4 Kesalahan Finansial yang Tidak Kamu Inginkan di Usia 20-an

4 Kesalahan Finansial yang Tidak Kamu Inginkan di Usia 20-an
4 Kesalahan Finansial yang Tidak Kamu Inginkan di Usia 20-an

Banyak millenial yang tidak menyadari bahwa gaya hidupnya bisa membawa mereka terjerumus pada kegagalan finansial di masa muda dan berpengaruh hingga masa tua. Kamu perlu berhati-hati dengan uang kamu, karena keputusan yang kamu buat hari ini dapat menghantui kamu selama bertahun-tahun. Hindari membuat kesalahan finansial besar ini di usia 20-an.

Kebiasaan buruk dengan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit kamu untuk setiap pembelian adalah kesalahan finansial yang paling sering membuat millenial terjebak dalam mimpi buruk ini. Dengan suku bunga kartu kredit mendekati 20%, utang Rp10.000.000 yang tidak dibayar, dapat berubah menjadi Rp24.000.000 hanya dalam lima tahun. Jadi, jangan membeli apa pun secara kredit kecuali kamu dapat melunasinya dengan cepat. Dan, biasakan membayar seluruh tagihan kartu kredit kamu secara penuh setiap bulan.

Tidak menabung untuk keadaan darurat

Kamu tidak pernah tahu kapan tagihan darurat akan muncul. Di usia 20-an, kamu mungkin hidup dari gaji ke gaji, menghasilkan uang yang cukup untuk membayar tagihan. Tetapi jika kamu tidak memiliki uang yang disimpan dalam dana darurat, kamu akan menemukan diri kamu dalam masalah keuangan yang serius jika mobil kamu rusak atau tiba-tiba kamu sakit dan membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Kamu perlu menyisihkan cukup uang untuk menutupi biaya hidup selama tiga hingga enam bulan, untuk berjaga-jaga. Jika kamu memiliki utang untuk dilunasi, mulailah dengan jumlah kecil untuk tabungan darurat – dan secara bertahap tambahkan nominalnya.

Menghabiskan lebih dari penghasilan kamu

Jika kamu menghabiskan semua yang kamu hasilkan, tidak ada lagi yang tersisa untuk membangun masa depan. Mungkin kamu tergoda untuk menghabiskan terlalu banyak liburan, pakaian, mobil, furniture untuk rumah pertama kamu, atau bahkan barang-barang untuk kamar anak ketika tiba saatnya untuk menambah momongan pada keluarga kamu.

Tetapi ketika gaji kamu tidak cukup untuk menutupi hal-hal itu, kamu harus mengandalkan kredit. Halo utang! Bebaskan diri kamu dari mimpi buruk ini dan hiduplah sesuai kemampuan kamu. Berbelanja untuk penawaran, minta bantuan, dan cari penawaran terbaik dan termurah selagi bisa. Dan yang terpenting, hindari membeli barang-barang mahal untuk mengesankan orang.

Menunda-nunda untuk berinvestasi

Berinvestasi dengan aplikasi sangat mudah, siapa pun dapat melakukannya. Aplikasi investasi mudah digunakan untuk pemula. Penasihat keuangan setuju bahwa berinvestasi adalah cara tercepat dan cara untuk membangun kekayaan kamu. Mulai di usia 20-an kamu akan memberi uang kamu cukup waktu untuk tumbuh menjadi tabungan yang besar di masa depan.

Platform investasi online membuat investasi lebih mudah dari sebelumnya. Aplikasi dan layanan investasi otomatis seperti Ajaib menggunakan algoritma komputer dan kemampuan para ahli di bidang investasi untuk membuat dan memantau portofolio saham dan obligasi yang ideal untuk kamu, dan memberi kamu return terbaik. Kamu bahkan dapat mengatur setoran otomatis ke akun investasi kamu – sehingga kamu dapat menumbuhkan kekayaan saat kamu tidur.

Itulah beberapa kesalahan finansial yang sering dilakukan millenial dan bisa berakibat fatal hingga masa depan. Jadi, jika tidak ingin masa depan yang burk, cobalah mulai mengelola finansial kamu dengan benar. Jika kamu bukan orang yang gampang menabung dan selalu ingin beli barang yang belum tentu benar-benar dibutuhkan, kamu bisa mengelola keuangan dengan memulai berinvestasi di Ajaib dan mulai menabung dana pensiun. Yuk buat kondisi finansialmu lebih baik, masa sekarang dan nanti.

Bacaan menarik lainnya:

Sirri, E. R., & Tufano, P. (1998). Costly search and mutual fund flows. Journal of finance, 1589-1622.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait