Saham

Pengertian Broker Saham dan Tips Memilih Broker Terpercaya

pengertian broker saham

Ajaib.co.id – Sebagai orang yang berminat untuk masuk ke dunia pasar modal, kamu sebaiknya mengetahui pengertian broker saham. Kamu tidak bisa memasuki dunia pasar modal sendirian karena broker saham yang akan menghubungkanmu dengan dunia pasar modal.

Secara umum, broker saham adalah perusahaan yang memiliki izin untuk melakukan jual-beli saham-saham yang ada di pasar modal. Memiliki izin di sini maksudnya adalah perusahaan broker saham tersebut haruslah terpercaya dan diakui keberadaannya oleh pemerintah.

Broker saham adalah pintu bagimu agar bisa memasuki pasar modal tanpa repot. Dulu untuk memasuki pasar modal itu sulit karena ada syarat-syarat berat yang harus dipenuhi. Namun, berkat kemajuan teknologi yang terjadi sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Siapa saja yang memiliki modal, bisa memiliki pasar modal dengan leluasa.

Fungsi dari Broker Saham

Setelah mengetahui pengertian broker saham secara umum, sekarang kamu juga harus memahami fungsi dari broker saham itu sendiri. Tugas umumnya memang sebagai perantara antara trader dengan pasar modal yang menjadi tempatnya untuk bertransaksi, tapi sebenarnya broker saham punya fungsi yang banyak selain itu. Fungsinya tersebut adalah:

Memastikan Transaksi yang Dilakukan Aman

Melakukan transaksi di pasar modal itu termasuk berisiko karena kebanyakan dari kamu belum begitu mengenal atau mengetahui apa saja yang ada di dalam pasar modal tersebut. Dan yang menjamin keamanan transaksi yang kamu lakukan adalah broker saham.

Broker saham akan menyediakan pelayanan yang terbaik untuk para trader agar betah bertransaksi dengannya. Yang paling penting adalah menjaga data pribadi para trader agar tidak bocor kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menjadi Andalan dalam Melakukan Bisnis Saham

Ada beberapa perusahaan broker saham yang tidak hanya menjadi penghubung, tapi juga menjadi sosok yang menjalankan bisnis saham atas dasar saling percaya. Kamu bisa memilih broker saham yang menyediakan jasa ini apabila kamu adalah orang baru di dunia pasar modal dan tidak begitu mengerti bagaimana transaksi pasar modal itu berjalan.

Mereka yang akan menjalankan bisnisnya untuk kamu dengan syarat tentunya kamu harus memberikan mereka komisi lebih.

Sebagai Pemberi Saran yang Terpercaya

Broker saham akan memberikan saran pada para investor atau trader yang menggunakan jasa mereka. Saran-saran itu dibutuhkan para investor untuk mengambil keputusan di saat yang mendesak. Berbisnis di dunia pasar modal memang berisiko tinggi, tapi tenang saja karena kamu tidak akan berjuang sendirian. Ada broker saham yang akan membantumu dalam melakukan investasi.

Memberikan Rekomendasi Emiten yang Bagus

Para investor sering sekali kebingungan ketika diharuskan memilih saham yang harus dijual atau pun harus dibeli. Biasanya broker saham tidak akan sungkan memberikan rekomendasi emiten yang terpercaya untuk kamu beli sahamnya dan tentunya yang bisa memberikanmu keuntungan dalam jangka panjang.

Seperti itulah fungsi dari perusahaan broker saham. Kemudian yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah memilih perusahaan broker saham yang tepat. Sebagai pengingat pengertian broker saham tadi adalah sebuah perusahaan yang memiliki izin beroperasi dari Pemerintah. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan broker saham yang beroperasi di Indonesia.

Untuk lebih amannya, ini adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih perusahaan broker saham yang terpercaya.

Perusahaan Broker Saham Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Ini adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Jika perusahaan broker saham terdaftar di Bursa Efek Indonesia, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut terpercaya dan menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Tentunya Bursa Efek Indonesia tidak akan merekomendasikan perusahaan broker saham yang tidak jelas. Mereka pasti memiliki sertifikasi WPPE atau dikenal sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek.

Perhatikan Syarat Jumlah Setoran Awal

Saat ini perusahaan broker saham memberikan jumlah setoran awal yang berbeda yang sesuai dengan target pasar mereka. Ada yang mengsyaratkan jumlah setoran awal Rp100.000, dan ada juga yang mengasyaratkan minimal jumlah setoran awal adalah Rp10.000.000. Hal itu juga bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan kemampuan modalmu. Jangan ragu untuk memilih perusahaan broker saham yang satu visi denganmu.

Kemudahan dalam Bertransaksi

Ada beberapa perusahaan broker saham yang melakukan transaksi melalui telepon, tapi banyak juga yang sudah memberikan fasilitas berupa aplikasi online yang bisa kamu download saat itu juga. Biasanya untuk memiliki aplikasi transaksi saham ini lebih mudah karena kamu bisa memantau pergerakan saham secara real time.

Komisi Broker Saham dengan Harga Wajar

Karena kamu menggunakan jasa perusahaan broker saham, sudah sepatutnya kamu membayar mereka yang menyediakan jasa tersebut. Dan tentunya kamu bisa memilih perusahaan broker saham yang presentase komisi sahamnya lebih sedikit dibandingkan perusahaan broker saham lain. Ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.

Menjadi Partner yang Baik Untukmu

Perusahaan broker yang baik adalah yang menjadi partner yang bisa kamu andalkan. Misalnya saja mereka rajin memberikanmu rekomendasi saham yang bagus atau memberikanmu informasi yang penting karena kamu melewatkan informasi tersebut. Mereka tidak hanya menjadi penghubung antara kamu dan pasar modal, tapi juga sebagai teman baik yang memberikan saran terbaik.

Seperti itulah pengertian broker saham dan tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih perusahaan broker terpercaya. Kamu juga bisa mengandalkan Ajaib dalam bisnis saham di reksa dana. Ajaib memiliki produk-produk reksa dana berkualitas yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Jangan ragu untuk menghubungi kami.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait