Dunia Kerja

Pegawai Negeri Sipil: Pengertian dan Keuntungannya

Pegawai Negeri Sipil

Ajaib.co.id – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu menjadi impian banyak orang–dan tentu para calon mertua juga. Siapa yang tidak mau kerja untuk instansi negara? Banyak yang bilang, jika sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil, artinya hidupnya sudah ditanggung oleh negara.

Lihat saja ketika lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pasti orang berbondong-bondong mendaftar. Dari beribu-ribu pendaftar, yang dibutuhkan dalam satu formasi jumlahnya pun juga hanya beberapa saja. Jadi tentu semua orang berebut kursi PNS walaupun harus ditugaskan ke luar daerah.

Lalu, kenapa sih orang-orang sampai berebut ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil?

Pengertian PNS

Pegawai Negeri Sipil adalah warga negara Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan dan diangkat oleh pejabat yang berwenang untuk diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri atau diserahi tugas negara yang ditetapkan berdasarkan sesuatu peraturan perundang-undangan dan digaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setidaknya inilah pengertian PNS menurut Undang-Undang No 8 Tahun 1974 dalam Bab 1 huruf A.

Menurut UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dijelaskan bahwa ASN terbagi menjadi dua, yaitu Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam UU ASN ini, pengertian PNS yaitu Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintah.

Dari pengertian PNS di atas, dapat disimpulkan bahwa PNS adalah warga negara Republik Indonesia yang sudah memenuhi syarat yang ditentukan lalu diangkat oleh pejabat berwenang menjadi pegawai dan diberikan tugas dalam suatu jabatan dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di seluruh belahan dunia, pasti terdapat PNS, tapi tentu memiliki nama dan pengertian yang berbeda-beda. Dalam bahasa Inggris, PNS disebut dengan Civil Servant atau dapat diartikan sebagai Pelayan Publik. Mereka adalah orang-orang yang bekerja pada Ratu Inggris.

Lalu di Amerika Serikat, PNS disebut dengan Civil Service, yaitu adalah orang-orang yang bekerja pada badan pemerintahan, termasuk juga yang bekerja di Negara Federal (Federal State), Negara (State), dan Lembaga Pemerintah Daerah.

Masing-masing PNS di sana memiliki tugas khusus pada daerah yang dikelola. Dari kedua contoh di atas, yaitu di Inggris dan Amerika Serikat, semuanya mempunyai tugas utama, yaitu melayani kepentingan publik atau rakyat.

Karir PNS

Pengembangan karir bagi PNS diatur dengan jelas dalam UU No 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian perubahan atas UU No 8 Tahun 1974. Pola pengembangan karir PNS adalah berupa pendidikan dan pelatihan, kenaikan pangkat, serta promosi jabatan. Ketiga pola tersebut pada dasarnya saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Dengan pola tersebut, maka pengembangan karier PNS tergantung dari diri masing-masing, apakah ia rajin atau tidak dan mau mendisiplinkan diri dan menaati pertauran yang berlaku.

Keuntungan PNS

Ada beberapa keuntungan menjadi Pegawai Negeri Sipil, inilah beberapa keuntungannya:

1. Gaji Tetap dan Cenderung Naik

Setiap PNS menerima gaji tetap setiap bulannya dan nilainya cenderung selalu naik mengikuti inflasi. Selain gaji, para PNS juga mendapatkan berbagai macam tunjangan yang diatur dalam peraturan pemerintah, termasuk diantaranya gaji ke-13, tunjangan hari raya (THR), dan kendaraan antar jemput.

2. Aman dari PHK

Dari semua profesi, PNS adalah salah satu profesi yang bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). Profesi ini paling aman dari krisis ekonomi dan politik karena separah apapun krisis, negara tetap membutuhkan tenaga PNS yang bekerja mendukung aktivitasnya.

Jika suatu saat lembaga nonnegara yang dibentuk oleh pemerintah atau kementerian tempat PNS bekerja dilebur atau dibubarkan, PNS yang bekerja di lembaga tersebut akan dipindahkan ke kementerian atau lembaga lain yang masih ada.

3. Mendapatkan Pensiun

Pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan hidup PNS dan keluarganya. Tidak mengherankan jika para PNS yang pensiun akan tetap mendapatkan gaji bulanan yang jumlahnya diatur undang-undang. Jika nanti pensiunan PNS laki-laki meninggal dunia, istrinya tetap akan terjamin karena tetap mendapatkan dana pensiun dari suaminya.

4. Memiliki Kemungkinan Pindah Instansi atau Lokasi

Berbeda dengan bekerja di sektor swasta, para Pegawai Negeri Sipil akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau mengundurkan diri.

Hal ini juga berlaku bila punya rencana pindah lokasi. Memang proses pindah instansi membutuhkan waktu dan pengurusan dokumen yang cukup rumit, tetapi hal ini sangatlah umum terjadi.

5. Punya Waktu Luang untuk Bangun Bisnis

Jam kerja PNS bisa dibilang cukup sebentar, yaitu dari jam 08.00-16.00 dalam lima hari kerja (di pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah). Tentu mereka punya waktu luang lebih banyak ketimbang yang bekerja di perusahaan swasta yang bekerja biasanya dari jam 08.00-17.00.

Dengan begini, mereka bisa mendapatkan waktu lain untuk melakukan aktivitas, salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan dan rumahan.

Itulah hal-hal yang perlu diketahui mengenai Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil, sebaiknya kamu bertanya kepada diri sendiri, apakah sudah siap untuk menjadi seorang pelayan masyarakat atau belum, karena tentu tidak mudah untuk menjadi seorang pelayan masyarakat.

Jika kamu sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian tabungan kamu untuk diinvestasikan, salah satunya adalah dengan instrumen investasi reksa dana. Dengan menggunakan instrumen investasi reksa dana, kamu tidak perlu pusing untuk mengatur uang kamu untuk diinvestasikan karena sudah ada manajer investasi yang akan mengaturnya.

Salah satu tempat terbaik untuk berinvestasi reksa dana adalah Ajaib yang bisa kamu download di smartphone kamu. Karena, selain memiliki manajer investasi yang baik dan akan mendapatkan return yang stabil, Ajaib juga memiliki produk reksa dana yang sangat terjangkau. Jadi cocok banget untuk kamu yang baru memulai dunia investasi.

Artikel Terkait