Panduan Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk Karir Cemerlang

Panduan Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk Karir Cemerlang
Panduan Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk Karir Cemerlang

Fresh graduate atau tidak, rekomendasi adalah hal yang sangat penting bagi karirmu. Keberadaannya menjadi aset tak ternilai untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik apalagi jika berasal dari orang yang tepat. Rekomendasi sendiri sebenarnya banyak bentuknya bisa berupa surat, surel, dan telpon. 

Surat rekomendasi adalah bentuk yang paling efisien karena bisa digunakan untuk banyak kesempatan sekaligus. Bandingkan dengan rekomendasi via telpon atau email yang harus dilakukan berulang-ulang. Pastikan kamu menyertakan dokumen ini dalam aplikasi kerjamu karena dijamin akan langsung meningkatkan peluang direkrut HRD. 

Cari orang yang Bisa Memberikan Referensi Positif

Carilah surat rekomendasi dari orang yang bisa memberikan surat rekomendasi dan referensi positif soal kemampuan, keahlian, dan kinerjamu. Referensi ini bisa didapatkan dari mantan atasan atau dosen yang pernah bekerja sama.

Ajukan permintaan rekomendasi via email

Permintaan rekomendasi akan sangat lebih baik jika dilakukan secara langsung. Namun jika terbatas ruang dan waktu, lakukan via emaail agar permintaanmu tersampaikan dengan jelas. Berikan alasan kenapa itu penting dan orang itu yang diminta memberikan rekomendasi.  

Kadangkala ada yang belum paham benar tujuan rekomendasi ini maka garisbawahi permintaamu dengan detail. Bisa menggunakan kalimat, “Saya berniat mencari peluang karir lain, apakah Anda selaku mantan atasan bisa memberikan referensi mengenai kemampuan analisis dan akuntansi saya?

Berikan waktu yang cukup

Jangan meminta surat rekemendasi dengan terburu-buru. Selain mungkin saja pemberi rekomendasi sibuk, butuh waktu khusus untuk memberikan referensi yang baik. Ajukan dulu permintaanmu dan setelah disetujui baru memberikan materi yang dibutuhkan. 

Hubungi pemberi referensi dengan cara yang sopan dan baik salah satunya dengan memperkenalkan diri lebih dulu. Berikan latar pengalaman kerjamu bersama orang tersebut agar lebih jelas. Bisa saja orang tersebut tidak ingat namamu sehingga sulit memberikan rekomendasi yang tepat. 

Langsung dan jelas

Kamu juga bisa memberikan arahan pada si pemberi rekomendasi tentang apa saja yang harus diulas sesuai dengan kebutuhan. Jika pekerjaan yang dituju membutuhkan pribadi yang pekerja keras maka pastikan surat rekomendasimu berisikan soal itu. 

Sampaikan permintaan dengan maksud dan tujuan yang jelas, bukan hanya pekerjaan namun juga keahlian yang dimiliki. Kamu bisa menggunakan kalimat seperti, “Bu, bisakah rekomendasi yang diberikan menekankan pada disiplin dan kemampuan riset saya?

Sertakan resume dan deskripsi pekerjaan yang akan dituju

Setelah mendapatkan persetujuan untuk memberi rekomendasi, kirim bahan pendukungnya. Materi yang wajib ada adalah resume terbaru serta detail pekerjaan yang ingin dilamar dengan rekomendasi ini. Pastikan semua unsur penting tersedia sehingga bisa disebutkan dalam rekomendasi yang akan disusun. 

Jaga hubungan baik dengan si pemberi rekomendasi

Ucapkan terima kasih setelah surat rekomendasi didapatkan. Orang tersebut sudah meluangkan waktu untuk membantumu meningkatkan karirmu dengan rekomendasi darinya. Lebih baik lagi jika terus menjaga hubungan baik dengan orang tersebut karena ada kalanya surat rekomendasi harus diperbaharui, apalagi jika dia orang penting di industri. 

Kalau kamu sukses mendapat pekerjaan dengan bantuan surat rekomendasi itu, jangan lupa sampaikan rasa terima kasih atas bantuannya. Berikan kabar soal hasil seleksi, baik gagal maupun sukses, agar mendatang tetap bersedia membantumu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait