Menilik Kurs Pajak Ortax 2019 yang Perlu Diketahui

kurs pajak ortax
kurs pajak ortax

Observation & Research of Taxation (Ortax) merupakan media informasi perpajakan yang berbasis web. Lalu bagaimana kurs pajak Ortax 2019?

Ortax sendiri mulai dikembangkan pada 2006 oleh Tax Centre FISIP Universitas Indonesia (UI) dan PT Integral Data Prima. Tujuan dari Ortax adalah menjadi wadah kajian ilmu dan informasi perpajakan bagi masyarakat yang peduli akan permasalahan pajak di Indonesia.

Informasi perpajakan yang disediakan oleh Ortax adalah database peraturan perpajakan, tax treaty¸kurs Menteri Keuangan (Menkeu), berita perpajakan, kurs Bank Indonesia (BI), tax learning, artikel, hingga referensi seputar perpajakan.

Ortax juga menyediakan forum khusus yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung situs untuk berdiskusi. Pengunjung situs Ortax pun berasa dari berbagai profesi, terutama yang bergerak di bidang keuangan, pajak, dan akuntansi.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2007, pengunjung situs Ortax terus mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data web statistik dengan AWStats, selama periode Desember 2017, Ortax dikunjungi oleh lebih dari 170.000 pengunjung setiap bulannya.

Fitur Kurs Pajak Ortax

Selain berisi forum diskusi, Ortax juga menghadirkan beberapa fitur yang dapat membantu untuk mengetahui soal kurs pajak Ortax.

Data Center

Dalam kolom ini, kamu bisa mengakses peraturan mengenai perpajakan yang terbaru, putusan pengadilan perpajakan, tax treaty yang cukup efektif, kurs Bank Indonesia, Kurs Menteri Keuangan (Menkeu), dan mengunduh berbagai formulir perpajakan. Jika kamu memerlukan data KPP, maka kolom ini juga menyediakannya.

Kurs Menteri Keuangan

Salah satu fitur penting yang dimiliki oleh Ortax adalah Kurs Menteri Keuangan atau yang biasa disebut dengan Kurs Pajak.

Kurs KMK merupakan satuan yang digunakan untuk menghitung nilai pelunasan dari berbagai transaksi produk asing, sehingga harus dikonversikan menjadi nilai rupiah.

Beberapa transaksi perpajakan yang masuk adalah Pajak Penghasilan (PPh), pajak ekspor, pajak pertambahan nilai, bea masuk, hingga pajak penjualan barang mewah.

Kemudian, kurs KMK juga digunakan untuk menghitung utang pajak yang berkaitan dengan PPN barang dan jasa, PPnBM atas barang mewah, pajak ekspor, dan pajak penghasilan lain yang diterima dalam bentuk mata uang asing.

Umumnya, KMK akan di-update setiap satu minggu sekali. Dalam fitur KMK yang ada di Ortax, kamu hanya cukup memasukkan tanggal yang diinginkan, kemudian klik cari. Nantinya, seluruh kurs pajak dalam mata uang asing bisa kamu dapatkan.

Kurs Bank Indonesia

Merupakan kurs yang dikeluarkan secara resmi oleh Bank Indonesia. Kurs ini menyediakan informasi mengenai kurs jual, kurs tengah, dan kurs beli.

Fitur kurs BI berguna saat kamu ingin mengonversikan transaksi dalam bentuk mata uang asing. Berbeda dengan KMK, pergerakan kurs BI lebih fluktuatif (naik-turun). Pergerakannya pun bisa beruba-ubah selama setiap menit.

Jika kamu ingin melakukan cek kurs BI, maka kamu hanya perlu klik melalui kolom kurs BI. Kemudian, kamu masukkan tanggal yang diinginkan dan klik tombol cari. Nantinya, akan muncul kurs BI yang terbaru.

Ortax membuat kamu dapat belajar mengenai perpajakan menjadi lebih menyenangkan. Ortax juga didukung oleh website yang informatif. 

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait