Pengertian Investasi dan Faktor Penting Sebelum Melakukannya

Pengertian Investasi dan Faktor Penting Sebelum Melakukannya
Pengertian Investasi dan Faktor Penting Sebelum Melakukannya

Sebagian orang pasti sudah memahami pengertian investasi secara mendasar. Namun, untuk terjun ke dunia investasi, tentunya kamu harus membawa modal yang lebih besar daripada sekadar pengertian investasi. Semakin maraknya instrumen investasi, seperti investasi online dan investasi saham, membuat makin banyak orang yang ingin memulai berinvestasi. Ada segelintir orang yang merupakan investor baru, namun tidak sedikit pula investor lama yang sudah memahami dunia investasi dan gejolaknya.

Jika kamu termasuk investor baru, selain pengertian investasi, kamu juga harus memahami beberapa faktor pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum terjun ke dunia investasi. Kira-kira apa saja faktor penting yang harus kamu pertimbangkan?

Toleransi risiko

Menurut KBBI, pengertian investasi adalah penanaman modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuangan. Di dalam penanaman modal tersebut tentunya ada risiko yang harus dilakukan.

Menurut para ahli, ada hubungan langsung antara risiko di dalam investasi dan keuntungan yang diberikan. Umumnya, semakin tinggi risiko semakin besar pula potensi keuntungan. Namun, tiap investor memiliki toleransi risiko yang berbeda, terutama karena kondisi finansial dan preferensi. Penting untuk mengukur tingkat risiko yang bisa kamu ambil sebelum menentukan instrumen investasi apapun. Setelah kamu mengetahui kemampuan mengambil risiko, selanjutnya kamu bisa memilih beragam opsi yang tersedia sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan. Contohnya, investasi dengan risiko tinggi termasuk investasi ekuitas, sementara investasi dengan risiko sedang dan rendah meliputi investasi pasti seperti investasi deposit.

Umur Anda

Seperti yang terkandung dalam pengertian investasi, penanaman modal sedari usia muda juga merupakan faktor yang sangat penting. Ketika berbicara investasi, menjadi muda adalah salah satu keuntungan. Ini karena kamu memiliki pendapatan yang signifikan, tidak memiliki banyak tanggung jawab, kemampuan untuk mengambil risiko yang tinggi, serta bisa menunggu untuk mendapatkan hasil dari investasi dalam periode waktu yang lama. Semakin bertumbuh dewasa, kamu harus mempertimbangkan beberapa faktor berbeda seperti tanggung jawab, rencana pensiun, dan sebagainya. Sebagai tambahan, kamu juga memiliki waktu lebih sedikit untuk mendapat keuntungan. Maka, instrumen investasi ideal kamu bisa berubah seiring umur yang bertambah.

Tujuan investasi

Sebelum menaruh uang di instrumen investasi apapun, penting untuk menentukan tujuan investasi. Jika tujuan kamu hanya untuk membuat uang aman, maka kamu bisa memilih opsi investasi seperti deposit atau obligasi yang bisa meberikan keuntungan sedang. Namun, jika kamu mencari keuntungan yang lebih tinggi dan tidak peduli risiko, kamu bisa investasi saham atau investasi reksa dana.

Memahami pengertian investasi serta risiko yang meliputinya penting agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan karakter dan kemampuanmu. Jika pengertian investasi di atas masih kurang jelas, kamu selalu bisa berkunjung ke blog Ajaib untuk belajar tentang dasar investasi apapun. Jadi, pelajari dulu sebelum kamu mulai berinvestasi di mana pun!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait