Milenial

Mudahkan Pelanggan, ShopeePaylater Beri Keringanan Bayaran Tagihan

shopeepaylater memberi keringanan pembayaran tagihan
sumber: cinderberrystitches.typepad.com

Ajaib.co.id – Beli sekarang, bayarnya nanti! Pasti kamu semua sudah tahu apa maksud dari slogan tersebut. Ya, fitur paylater di sejumlah online shop atau e-commerce sedang menjadi tren terutama di kalangan anak muda. Salah satunya adalah ShopeePaylater, fitur milik Shopee ini memungkinkan penggunanya untuk membeli produk namun pembayarannya dilakukan pada bulan berikutnya.

Meskipun fitur paylater dirasa memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya, tetapi di masa pandemi virus Covid-19 saat ini memberikan dampak yang begitu luas. Kemungkinan gagal bayar jelas menghantui perusahaan peminjam dana. Maka dari itu banyak perusahaan akhirnya memberikan keringanan pembayaran utang kepada pelanggannya, termasuk Shopee.

ShopeePaylater menawarkan kepada para pengguna aktif Shopee mendapatkan kemudahan dalam berbelanja berupa pinjaman instan dengan bunga yang minim. Akan tetapi dampak dari pandemi virus corona membuat banyak orang enggan untuk mengambil pinjaman untuk pembelian barang dan jasa. Melalui laman resmi Shopee, salah satu bisnis e-commerce terbesar di Indonesia ini memberikan kebijakan restrukturisasi utang untuk membayar tagihan.

Namun, keringanan tersebut hanya dapat diaktifkan bagi pengguna terpilih yang menerima notifikasi lewat aplikasi Shopee dan Whatsapp langsung dari tim ShopeePaylater. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara Menggunakan Keringanan Pembayaran Utang ShopeePaylater

Bagi kamu pengguna aktif Shopee yang menerima keringanan pembayaran melalui restrukturisasi utang, berikut ini cara menggunakannya:

  • Klik tab “Saya”, kemudian pilih “ShopeePaylater”.
  • Kamu akan menerima pesan berisi mendapatkan kebijakan rekstrukturisasi utang. Setelah itu klik “Bayar”.
  • Masukkan jumlah minimum pembayaran yang akan dibayarkan, lalu klik “Metode Pembayaran”.
  • Untuk pembayaran bisa dilakukan melalui ShopeePay, Indomaret atau dengan Virtual Account. Selanjutnya klik “Konfirmasi”.
  • Berikutnya apabila kamu membayar pada waktu dan nominal yang sesuai seperti notifikasi, secara otomatis nantinya tanggal jatuh tempo pembayaran sisa tagihan kamu bakal diperpanjang sampai 1 bulan ke depan.

Perlu di ingat juga jika kamu terlambat melakukan pembayaran sesuai jatuh tempo dan nominal yang tercantum pada notifikasi, keringanan restrukturisasi utang langsung hangus. Selain itu tampilan menu ShopeePay later kamu akan Kembali seperti awal lagi.

Pengguna Shopee aktif juga bisa mengajukan permohonan keringanan pembayaran tagihan maksimal 3 kali pengajuan. Perlu dicatat bahwa setiap kali pengajuan restrukturisasi akan ada biaya yang dibebankan. Besaran biaya tersebut akan ditentukan kemudian dan masuk ke tagihan kamu di bulan berikutnya.

Cara Daftar ShopeePaylater Bagi Pengguna Baru

Bagi pengguna Shopee baru juga bisa mendapatkan keringanan tersebut, asalkan memenuhi beberapa syarat tertentu. Namun, bagi kamu yang ingin berbelanja secara kredit tapi tidak memiliki kartu kredit, bisa mencoba fitur ShopeePaylater.

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum menggunakan ShopeePaylater, yaitu:

  • Akun Shopee kamu harus sudah terdaftar dan terverifikasi.
  • Minimal akun Shopee berusia 3 bulan.
  • Akun Shopee aktif digunakan bertransaksi.
  • Aplikasi Shopee harus selalu di update.

Sementara limit kredit yang disediakan mulai dari Rp750 ribu sampai Rp ]1,8 juta. Sedangkan pembayaran tagihannya pastikan sudah kamu bayarkan sebelum tanggal 25 setiap bulannya. Jika terlambat membayar, akan ada denda sebesar 5%.

Sebelum menggunakannya, kamu harus mengaktifkan ShopeePaylater terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

  • Klik tab “Saya”, pilih ShopeePaylater
  • Kemudian “aktifkan sekarang”.
  • Selanjutnya masukkan Kode OTP yang dikirim lewat SMS ke ponsel kamu, lalu klik “Lanjut”.
  • Setelah itu unggah foto KTP kamu.
  • Masukkan juga Kontak Darurat yang bisa dhubungi, lalu klik “Lanjut”.
  • Terakhir lakukan Verifikasi Wajah.
  • Jika sudah, kamu akan menerima notifikasi bahwa ShopeePaylater kamu sedang diproses.

Setelah aktif kamu bisa langsung menggunakannya untuk belanja, tapi ingat jangan sampai telat bayar. Kalau sampai telat, tidak hanya dikenakan denda namun juga ada sanksi lain berupa pembekuan akun Shopee, pembatasan penggunaan voucher. Selain itu, data kamu akan tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Jangan Kalap Berbelanja Online

Kemudahan yang ditawarkan jenis bisnis marketplace seperti fitur ShopeePaylater ini, jangan sampai membuatmu kalap. Lebih baik penggunannya untuk keadaan mendesak saja sehingga apa yang jadi kebutuhan sehari-hari kamu terpenuhi. Sementara ketika berdiam diri di rumah buat jadi lebih produktif dan menghasilkan. Bagi kamu penjual dan pembeli tetap bisa tetap berada dirumah sambil mendatangkan passive income dengan berinvestasi, baik itu reksa dana ataupun saham.

Jika kamu tertarik investasi saham, ada satu platform yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi saham, yaitu Ajaib. Kenapa harus di Ajaib? Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik dan berbeda dari aplikasi trading sejenis lainnya.

  • Real-Time Update. Pertama ada fitur bernama “Ajaib Alert”. Lewat fitur ini investor akan mendapat 3 notifikasi, yaitu signal jual/beli, berita naik/turun saham, dan aksi korporasi. Dengan begitu kamu tidak perlu berkali-kali buka aplikasi untuk cek portfolio.
  • Tidak Ada Batasan Minimum Modal. Di Ajaib, berinvestasi saham bisa dimulai dengan modal berapapun selama bisa membelinya sesuai ketentuan. Bagi yang punya modal pas-pasan aplikasi ini jadi pilihan menarik.
  • Biaya Transaksi Murah. Ini jadi salah satu keunggulan Ajaib. Seringkali investor saham memulai dengan modal kecil tapi membengkak di biaya transaksi jual/beli sahamnya.
    Fee broker sebesar 0,10% untuk beli, dan untuk jual 0,08%. Namun, ini belum termasuk biaya untuk levy (KSEI, KPEI, IDX), PPn dan PPh untuk transaksi jual.
  • Fitur Fundamental dan Teknikal. Ada beberapa orang tidak ingin repot memikirkan saham apa yang ingin dibeli. Aplikasi ini menyediakan fitur fundamental seperti Competitive Ranking untuk mengetahui masing-masing kekuatan emiten. Selain itu ada fitur teknikal yang memberikan sinyal indikator kepada investor untuk jual/beli.
  • Gratis Saham. Pernahkah ada platform trading yang menawarkan gratis saham? Di Ajaib kamu bisa berpeluang mendapatkan saham gratis. Caranya dengan mengajak teman atau saudara ikut berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib.

Jadi, akan lebih menguntungkan jika kamu menyisihkan sebagian dana untuk investasi. Dengan begitu kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik.

Artikel Terkait