Bisnis & Kerja Sampingan

Official Store Tokopedia, Apa Saja Kelebihannya?

official-store-tokopedia

Ajaib.co.id – Perkembangan e-commerce sudah terjadi di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Pengelola e-commerce terus meningkatkan layanan tak hanya bagi target konsumen, tapi juga mitra atau merchant. Salah satunya terlihat pada e-commerce Tokopedia yang menyediakan layanan official store.

Official store pada platform Tokopedia diperuntukkan bagi penjual pilihan. Tujuannya agar mereka bisa mengembangkan usahanya secara eksklusif.

Penjual pilihan yang termasuk official store Tokopedia tak harus perusahaan. Individu yang tergabung dalam tim kecil pun bisa menjadi official store. Yang penting, penjual tersebut sudah menghasilkan penjualan, baik secara online maupun offline.

Tokopedia menetapkan sejumlah syarat agar bisa terdaftar di official store. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

Tipe individu

·    Kartu Tanda Penduduk (KTP) pejabat yang akan menandatangani kontrak

·    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perorangan

·    Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)/Izin Operasional/Nomor Induk Berusaha (NIB)

·    Tanda Daftar Perusahaan (TDP)/Nomor Induk Berusaha (NIB)/Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

·    Hak Merk Dagang (HAKI)/Surat Penunjukan Distributor Resmi

·    Surat Izin Edar Kementerian Kesehatan RI untuk kategori tertentu

·    Sertifikat Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) untuk kategori tertentu

·    Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk kategori tertentu

Tipe badan usaha

·    Sudah mendapatkan izin usaha dengan tercatat di Kementerian Perdagangan serta memiliki karyawan di dalam menjalankan bisnis

·    Akta Perusahaan/Tap Menteri Hukum dan HAM

·    Kartu Tanda Penduduk (KTP) pejabat yang akan menandatangani kontrak

·    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan

·    Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)/Izin Operasional

·    Tanda Daftar Perusahaan (TDP)/Nomor Induk Berusaha (NIB)/Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

·    Hak Merk Dagang (HAKI)/Surat Izin Distribusi/Sertifikat Merk

·    Surat Penunjukan Distributor Resmi

·    Surat Izin Edar Kementerian Kesehatan RI untuk kategori tertentu

·    Sertifikat Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) untuk kategori tertentu

·    Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk kategori tertentu

·                           

Untuk mendaftarkan diri menjadi official store, penjual cukup membuka link yang telah disediakan oleh Tokopedia.

Jika sudah terdaftar menjadi official store Tokopedia, penjual wajib memastikan ketersediaan barang atau produknya. Penjual juga harus memastikan bahwa barang di tokonya original dan menetapkan harga kompetitif.

Tokopedia akan mengevaluasi kinerja penjual. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan security deposit yang penjual berikan di awal pendaftaran. Bila kinerjanya baik, deposit milik penjual akan tetap utuh.

Peninjauan registrasi official store Tokopedia biasanya memerlukan waktu tujuh hari. Sambil menunggu peninjauan, penjual tetap dapat berjualan di Tokopedia dengan memanfaatkan layanan lainnya, yaitu Regular Merchant, Power Merchant, atau Power Merchant PRO.

Penjual yang masuk kategori official store Tokopedia memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan Regular Merchant, Power Merchant, atau Power Merchant PRO. Kelebihan tersebut antara lain:

Lebih mudah dicari

Tokopedia memiliki halaman ataupun bagian khusus untuk official store. Tak hanya itu, tambahan badge khusus untuk official store pun disematkan. Hal ini meningkatkan visibilitas toko online yang termasuk official store. Dengan kata lain, keberadaan toko online itu bisa lebih terlihat saat pengguna mengunjungi platform Tokopedia untuk mencari suatu barang.

Tampilan lebih menarik

Tokopedia juga menyajikan tampilan official store di aplikasi atau website-nya lebih eye catching. Dengan tatanan lebih rapi dan elegan, pembeli pun akan lebih betah mengeksplorasi isi official store. Dari sekadar melihat-lihat, ada potensi untuk membeli produk official store.

Akses data penjualan

Tokopedia juga menawarkan akses terkait data penjualan yang lebih rinci kepada official store. Hal ini bisa membantu merchant official store untuk merencanakan strategi pemasaran dan penjualan yang lebih tepat ke depannya.

Mendapatkan promo khusus

Merchant official store juga berkesempatan mendapat promo khusus pada periode waktu tertentu. Hal ini tentu bisa menarik calon pembeli lewat promo-promo tersebut. Penjual juga diberi kebebasan untuk merencanakan dan mengatur diskon sesuai anggaran.

Mendapatkan kepercayaan pelanggan

Terakhir dan paling penting, official store akan memberikan rasa aman dan kepastian kepada calon pembeli saat membeli barang. Pasalnya, pembeli tidak perlu takut terjebak penipuan saat belanja dari official store.

Tak hanya itu, beberapa e-commerce, seperti Tokopedia, menawarkan asuransi gratis untuk semua barang. Hal ini tentunya akan membuat pembeli lebih yakin untuk membeli dari toko official store.

Dari sisi pembeli, berbelanja di official store Tokopedia juga memiliki sejumlah keuntungan. Tokopedia memberikan tiga jaminan khusus untuk pembeli official store, yakni Pasti Ori, Pasti Ready, dan Garansi Barang tujuh hari.

Selain itu, Tokopedia juga memberikan Tantangan (TopQuest) untuk pembeli dengan status atau kategori tertentu. Jika memenuhi Tantangan tersebut, pembeli bisa mendapat extra benefit, seperti cashback, dengan membeli di official store.

Official store Tokopedia dan e-commerce lainnya telah menunjukkan kelebihannya, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Sebagai peluang usaha, official store tetap menjanjikan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pandemi Covid-19 telah selamanya mengubah perilaku belanja online, menurut survei terhadap sekitar 3.700 konsumen di sembilan negara berkembang dan maju belum lama ini. Survei tersebut menunjukkan, lebih dari separuh responden survei kini lebih sering berbelanja online dan lebih mengandalkan internet untuk berita, informasi terkait kesehatan, dan hiburan digital. Konsumen di negara berkembang telah mempercepat pergeseran menuju dunia yang lebih digital.

Memang, banyak negara, termasuk Indonesia, terpukul keras oleh pandemi Covid-19. Perilaku konsumen pun telah berubah dengan jelas sebagai imbasnya. Namun, digitalisasi telah membuka peluang bagi bisnis di dunia baru. Digitalisasi memungkinkan fleksibilitas operasional dan pengalaman pelanggan yang lebih baik dalam ekonomi yang beradaptasi dengan Covid-19.

Artikel Terkait