Ajaib, Pengumuman

Begini Cara Investasi di Ajaib dengan Mudah dan Praktis

cara investasi di ajaib

Ajaib.co.id – Bagaimana cara investasi di Ajaib? Yuk simak artikel yang sudah redaksi Ajaib siapkan berikut ini.

Intrumen investasi reksa dana merupakan investasi yang pas untuk generasi milenial. Sebab, reksa dana adalah produk investasi yang dikenal aman, mudah untuk dibeli dan dijual, dan juga memiliki harga yang terjangkau bagi kantong-kantong kaum milenial. Sebelumnya, saat kamu ingin berinvestasi dan membeli produk reksa dana, kamu harus datang langsung ke bank ataupun perusahaan sekuritas yang bersangkutan. Cara-cara konvensional tersebut sudah dianggap kuno oleh anak-anak muda zaman now. Lantaran, kini sudah banyak layanan investasi online yang menjual produk-produk reksa dana. Salah satunya adalah Ajaib, nah bagi kamu yang ingin berinvestasi reksa dana di Ajaib. Berikut cara investasi di Ajaib dengan mudah dan tanpa ribet.

Bagaimana Cara Investasi di Ajaib saat Ingin Membeli Reksa dana?

Sebelum kamu memulai investasi reksa dana pertamamu di Ajaib, kamu perlu memiliki akun Ajaib terlebih dahulu. Platform Ajaib saat ini bisa kamu akses melalui website dan juga aplikasi secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Investasi Reksa Dana di Ajaib via Aplikasi

Bagi kamu yang ingin berinvestasi reksa dana di Ajaib lewat aplikasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Ajaib di Google Play Store atau App Store di ponsel pintarmu.
  2. Kalau kamu sudah berhasil mengunduh aplikasi Ajaib, kamu bisa buka aplikasi tersebut, selanjutnya, kamu perlu mengisi data pribadi seperti nomor ponsel, alamat email aktif, kode sandi, dan juga bisa kamu masukkan kode referral jika ada. Kode referral ini berguna agar kamu bisa mendapatkan reksa dana secara gratis. Lalu klik Daftar.
  3. Masukkan verifikasi nomor ponsel pintar yang kamu daftarkan, jika kamu mengalami kendala saat verifikasi nomor ponselmu, kamu bisa segera langsung menghubungi customer service Ajaib. Selain itu, kamu juga perlu melakukan verifikasi via email.
  4. Selanjutnya, kamu perlu mengisi data profil yang diwajibkan oleh OJK yang terdiri dari 4 tahapan. Pada tahap pertama, kamu perlu mengisi pertanyaan berdasarkan pengalamanmu berinvestasi, penghasilan, tujuan dan durasi investasi untuk OJK, Lalu klik Lanjut.
  5. Tahap kedua, kamu perlu melakukan verifikasi identitas, dengan cara mengunggah KTP dan memasukkan NIK, Lalu klik Lanjut.
  6. Tahap ketiga, kamu harus mengisi alamat rumah yang akan digunakan oleh Manajer Investasi (MI) untuk mengirimkan laporan bulanan, lalu klik Lanjut.
  7. Tahap keempat atau terakhir, kamu akan diminta untuk mengisi informasi terkait rekening bank, hal ini untuk mempermudah kamu saat ingin menarik hasil investasimu nantinya. Pastikan, bahwa nomor rekening bank yang kamu daftarkan sesuai dengan KTP, lalu klik Lanjut.
  8. Jika sudah melalui langkah-langkah registrasi untuk pembuatan akun di aplikasi Ajaib, berarti akun Ajaibmu sudah bisa kamu gunakan untuk membeli produk-produk reksa dana terbaik.
  9. Setelah kamu berhasil registrasi akun Ajaib milikmu dan ingin membeli produk reksa dana di Ajaib, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

Cara Beli Reksa Dana di Aplikasi Ajaib

  • Masuk ke akun Ajaib yang sudah kamu daftarkan sebelumnya, di menu Beranda kamu bisa menemukan beragam pilihan produk reksa dana seperti syariah, risiko terendah, terpopuler, dan reksa dana lainnya.
  • Kamu bisa memilih salah satu dari produk reksa dana tersebut, setelah itu kamu bisa klik salah satu dari produk reksa dana yang ditawarkan, kamu bisa melihat performa, keterangan, hingga mengetahui potensi tingkat return dari reksa dana yang kamu pilih tersebut dalam satu tahun.
  • Jika kamu ingin membeli produk reksa dana tersebut, kamu bisa klik menu Investasi Sekarang dengan memasukkan jumlah nominal dana yang ingin disetorkan, kemudian klik Setor.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memilih metode pembayaran yang ingin digunakan, yaitu transfer manual BCA atau melalui OVO. Jika kamu memilih menggunakan transfer manual BCA, namun rekening bank yang kamu daftarkan bukan bank BCA, kamu akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp6.500.
  • Kalau kamu memilih menggunakan metode pembayaran transfer manual BCA, kamu akan diberikan nomor rekening bank yang ingin ditransfer beserta nominalnya.
  • Ketika kamu sudah melakukan pembayarannya, jangan lupa untuk foto atau screenshot bukti transfer tersebut, untuk konfirmasi setoran kamu bisa ke menu Transaksi di aplikasi Ajaib untuk mengunggah bukti transfermu tersebut yang bisa kamu ambil dari galeri ponsel pintar milikmu. Lalu klik Konfirmasi.
  • Produk reksa dana yang kamu beli tersebut bisa kamu pantau melalui menu Invest.
  • Setelah kamu berinvestasi reksa dana di Ajaib, dan produk reksa dana yang kamu beli tersebut telah mengalami pertumbuhan tingkat return, kamu pasti ingin mencairkan atau menariknya kembali. Untuk melakukan penarikan hasil investasi reksa dana di Ajaib, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Ajaib dengan langkah-langkah berikut:

Cara Penarikan Investasi Reksa Dana di Ajaib

  • Kamu bisa buka aplikasi Ajaib, kemudian klik menu Invest.
  • Setelahnya kamu bisa pilih reksa dana berdasarkan kategori yang kamu investasikan, contohnya saja Investasi Umum.
  • Kamu bisa klik pilihan Investasi Umum, setelahnya akan ada tampilan berupa portofolio investasimu di produk reksa dana yang kamu beli. Pilihlah produk reksa dana yang ingin ditarik.
  • Kemudian kamu akan menemukan adanya pilihan Setor atau Tarik, kamu bisa memilih Tarik.
  • Setelahnya, kamu akan diminta untuk mengisi nominal uang yang ingin ditarik ataupun pilihan Tarik Semua. Kamu juga akan diminta untuk memberikan alasan mengapa ingin menarik dana di produk reksa dana tersebut. Lalu klik Tarik.
  • Masukkan password dan klik Submit.

Lamanya proses pencairan atau penarikan danamu di Ajaib bisa memakan waktu dari 2-6 hari proses kerja. Demikianlah informasi yang bisa Ajaib sampaikan bagi kamu yang ingin memulai investasi reksa danamu bersama Ajaib, di mana baik itu proses registrasi, pembelian reksa dana, hingga penarikan dana dari investasimu di Ajaib bisa kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait