Bisnis & Kerja Sampingan

Penerapan Strategi Omnichannel Bagi Bisnis Retail

Sumber: Freepik

Ajaib.co.id – Ketika membuka platform media sosial, seperti Instagram, Youtube, Facebook, hingga Twitter, kamu pasti sering menjumpai iklan promosi brand yang sama. Ketahuilah bahwa itu merupakan bagian dari strategi marketing menggunakan omnichannel yang digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Strategi marketing ini memungkinkan kamu mendapatkan konten yang sama di semua platform promosi. Seperti yang diketahui, dengan kemajuan teknologi ada perubahan yang terjadi terutama cara berbelanja seseorang. Pembeli pun semakin jeli dalam memilih produk sebelum memutuskan membelinya.

Lalu apa sih omnichannel itu? Bagaimana cara kerjanya dan strategi penerapannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Omnichannel

Omnichannel sangat penting untuk pengusaha masa kini, yang merupakan model bisnis lintas channel dengan mengutamakan pengalaman pelanggan. Melalui model ini, kamu selaku pemilik bisnis bisa menyesuaikan pengiriman konten ke berbagai platform dengan tujuan memberikan pengalaman berkonten bagi konsumen secara konsisten.

Model bisnis ini diciptakan karena menyesuaikan konsumen yang tidak lagi terbatas pada satu platform dalam setiap tahap pembelian. Hal ini memberi pengaruh bagi bisnis ritel karena pola konsumsi masing-masing pelanggan berbeda sehingga perlu strategi bisnis yang juga berbeda.

Selain toko fisik, umumnya para konsumen menggunakan e-commerce, mobile commerce, dan media sosial untuk mencari suatu barang hingga tahap pembeliannya. Nah, dengan strategi marketing omnichannel ini pembeli bisa bergerak leluasa ketika menjelajahi toko milikmu.

Sederhananya begini, pembeli melihat foto-foto produk kamu melalui Instagram lalu memasukkannya ke keranjang toko belanja online di ponsel. Nanti setelah selesai melakukan pesanan di desktop, tahap akhirnya mereka dapat mengambil produk tersebut di toko kamu.

Lebih detailnya omnichannel adalah metode yang mengintegrasikan seluruh bagian dari bisnis ke dalam satu sistem. Jadi, konsumen tidak perlu masuk satu per satu ke berbagai marketplace lagi.

Adanya strategi ini memberikan pengalaman lebih baik kepada konsumen. Dalam proses pelaksanaannya, ada empat komponen utama yang mendasarinya, yaitu:

  • Platform marketing
  • Konsistensi
  • Personalisasi
  • Optimisasi

Keuntungan Menggunakan Omnichannel

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Strategi marketing omnichannel membantu konsumen mendapatkan pengalaman yang konsisten dan dipersonalisasi di semua platform. Pendekatan menggunakan model bisnis seperti ini meningkatkan pengalaman konsumen lebih baik lagi sehingga meningkatkan loyalitas konsumen.

2. Memperkuat Brand

Strategi ini lebih menekankan pada konsistensi lintas channel atau platform agar memastikan konsumen melihat brand kamu di semua platform dan perangkat dengan cara yang sama.

Dengan demikian, konsistensi ini membantu meningkatkan adanya kemungkinan terjadinya transaksi di semua basis target konsumen kamu.

3. Pemasukan Meningkat Signifikan

Dengan kata lain, strategi marketing omnichannel bertujuan mempromosikan pembelian secara berulang, memperkuat brand, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Lebih banyak konsumen yang bisa kamu dapatkan, makin banyak pula transaksi yang akan membuat pemasukan meningkat.

Cara Menerapkan Strategi Omnichannel yang Tepat

Banyaknya channel pemasaran yang ada membuat proses konsumen menjadi lebih rumit. Untuk itu kamu perlu menerapkan strategi omnichannel agar pelanggan merasa puas mengunjungi toko kamu.

  • Kenali Pelanggan

Hal pertama dalam sebuah marketing adalah memahami pelanggan kamu. Caranya bisa dengan meninjau pengalaman konsumen dalam hal pembelian, meneliti, dan bagaimana mereka terhubung dengan produk kamu.

Gunakan alat uji yang tepat untuk bisa mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpan data pengalaman berbelanja pelangganmu. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan strategi yang sudah dilakukan.

  • Segmentasikan Pelangganmu

Lakukan segmentasi terhadap pelanggan kamu berdasarkan poin data dan karakteristik konsumen paling penting bagi tujuan bisnismu. Mengembangkan segmen pelanggan bisa berdasarkan persona pembeli, jalur pembelian, status langganan, dan sebagainya.

Segmentasi yang tepat membantu kamu lebih efektif dalam upaya melakukan pemasaran secara berulang.

  • Personalisasi Semua Platform

Jangan lupa, personalisasi termasuk elemen terpenting dalam menjalankan strategi marketing omnichannel. Personalisasi dikatakan berhasil dengan mengharuskanmu membuat koneksi 1:1 kepada masing-masing pelangganmu.

Dengan poin data yang tepat, serta alat analisis, kamu sudah bisa mengirimkan konten individual pelanggan.

  • Ukur Keberhasilanmu dengan Penggunaan Metrik yang Tepat

Penggunaan alat yang tepat dapat melacak metrik dengan tepat juga sehingga memungkinkan kamu memperoleh data secara akurat. Selain itu kamu pun akan mendapatkan wawasan yang bisa ditindaklanjuti untuk menyempurnakan strategi marketing omnichannel kamu.

Disini kamu bisa melihat seperti apa gambaran keberhasilan atau kegagalan strategi kamu lebih baik. Data ini dapat dipakai untuk mengoreksi strategi kamu dan meningkatkan return of investment (ROI).

Omnichannel Terbaik di Dunia

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis terutama retail, kamu bisa lihat beberapa omnichannel terbaik di dunia. Kelima saluran ini bisa dimanfaatkan untuk memudahkan usaha kamu.

1. Primaseller

Produk software Primaseller membantu para pengusaha ritel mengelola bisnisnya di bidang:

  • Produk penjualan
  • Sistem bisnis B2B
  • Pengelolaan pengiriman
  • Pengawasan inventory
  • Pengelolaan gudang
  • Pengelolaan pemesanan
  • Pengelolaan pembelian

Primaseller ini berpusat di California, USA yang sudah terintegrasi dengan beragam marketplace, mulai dari Amazon, Magento, eBay, Etsy, dan Woocommerce. Primaseller sudah tersebar di lebih dari 10 negara.

2. Hike Up

HikeUp sangat cocok buat para peritel yang melakukan bisnis perdagangan melalui toko, platform online, dan perdagangan yang terintegrasi ke dalam satu sistem.

Solusi bagi penjualanmu agar terus meningkat yang didukung fitur-fitur untuk mendapat banyak keuntungan, seperti pencatatan akuntansi, pengelolaan inventory, POS, jadwal meeting online, dll. Kantor pusatnya berada di Victoria, Australia.

Klasifikasi harga HikeUp dibuat menyesuaikan tipe perusahaan, diantaranya adalah:

  • Start Up
  • One-Store
  • Multi-Store

3. Jubelio

Dari dalam negeri ada Jubelio yang menawarkan solusi bagi para pebisnis ritel dalam mengelola usahanya baik offline maupun online.

Platform omnichannel ini terintegrasi dengan berbagai marketplace untuk pengadaan barang, memproses pesanan, pengaturan stok, listing barang, pengiriman, hingga pencatatan akuntansi.

Jubelio bisa menyambungkan bisnismu ke beragam marketplace, jasa pengiriman, POS, dan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lainnya. Saat ini kantor pusat Jubelio ada di Jakarta dan bertumbuh cukup pesat.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang strategi omnichannel untuk kebutuhan promosi bisnismu.

Artikel Terkait