Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Pengertian Kerja Sama, Manfaat, Jenis dan Cara Membinanya

Ajaib.co.id – Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan pengertian orang lain dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Ada pekerjaan yang tidak mungkin manusia bisa kerjakan sendiri. Pekerjaan tertentu membutuhkan kerja sama dengan manusia lainnya. Dengan kerja sama dengan orang-orang di lingkungan sekitar, suatu pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendiri akan dengan mudah dan cepat terselesaikan.

Kamu pasti pernah melakukan kerja sama dengan anggota keluarga, teman, pasangan hidup, dan bahkan orang tua untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Bahkan sebuah negara pun butuh kerja sama dengan negara lainnya untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan mempererat hubungan internasional.

Kerja sama memang sebuah kata tidak asing di telinga kamu, dan implementasinya mudah di temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun mungkin sebagian dari kamu belum terlalu paham pengertian kerja sama, manfaat kerja sama, jenis-jenis kerja sama. Berikut ulasan selengkapnya mengenai kerja sama

Pengertian Kerja Sama

Kerja sama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antar individu atau kelompok untuk memenuhi kebutuhannya dan untuk mewujudkan tujuan yang dinamis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Sedangkan, menurut Pamudji kerja sama diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melakukan interaksi antar individu yang melakukan kerja sama sehingga tercapai tujuan yang dinamis. Menurut Pamudji, terdapat tiga unsur yang terkandung dalam kerja sama yaitu:

  • Orang yang melakukan kerja sama
  • Adanya interaksi
  • Adanya tujuan yang sama

Pada pengertian kerja sama tersebut dapat disimpulkan bahwa, jika kamu ingin mencapai tujuan tertentu yang tidak dapat dikerjakan sendiri maka diperlukan kerja sama agar tercipta interaksi antar individu. Sehingga tujuan kamu dengan tim akan terselesaikan dengan ringan dan cepat. 

Manfaat Kerja Sama

Kerja sama akan memberikan banyak manfaat pada pekerjaan kamu. Dengan kerja sama, kamu akan menuju kepada efisiensi dan efektivitas kerja yang lebih baik. Kamu akan merasakan perbedaan antara melakukan pekerjaan sendiri dan kerja sama dengan orang lain. Terkadan, kamu buntu dalam menemukan ide, maka dengan kerja sama akan muncul ide yang dapat memberikan solusi dalam suatu pekerjaan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja sama.

a. Akan lebih mudah dan cepat dalam mencapai suatu tujuan atau target kamu.

b. Menumbuhkan semangat persatuan dalam suatu kelompok masyarakat.

c. Pekerjaan akan terasa lebih ringan.

d. Melatih kamu untuk menjadi pribadi yang terbuka (bersosialisasi) dan gemar bekerjasama.

e. Tercipta rasa persaudaraan yang lebih erat.

f. Melatih diri kamu sendiri menjadi lebih menghargai orang lain.

g. Melatih pribadi untuk dapat mengeluarkan pendapat, saran, dan kritik.

Jenis-Jenis Kerja Sama

Ada beberapa jenis kerja sama yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari yang berkaitan dengan perdagangan hingga lingkungan masyarakat. Apa saja jenis kerja sama tersebut? Berikut pembahasannya.

a. Tawar-menawar atau bargaining, suatu kerja sama yang berkaitan dengan perdagangan produk atau jasa antara dua orang atau lebih

b. Koalisi, kerja sama antara kelompok tertentu yang dibentuk dua orang atau lebih, faksi, negara bagian, partai politik, militer, dan lain-lain. Kelompok ini sepakat untuk kerja sama sementara dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan bersama.

c. Joint Venture, pengertian kerja sama ini ialah kerja sama bisnis di mana dua atau lebih pihak sepakat untuk menyatukan sumber daya mereka untuk tujuan menyelesaikan tugas tertentu. Tugas ini dapat berupa proyek baru atau aktivitas bisnis lainnya.

d. Cooptation, kerja sama yang biasanya dilakukan pada kelompok sosial tertentu yang mengambil sejumlah jalan, untuk menerima berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi.

e. Gotong royong, ialah kerja sama atas dasar kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerja sama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.

f. Kerja sama bilateral, suatu kerja sama yang dilakukan dua negara baik itu di bidang ekonomi, politik maupun budaya. Contoh kerjasama ini adalah pertukaran pelajar antar dua negara, ekspor impor antar dua negara, dan sebagainya.

g. Kerja sama multilateral, suatu bentuk kerjasama yang terdapat beberapa negara di dalamnya, biasanya berkaitan dengan organisasi internasional, seperti PBB, OKI, OPEC, dan sebagainya.

Faktor Pendorong Terjadinya Kerja Sama

Menurut JB Chitambar, terdapat beberapa faktor yang mendorong terjadinya kerja sama antara lain:

1. Motivasi pribadi

Motivasi pribadi berarti tujuan-tujuan pribadi yang dihimpun dalam usaha bersama untuk mencapainya.

2. Kepentingan umum

Kepentingan umum atau kepentingan bersama bisa terjadi ketika terdapat tujuan yang dianggap bernilai tinggi dapat memberi motivasi kepada orang-orang atau kelompok-kelompok dan organisasi untuk bekerja sama Biasanya, organisasi atau kelompok ini memiliki kepentingan dan tujuan yang sama.

3. Motivasi altruistik

Motivasi altruistik bersumber dari keinginan seseorang untuk menolong pihak lain karena panggilan hati. Misalnya kelompok suka rela yang berniat menolong suatu pihak yang memerlukan bantuan. Hal ini sering kita lihat ketika suatu daerah terjadi bencana. Maka akan ada banyak kelompok orang yang bekerja sama untuk membantu orang-orang yang terdampak bencana tersebut.

4. Tuntutan situasi

Tuntutan situasi adalah desakan karena berada pada situasi tertentu misalnya karena musibah banjir, orang-orang tergerak untuk menanggulangi. Kondisi ini terjadi secara dadakan, dan mau tidak mau mereka akan melakukan kerja sama agar kondisi atau musibah tersebut cepat tertanggulangi.

Cara untuk Membina Kerja Sama

Membina hubungan kerja sama bisa dibilang cukup sulit jika kita tidak bisa memahami tujuan dan orang yang akan diajak atau mengajak kerjasama. Tidak jarang kamu akan mengalami kegagalan dalam membangun hubungan kerja sama karena ketidaksiapan kamu. Berikut beberapa cara untuk membina hubungan kerja sama dengan pihak lain :

a. Tentukan tujuan kamu, seberapa penting dan mengapa perlu untuk kerja sama.

b. Temukan hal-hal menarik dari profil kamu agar pihak yang akan kamu ajak kerja sama tertarik.

c. Buat kesan positif yang apa adanya. Jangan berlebih-lebihan. Hal ini bisa merusak hubungan di kemudian hari.

d. Fokus pada kualitas bukan kuantitas, kamu harus bisa memlih prioritas mana yang bisa kamu bangun kualitas hubungannya. Cari yang benar-benar kamu butuhkan dan memberikan manfaat lebih banyak. Sesuaikan juga dengan kondisimu.

e. Pendapat dan kebiasaan seseorang berbeda-beda, maka hargailah, jangan pernah membandingkan dengan orang atau organisasi lain yang kamu anggap lebih baik. Sadarilah setiap orang atau organisasi mempunyai keunikan sendiri.

f. Tunjukan antusiasme pada hubungan kerja samamu, coba mengenal lebih baik pihak yang akan kamu ajak untuk kerja sama.

g. Tawarkan bantuan, Jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jika kamu memang merasa sanggup untuk membantu, tidak harus menunggu mereka yang meminta.

Itulah pengertian kerja sama yang dapat menjadi bahan pelajaran dalam berorganisasi atau di dalam sebuah perusahaan. Membangun kerja sama mungkin akan lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Oleh karena itu, mari kuasai cara membina kerja sama yang baik, agar pekerjaan atau usaha bisa berjalan dengan baik.

Artikel Terkait