Saham

Aplikasi Saham yang Diawasi OJK dan Kiat Investasinya

aplikasi saham yang diawasi ojk

Ajaib.co.id – Hampir semua perusahaan sekuritas memberikan kemudahan bertransaksi kepada para investor, yaitu melalui aplikasi. Apa saja aplikasi saham yang diawasi OJK?

Kini, investasi saham tidak rumit. Dulu, investor yang ingin menanamkan modal pada pasar modal harus menyambangi kantor perusahaan sekuritas dan jika ingin membeli saham harus menelepon sang pialang atau broker. Masih ada yang melakukan dengan cara tersebut. Sah-sah saja.

Namun bagi orang yang sibuk dan mobile, ia tidak sempat menyambangi kantor sekuritas. Di sisi lain, ia sangat ingin berinvestasi saham. Masalah tersebut direspon oleh perusahaan sekuritas. Mereka menawarkan fasilitas membuka rekening efek via daring atau online.

Dalam laman Bursa Efek Indonesia (BEI), idx.co.id, menuliskan daftar perusahaan sekuritas yang memiliki fasilitas membuka rekening efek online. Jangan khawatir mengenai legalitasnya. Karena perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di BEI telah mengantongi izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah kamu selesai membuat rekening efek, perusahaan sekuritas akan memintamu mengunduh aplikasi saham. Di aplikasi itu, kamu bisa bertransaksi (beli dan jual), memantau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan saham yang ingin dibeli, serta membaca berita pasar modal terbaru.

Aplikasi Saham yang Diawasi OJK

Apakah aplikasi diawasi oleh OJK? Ya, tentu saja. Aplikasi saham yang diawasi OJK yaitu:

PT Takjub Teknologi Indonesia (AJAIB), IndoPremier (IPOTGO), Mandiri Sekuritas (MOST), BNI Sekuritas (esmart), CGS-CIMB Sekuritas (CGS-CIMB iTrade), BCA Sekuritas (BCAS BEST MOBILE), RHB Sekuritas Indonesia (RHB TRADESMART), Mirae Asset Sekuritas (Neo HOTS Mobile), Phillip Sekuritas Indonesia (POEMS ID), Trimegah Sekuritas (Trima for Mobile), dan masih banyak lagi.

Pengawasan OJK antara lain menyusun dan melaksanakan peraturan di pasar modal, menganalisis hingga mengawasi lantai bursa, serta menjalankan penegakan hukum seperti peringatan tertulis, pencabutan izin usaha, hingga pembatalan persetujuan dan pendaftaran. OJK tak main-main dalam pelanggan yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas.

Hal tersebut dilakukan untuk kenyamanan para investor. Buat kamu yang berencana membuka rekening efek, selain melihat legalitas perusahaan sekuritas, cek reputasinya. Pastikan perusahaan tidak terlibat kasus hukum, berapa modal kerja bersih disesuaikan (MKBD), serta review dari investor atau kerabat dekat yang telah menggunakan jasanya.

Kiat Investasi Saham Ketika Bursa Anjlok

Awal 2020, bursa memperlihatkan performanya. Hal tersebut terlihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka pada level 6,283.58 (02/01/2020). Namun penguatan hanya berlangsung hingga 17/01/2020 di level 6,291.66.

Setelah itu, IHSG anjlok karena situasi global yang terdampak virus korona atau covid-19. Bahkan memasuki Maret, bursa makin morat-marit. Pada penutupan perdagangan Jumat (20/03/2020), IHSG di level 4,194.94, tetapi nilai tersebut naik 89,52 poin dari penutupan sebelumnya, Kamis (19/03/2020).

Kondisi saat ini jangan menyurutkan langkah kamu untuk berinvestasi. Mumpung harga sedang turun, investasikan danamu. Seperti kata investor Lo Kheng Hong, investasi ketika harga turun dan jual saat harga naik. Namun jangan asal berinvestasi. Agar kamu memperoleh cuan saat kondisi ekonomi sudah stabil, pilih saham yang potensial:

  • Saham dengan fundamental bagus akan cepat pulih saat situasi politik dan ekonomi membaik. Bukan tak mungkin saham akan memberikan cuan yang lumayan.

Dilansir dari Okezone.com (14/02/2020), saham yang relatif tahan banting melewati krisis adalah a) saham sektor farmasi. Pasalnya, obat-obatan dibutuhkan oleh orang sakit dan orang sehat memerlukan multivitamin, serta sektor ini cepat pulih dari kondisi ekonomi yang morat-marit.

b) Sektor perbankan memiliki daya bangkit paling cepat, jika kondisi ekonomi stabil. Hal ini berlaku sebaliknya. Karena ekonomi yang stabil akan membuat pengusaha memperoleh modal usaha ke pihak bank.

c) Sektor makanan dan minuman cukup kuat melewati krisis ekonomi. Hal ini dikarenakan setiap orang membutuhkan makan dan minum. Terutama perusahaan yang memiliki produk makanan instan dan kudapan.

d) Sektor lain seperti otomotif, real estate, konstruksi, ritel memerlukan waktu cukup lama untuk pulih dari kondisi yang morat-marit. Sektor tersebut cukup terpuruk dari krisis ekonomi.

  • Tahan, jika saham yang kamu beli turun harga. Jika menjualnya sama saja merugi. Tahan dulu dan lihat perkembangan ke depan, mengingat investasi saham bersifat jangka panjang.
  • Perbarui informasi. Aplikasi saham yang diawasi OJK, pada umumnya memiliki kanal berita. Sebaiknya kamu memperbarui informasi melalui kanal tersebut.

Alternatif Investasi Saham

Jika masih berpikir-pikir berinvestasi saham, ada alternatif lain. Kamu bisa investasi saham melalui reksa dana. Terutama pada jenis reksa dana saham dan reksa dana campuran.

Reksa dana merupakan investasi yang menghimpun dana masyarakat, setelah itu dana akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi (MI). Reksa dana memiliki empat jenis, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran.

Reksa dana saham merupakan investasi yang mengalokasikan dana ke instrumen saham setidaknya 80 persen dan sisanya ke instrumen pasar uang dan/atau obligasi. Karakteristik investasi jenis ini memberikan imbal hasil tinggi, risiko juga tinggi, dan cocok buat investasi jangka panjang.

Sedangkan reksa dana campuran akan menginvestasikan dana pada instrumen efek bersifat utang dan ekuitas. Karakteristik investasi ini imbal hasil dan risiko moderat, serta untuk investasi jangka menengah.

Berinvestasi reksa dana seperti saham, bisa dilakukan melalui daring. Kamu cukup mengunduh aplikasi, salah satunya Ajaib, dan isi semua kolom dengan saksama. Setelah akun terverifikasi, kamu bisa langsung berburu reksa dana.

Bukan hanya membantu kamu melakukan investasi reksa dana, kini aplikasi investasi AJAIB juga bisa membantu kamu melakukan jual beli saham dengan mudah, dari mana dan kapan saja. Dengan modal mulai dari Rp100 ribu, kamu sudah bisa memulai investasi saham di Ajaib.

Kamu juga bisa mengecek berbagai macam emiten perusahaan dan mengecek kinerjanya dengan tepat. Sehingga kamu bisa melakukan investasi saham lebih tepat dan juga bisa menguntungkan investasi di masa depan. Untuk mengetahui tren ataupun berita terbaru di dunia saham, AJAIB juga bisa membantu kamu mengetahuinya. Di mana, dalam aplikasi untuk berinvestasi ini, kamu akan melihat berita terkini tentang perusahaan saham juga bisa mengecek kinerja saham dengan mudah. Jadi tunggu apalagi? Investasi sekarang juga di Ajaib dan dapatkan return terbaikmu mulai hari ini.

Artikel Terkait