat kamu. Benar saja, karena umumnya catatan ini hanya diperuntukkan bagi pengelolaan uang dalam jumlah banyak, seperti keuangan perusahaan. Meski demikian, catatan keuangan sangat penting untuk mengetahui pengeluaran, agar kondisi keuanganmu tetap termonitor dengan baik. 

Dengan catatan keuangan yang baik, maka kamu secara tidak langsung berperan dalam mewujudkan perencanaan keuangan. Sehingga jumlah tabungan atau rencana-rencana yang kamu miliki di masa depan dapat tewujud. 

Meskipun saat ini konsultan keuangan tengah menjamur dan kamu bisa memanfaatkan jasa konsultan keuangan untuk perencanaan keuangan, namun konsultan keuangan tidaklah murah. Sehingga lebih efektif, jika kamu mengelola keuangan sendiri melalui sebuah catatan keuangan.

Membuat catatan keuangan pribadi pada dasarnya bukanlah hal yang sulit. Hanya saja dalam membuat catatan tersebut, kamu harus memiliki komitmen, ketelitian, dan disiplin yang tinggi dalam mengalokasikan dana yang kamu miliki.

Lalu, bagaimana cara membuat catatan keuangan pribadi? Nah, dalam membuat catatan ini, kamu tidak perlu pusing dengan istilah-istilah debit dan kredit. Cukup kamu menggunakan istilah yang mudah dipahami misalkan saja total gaji per bulan, pengeluaran primer bulanan (termasuk tagihan dan kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan), dan tabungan bulanan.

Selanjutnya, kamu bisa memulai menulis catatan tersebut melalui sebuah buku biasa dan tidak perlu harus buku jurnal keuangan. Ingat detail pengeluaran sangat menentukan sukses atau tidaknya perencanaan keuangan di masa depan. Jika kamu penasaran bagaimana membuat catatan yang baik, simak beberapa tips berikut ini :

Tuliskan jumlah pemasukan

Dalam menulis jumlah pemasukan, pastikan kamu menuliskan pendapatan bulanan (bersih) yang kamu dapatkan, termasuk gaji serta pendapatan tambahan (bersih). Jumlahkan seluruh pendapatan kamu sebagai penghasilan bulanan.

Tulis dan rincikan pengeluaran setiap bulannya

Kamu juga harus menuliskan rincian biaya yang harus dikeluarkan dalam satu bulan. Misalnya saja, biaya listrik, pulsa, internet, cicilan, dan lain sebagainya. Lalu kurangi dengan penghasilan bulanan kamu.

Batasi pengeluaran belanja bulanan

Selanjutnya batasi pengeluaran belanja bulanan kamu dengan nominal tertentu agar memudahkan kamu dalam penghitungan di catatan tersebut.

Sisihkan untuk tabungan

Yang terakhir setelah mencatat seluruh kebutuhanmu, sisihkan nilai yang layak untuk menabung demi masa depan. Lalu sisakan sedikit untuk biaya-biaya lainnya yang tidak terduga. Selain tabungan, kamu juga menyisihkan uang atau pendapatanmu melalui investasi lain seperti saham, reksa dana, tabungan berjangka, dan sebagainya. Kenapa begitu? Karena jenis investasi tersebut bisa membantu kamu mendapatkan keuntungan maksimal. Namun perlu diperhatikan juga, jangan sampai kamu salah memilih investasi bodong, perhatikan dengan benar perusahaan atau manajer investasi yang akan kamu pilih.

Manfaat Memiliki Catatan Keuangan Pribadi

Lalu apa manfaat membuat catatan transaksi keuangan setiap bulannya?

  1. mengukur kondisi finansial
  2. mengukur kemamuan dalam berinvestasi
  3. mempersiapkan masa depan dengan keuangan yang cukup

Nah, itulah beberapa cara dan manfaat membuat catatan keuangan pribadi. Mudah dan bermanfaat bukan? Bagi kamu yang malas membuat catatan ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan untuk membantu kamu mencatat transaksi dan mengatur keuanganmu lebih mudah. Money manager, Money Lover, pengeluaranku, dan sebagainya adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu download melalui Google Play Store. Yuk download aplikasinya sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Lynch, A. W., & Musto, D. K. (2003). How investors interpret past fund returns. The Journal of Finance, 58(5), 2033-2058
Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait