Banking

Mengenal SLIK OJK sebagai Layanan Pengganti BI Checking

SLIK OJK

Ajaib.co.id – Salah satu cara pihak bank dalam memproses pengajuan pinjaman oleh para calon nasabah adalah dengan melihat Bank Indonesia (BI) Checking. Proses BI Checking dengan menggunakan Sistem Informasi Debitur atau SID dilakukan untuk melihat riwayat kredit calon nasabah.

Akan tetapi, sejak 31 Desember, penggunaan SID dialihkan sepenuhnya dan dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berganti menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK OJK.

Lalu, apa yang dimaksud dengan SLIK OJK dan bagaimana cara penggunaannya untuk mengetahui informasi terkait nasabah?

Nah, melalui penjelasan berikut ini kamu dapat memahami apa itu SLIK OJK dan fungsinya saat digunakan.

Apa Itu SLIK OJK?

SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengawasi dan melayani informasi keuangan.

SLIK ini juga mencakup layanan dari informasi debitur atau Informasi Debitur Individual Historis yang ada pada SID.

Pengalihan dari SID ke SLIK ini ditujukan agar akses IDI Historis dapat menjadi lebih luas. Yakni, tidak hanya bank dan lembaga pembiayaan saja yang dapat mengakses IDI Historis, namun beberapa lembaga nonkeuangan juga dapat mengakses sistem tersebut.

Nantinya, beberapa lembaga tersebut diharapkan dapat melaporkan data debitur atau menambah laporan ke dalam sistem sehingga angka kredit yang bermasalah dapat diminimalisir.

SLIK OJK juga berfungsi sebagai fasilitas yang menyediakan dana, data agunan, data nasabah, dan beberapa data lainnya yang berasal dari lembaga keuangan, masyarakat, lembaga jasa keuangan, lembaga pengelola informasi kredit, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, terdapat perbedaan antara SID dan SLIK OJK yang meliputi cakupan bagi beberapa lembaga yang melapor. Berikut penjelasannya:

·        Pelapor wajib merupakan bank umum, bank perkreditan rakyat yang memiliki jumlah aset paling kecil Rp10 miliar dalam 6 bulan, dan beberapa perusahaan pembiayaan dengan usaha kartu kredit.

·        Pelapor sukarela merupakan bank perkreditan rakyat yang memiliki jumlah aset di bawah dari persyaratan, koperasi simpan pinjam, serta beberapa lembaga keuangan nonbank, hingga badan pengelolaan dana masyarakat.

Manfaat dari SLIK OJK

Pembaharuan sistem informasi debitur sendiri diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam hal mencari informasi keuangan.

Hal ini dapat dirasakan oleh pihak debitur dan kreditur sendiri ketika melihat informasi debitur melalui SLIK OJK. Berikut manfaat yang didapat:

Kreditur

·        Setiap data sudah terintegrasi ke sistem informasi sehingga proses analisa keuangan akan terasa lebih cepat.

·        Mengurangi terjadinya kredit yang bermasalah.

·        Mengurangi ketergantungan atas agunan konvensional, mengingat ketersediaan informasi kemampuan finansial debitur secara lengkap.

·        Mampu mengurangi tambahan biaya operasional.

·        Meningkatkan transparansi atau keterbukaan pada kreditur.

Debitur

·        Layanan yang gratis.

·        Tidak membutuhkan jaminan bagi debitur baru karena reputasi keuangan yang baik.

·        Membuat setiap debitur menjaga reputasi kreditnya yang baik.

·        Mempersingkat waktu dengan menunggu keputusan kredit dari kreditur

Tata Cara Melakukan Permintaan SLIK OJK

Untuk mendapatkan layanan SLIK OJK, kamu harus mendatangi beberapa kantor OJK terdekat. Pasalnya, untuk akses SLIK OJK sendiri masih dilakukan secara offline alias datang ke kantornya.

Berikut tata cara mendapatkan SLIK OJK:

Mengunjungi Kantor OJK untuk Meminta Formulir

Nah, sebelum mendatangi kantor OJK untuk meminta formulir, sebaiknya kamu mencari tahu apa saja dokumen-dokumen yang dibutuhkan ketika meminta informasi debitur tersebut.

Kelengkapan dokumen juga dibedakan berdasarkan jenis debitur yaitu perseorangan dan badan usaha. Berikut penjelasannya:

1. Debitur Perseorangan

Kelengkapan dokumen pada jenis debitur perseorangan yang harus dipersiapkan adalah fotokopi identitas diri dan identitas diri yang asli.

2. Debitur Badan Usaha

Sedangkan untuk informasi debitur jenis badan usaha, kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan adalah fotokopi identitas badan usaha dan yang aslinya, identitas pengurus, NPWP, dan akta pendirian badan usaha, serta laporan perubahan anggaran dasar terakhir.

3. Menyerahkan Kelengkapan Dokumen ke OJK

Setelah kamu melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa mengunjungi OJK untuk mengisi formulir permintaan informasi debitur atau SLIK OJK.

Setelah proses pengisian selesai, maka kamu dapat menyerahkannya beserta kelengkapan dokumen. Lalu, pihak OJK akan memeriksa semua kelengkapan dan mencetak hasil informasi debitur

4. Proses Konfirmasi yang Dilakukan oleh OJK

Setelah pencetakan hasil informasi debitur, maka OJK akan melakukan konfirmasi serta menyerahkan hasil informasi debitur atau SLIK OJK kepada pemohon dilengkapi dengan tanda terima yang sudah ditandatangani pemohon.

Apa saja yang akan kamu dapatkan dari informasi debitur atau SLIK OJK?

Informasi yang akan didapat meliputi pokok data setiap debitur, plafon kredit, kualitas kredit, baki kredit, cicilan pembayaran, beban bunga, serta denda atau penalti.

Mengingat kerahasiaan data setiap debitur sehingga proses permintaan informasi keuangan atau SLIK OJK ini tidak disarankan untuk diwakilkan oleh siapapun.

Akan tetapi, jika ada situasi yang membuat pihak pemohon tidak dapat datang secara langsung dan harus menggunakan bantuan perwakilan, bisa dilakukan dengan membuat surat kuasa bermaterai dan dilengkapi dengan identitas diri.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai SLIK OJK yang merupakan pengalihan dari SID sebagai sistem informasi keuangan setiap debitur yang juga menunjukan riwayat kreditnya.

Hal ini ditujukan untuk melihat kemampuan membayar dari setiap calon debitur yang tengah mengajukan pinjaman di beberapa bank dan perusahaan penyedia keuangan lainnya.

Oleh karena itu, setiap debitur diharapkan untuk memenuhi kewajiban mereka ketika berurusan dengan pinjaman. Karena kredit dan pinjaman yang saat ini sedang berjalan akan mempengaruhi riwayat kredit kamu di masa mendatang, apakah baik atau buruk.

Bagi kamu yang mungkin belum pernah melakukan pinjaman di bank, sebaiknya menghindari jika dirasa masih belum mampu dari segi keuangan.

Kamu masih bisa memanfaatkan instrumen investasi untuk menghasilkan keuntungan yang akan digunakan untuk membeli barang yang diinginkan.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat menghasilkan keuntungan, salah satunya adalah investasi saham. Apalagi kini investasi saham semakin mudah dengan menggunakan bantuan media investasi saham seperti aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat kamu akses melalui smartphone untuk memudahkan proses investasi saham.

Melalui fitur Ajaib Saham, kamu dapat menemukan informasi secara lengkap yang berhubungan dengan investasi saham. Mulai dari pembuatan rekening saham yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi Ajaib, melihat pergerakan saham-saham perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi Ajaib di mana saja dan kapan saja.

Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara tepat. Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang memiliki portofolio bagus pada pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan keuntungan.

Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait