Bisnis & Kerja Sampingan

Pengertian Perencanaan Usaha, Maksud, Tujuan, dan Manfaatnya

Ajaib.co.id – Perencanaan usaha atau yang dikenal dengan istilah business plan, merupakan sebuah hal yang penting untuk memulai usaha. Dengan perencanaan usaha yang matang, tentunya kamu bisa menakar profit atau keuntungan kamu di masa depan. Dengan begitu pastilah perolehan laba kamu akan terus bertumbuh.

Dalam sebuah perencanaan usaha ada beberapa hal yang menjadi latar belakang penting untuk kamu ketahui, di antaranya :

  1. Visi yakni merupakan sebuah bentuk cita-cita di masa depan yang dimiliki oleh perusahaan yang mana nantinya akan melakukan usaha tersebut.
  2. Kemudian, misi yang merupakan sebuah hal yang khas ataupun unik dan juga mendasar sekaligus membedakan perusahaan dengan perusahaan lain. Ini mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha atau perusahaan.
  3. Tujuan yang merupakan hasil dari suatu hal yang ingin dicapai oleh perusahaan atau usaha yang bersangkutan.
  4. Strategi yang merupakan sebuah cara yang akan ditempuh perusahaan untuk memperoleh target perusahaan dengan melibatkan seluruh sumber daya dan produksi yang ada.

Di dalam dunia bisnis ada sebuah istilah yang dikenal sebagai bentuk strategi yang biasa diterapkan pada perusahaan. Antara lain sebagai berikut:

  1. Defender merupakan sebuah strategi bisnis yang selanjutnya diarahkan guna mendapatkan dan mempertahankan pasar dalam sebuah segmen yang sempit dari seluruh pasar dengan potensial yang ada.
  2. Prospector adalah sebuah strategi bisnis yang diarahkan dengan agresif guna meraih segmen pasar dengan seluas-luasnya melalui bentuk inovasi pada produk – produk baru.
  3. Analyzer merupakan sebuah strategi bisnis yang dijalankan dengan cara imitasi, atau melakukan penggandaan atas apa yang dilakukan oleh prospektor. Strategi bisnis ini memiliki tujuan untuk meraih keuntungan dengan dara meminimalkan tingkat risiko.
  4. Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy). Dalam strategi perencanaan bisnis ini yang nantinya akan diarahkan untuk meraih peluang pasar adalah pemberian harga produk dengan murah.
  5. Diferensiasi (differentiation strategy) merupakan salah satu strategi bisnis atau rencanaan usaha yang diarahkan guna meraih pasar dengan luas melalui keunikan daripada bentuk produk yang diproduksi.
  6. Fokus (focus strategy) merupakan salah satu strategi bisnis yang dilakukan dalam segmen pasar yang sangat sempit. Ini dilakukan melalui fokus dalam kepemimpinan biaya atau yang disebut cost focus dalam diferensiasi (differentiation focus). 

Dalam sebuah bentuk kegiatan usaha, tentunya perencanaan usaha merupakan satu hal yang paling penting. Hal tersebut merupakan sebuah aspek yang sangat penting dalam proses pengembangan usaha. Melalui komponen perencanaan usaha yang matang, tentunya kamu dapat membantu seseorang dalam menetapkan target jangka panjang dan juga target jangka pendek dari usaha yang dirintis.

Adapun maksud, tujuan, dan juga manfaat yang diperoleh dalam perencanaan usaha. Rencana bisnis bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan potensi daripada keberhasilan sebuah usaha.
  2. Secara sangat jelas menentukan kegiatan-kegiatan daripada bisnis yang bisa beroperasi dengan maju dan sukses.
  3. Melakukan identifikasi pada seluruh sumber daya yang nantinya tersedia dalam sebuah bisnis dan dengan cara menggabungkan sumber daya demi hasil yang maksimal.
  4. Mengidentifikasi dan mengevaluasi kinerja pada setiap segmen pengoperasian usaha atau sektor yang dapat dibandingkan dengan kinerja terbaru. Ini bertujuan untuk menjaga bisnis agar dapat beroperasi pada jalur yang benar.

Adapun beberapa pihak yang membutuhkan laporan studi terkait dengan kelayakan bisnis, antara lain :

  1. Investor
  2. Kreditor
  3. Manajemen perusahaan
  4. Pemerintah dan masyarakat
  5. Tujuan pembangunan ekonomi

Adapun empat hal yang tidak kalah penting yang perlu diketahui dalam melakukan perencanaan usaha, antara lain menentukan skala usaha, menentukan kebutuhan sarana dan prasarana, menentukan biaya, pendapatan dan keuntungan serta melakukan analisa usaha.

Sementara alasan yang berkaitan dengan perencanaan usaha antara lain :

  1. Merupakan sebuah alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha sehari-hari.
  2. Guna memperoleh pembiayaan dari Lembaga Pemberi Pinjaman.
  3. Sebagai cara untuk mendapatkan dana investasi.
  4. Memahami cara dalam mengatur kerja sama.
  5. Mempermudah potensi dalam mendapatkan kontrak besar.
  6. Guna menarik tenaga kerja inti.

Selanjutnya, tujuan utama dari bentuk perencanaan usaha, antara lain :

  1. Sebagai bentuk rencana aksi (action plan).
  2. Sebagai sebuah peta jalan (road map).
  3. Sebagai bentuk daripada alat penjualan (sales tool).

Sementara manfaat dari perencanaan usaha adalah untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, baik melalui persetujuan ataupun penolakan.

Adapun aspek-aspek yang membutuhkan analisa guna mengetahui biaya dan juga manfaat antara lain ditinjau dari aspek kebijakan pemerintah, distribusi nilai tambah pada seluruh masyarakat, nilai investasi dari tenaga kerja, pengaruh pada lingkungan sosial, serta analisa kemanfaatan dan juga beban sosial.

Artikel Terkait