Milenial

Mau ke Bandung? Ini 7 Tempat Wisata Dekat Tol Soroja

tolo soroja

Di kawasan Bandung Utara (Lembang), akses ke kawasan wisata di Bandung Selatan kini sudah ada dengan munculnya jalan tol baru yakni jalan tol Soroja . Jalan tol ini menghubungkan jalur darat ke Lembang dari Pasteur. Sebelumnya wisatawan yang berasal dari luar kota harus siap menembus kemacetan di jalur Pasteur Ledeng sampai dengan Lembang. Ditambah lagi pada saat akhir pekan atau musim liburan tiba yang menyebabkan macet hingga berjam-jam.

Sementara itu, untuk akses menuju ke Selatan, dengan menggunakan jalur dari arah Pasirkoja ke Soreang maka kamu bisa melaluinya hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit. Jika kamu membandingkan ini dengan sebelumnya yang bisa berjam-jam karena saat keluar tol Kopo, jebakan macet siap menghadang dari keluar tol Jln. Sayati, hingga di kawasan Margahayu.

Disisi lain jalan tol Soroja  yang mampu menghubungkan wilayah di Kota Bandung (Pasirkoja) dan wilayah di Kabupaten Bandung (Soreang, Kutawaringin, Margaasih). Dengan panjang jalan tol yang 10,5 km menjadi solusi atas kemacetan yang biasa terjadi di jalur Kopo-Sayati-Margahayu-Soreang.

Dengan adanya jalan tol ini, maka setidaknya ini bisa menjadi salah satu bentuk solusi untuk mengurai kemacetan yang ada di jalur Selatan. Meskipun kamu sudah keluar dari tol Soroja  di GT Soreang ini bahkan tak menjamin perjalanan lancar. Karena, kemacetan justru terjadi di jalur Soreang-Ciwidey karena terjadi fenomena leher botol dimana terjadi penumpukan kendaraan dari keluar tol. Sementara itu, kurangnya infrastruktur jalan di jalur ini yang masih belum ada perubahan yang signifikan. Apalagi jalanannya masih terbilang cukup sempit; melewati pasar dan permukiman; dan jalurnya berbelok-belok, menanjak, serta di pinggirnya terhalang perbukitan.

Meski demikian, seorang wisatawan, yang melewati jalur Ciwidey dan Rancabali yang hingga kini masih menjadi primadona walaupun harus bermacet-macetan saat musim liburan. Sementara itu, tempat wisata di sekitaran keluar Soreang pun pada dasarnya bukanlah hanya di kawasan Ciwidey. Saat ini terdapat banyak tempat wisata di daerah Soreang sampai arah Banjaran yang bisa jadi alternatif bagi para wisatawan.

Jika kamu penasaran, berikut ini beberapa tempat wisata ayng berada dekat dengan tol Soroja , antara lain :

Taman Kota Soreang

Taman ini tetntunya merupakan taman yang paling terdekat apabila kamu menggunakan tol Soroja  keluar Soreang. Taman ini posisinya tidak jauh dari eksit tol, Di taman ini kamu bisa menyambangi wisata taman kota yang persis ada di area Gedung Budaya Sabilulungan. Posisinya terletak di taman yang berada di seberang Masjid Al Fathu. Taman ini bisa jadi tempat rehat sejenak atau beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Ciwidey.

Taman Love Soreang

Taman Love Soreang merupakan taman yang berlokasinya di kawasan Bukit Sadu Soreang. Spot wisata ini menyajikan banyak latar untuk berfotofoto atau sekadar nongkrong. Di taman love soreang ini kamu bisa berfoto di taman ikonik berbentuk hati, di depan pesawat terbang, atau di spot baru yakni kolam renang di atas bukit berbentuk love.

Pesona Nirwana Waterpark

Pesona Nirwana Waterpark ini merupakan sebuah tempat wisata air yang berlokasi di Kampung Legok Jeungjing di Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Kawasan ini dapat diakses dari arah keluar Soroja keluar Soreang, Kantor Pemda Kantor Pemda Kab. Bandung, lalu ke arah kiri menuju desa Panyirapan.

Restoran Kampoeng Sawah

Restoran Kampoeng Sawah memiliki lokasinya yang tidak jauh dari kompleks Kantor Pemkab di Soreang. Di lokasi wisata ini biasa menjadi destinasi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Sunda di saung-saung. Selain itu ada juga beberapa fasilitas kolam dan kolam renang. Bagi kamu yang memiliki hobi foto, di sini pun ada banyak spot menarik buat kamu berfoto. Di kampoeng sawah Soreang bisa jadi destinasi wisata keluarga atau mengadakan kegiatan piknik keluarga maupun gathering.

Rujak Ciherang

Rujak Ciherang merupakan kawasan yang bisa diakses dari keluar tol Soroja  di GT Soreang, yang mana kamu bisa coba menjajal tempat wisata di kawasan Banjaran. Untuk mendatangi tempat ini atau bahkan mengakses tempat ini sangat mudah dimana kamu hanya perlu keluar dari tol dan mengambil jalur ke arah perempatan menuju jalur Jln. Raya Soreang – Banjaran. Dari kawasan jalan Banjaran, selanjutnya kamu bisa menyambangi rujak ciherang sudah lama dikenal di kalangan wisatawan.

Rumah Makan Saung Panyaungan

Rumah makan Saung Panyaungan memiliki tempat kuliner yang berada di Jln. Soreang-Banjaran Km 2 Ciherang, Banjaran, Kab. Bandung. Lokasi kuliner ini berada sangat dekat dengan persawahan dan menyajikan udara nan sejuk.

Dari lokasi ini, kamu bisa memandang perbukitan yang menghias kota Bandung selatan dan tentunya kamu dapat menikmati aneka makanan khas pedesaan. Kebanyakan pengunjung bisa pesan bakar/goreng, ayam bakar/goreng, nasi tutug oncom, nasi timbel, dan sebagainya. Sementara untuk pilihan menu ikan yang menjadi andalan di sini. Maka kamu bisa memesan ikan mas, nila, atau gurame bakar/goreng.

Pada beberapa lokasi wisata lainnya di Banjaran yang bisa kamu sambangi terdapat Waterboom Cahaya Abadi, Gunung Puntang (kopi Priangan dan tempat camping), Mountain Breeze, Kampung Batu Malakasari/Tektona Waterpark.

Kawasan Wisata Ciwidey

Kawasan wisata Ciwidey tentunya menjadi destinasi wisata pilihan bagi kamu yang keluar dari tol Soroja  GT Soreang. Saat ini ada banyak kawasan wisata yang hadir di tempat-tempat wisata baru yang sudah dipoles dan makin menarik perhatian.

Adapun salah satunya adalah keberadaan dermaga ponton di Kawah Putih, Rancabali. Bahkan juga ada Glamping Lakeside di Situ Patenggang yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Jika berkunjung ke Ciwidey maka tidak lengkap jika kamu tidak berendam di pemandian air panas, seperti di Ciwalini dan Cimanggu.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai tujuh tempat wisata yang dekat dengan tol Soroja  yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa men-download aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait