Bisnis & Kerja Sampingan

Menghasilkan Uang dengan Membuat Podcast di Spotify

Ajaib.co.id – Hanya bermodal cuap-cuap, kamu bisa menghasilkan uang. Salah satu caranya, membuat podcast di Spotify. Tertarik?

Tiga tahun belakangan, banyak konten kreator yang membuat podcast di Spotify. Para kreator berasal dari beragam latar belakang dan pembahasannya pun bermacam-macam. Mulai dari hiburan (musik dan film), dunia kerja, review buku, membahas hobi, permasalahan ibu dan anak, hingga parodi.

Podcast di Spotify

Podcast merupakan file audio digital. Aplikasi yang memungkinkan seseorang membuat podcast antara lain Anchor dan Podbean. Sedangkan untuk menampilkan podcast bisa diunggah di kedua aplikasi. Namun aplikasi yang paling terkenal untuk memamerkan podcast adalah Spotify.

Sebagai layanan musik pengaliran (streaming), Spotify tak hanya memberikan layanan mendengarkan musik (listen to music), melainkan juga podcast. Bahkan Spotify baru saja merilis vodcast atau video podcast. Sehingga pengguna Spotify dapat mendengarkan sekaligus melihat proses bincang-bincang sang kreator, Variety.com (21/07/2020).

Meski demikian Spotify belum memberikan insentif kepada kreator podcast. Beda halnya dengan musisi. Semakin sering sebuah musik diputar (play music) oleh pendengar, sang musisi akan memperoleh banyak royalti. Namun bukan berarti podcast tak bisa menghasilkan uang.

Cara Menghasilkan Uang dengan Podcast

Meskipun banyak kreator yang mengaku bahwa membuat podcast karena hobi atau iseng-iseng, namun kreator tetap bisa mengumpulkan pundi-pundi, loh. Berikut ini cara menghasilkan uang dengan membuat podcast di Spotify.

●     Iklan

Pada 2018, para jenama menghabiskan USD479 juta di podcast. Angka tersebut naik 53 persen dari tahun sebelumnya. Umbro memprediksi belanja iklan di podcast akan meroket hingga USD1 miliar pada 2021. Dengan catatan, kreator podcast memiliki banyak pendengar dan pengikut.

Menurut Jeff Umbro, CEO Podglomerate, yang mengutip penjelasan Marc Andreessen, Forbes.com (21/01/2020) iklan podcast terjadi karena:

–      Faktor dari Jenama

Jika akun podcast-mu memiliki pendengar sesuai dengan target pasar jenama, kamu dapat menjual konten ke mereka. Jika jenama menyetujuinya, kalian akan membicarakan tema yang dibicarakan.

Seperti endorsement produk, membahas suatu masalah yang berhubungan dengan produk, atau membicarakan kampanye produk tersebut.

–      Iklan Melalui Agensi

Terkadang jenama menggunakan jasa agensi untuk membuat dan/atau menempatkan iklan. Agensi akan menghubungi jika akun podcast sesuai kriteria klien. Sebelum bekerja sama dengan agensi, pastikan kontrak kerja sejelas-jelasnya agar tak merusak alur kerja.

●     Pemandu Acara

Terkadang sebuah jenama atau panitia acara membutuhkan pemandu acara. Nantinya pengiklan ingin kamu memandu acara mereka dan acara tersebut diunggah di akun podcast-mu.

Memandu acara seperti ini adalah cara yang cukup menarik, karena bisa mendatangkan keuntungan bagi pengiklan, kamu memperoleh penghasilan, dan bukan tak mungkin kamu mendapatkan pekerjaan lain sebagai MC atau pembawa acara di acara lain.

●     Bersinergi dengan YouTube

Bukan hal asing, jika podcast diunggah di dua platform berbeda, yaitu audio dan video. Spotify dan YouTube. Karena video YouTube bisa dimonetisasi sehingga menghasilkan uang, Spotify belum bisa. Konten podcast seperti itu bisa dilihat pada akun Wendi Cagur Dan Deddy Corbuzier.

●     Jaringan Media

Membangun jaringan media adalah salah satu cara menghasilkan uang melalui podcast. Pangeran Siahaan telah merintis media jaringan bernama Box2Box Media Network pada 2018, CNNIndonesia.com (01/03/2020).

Perusahaan akan memperoleh keuntungan jika salah satu podcaster mendapatkan iklan. Belum lama ini, Box2Box bekerja sama dengan Netflix Indonesia untuk membuat drama audio.

●     Crowdfunding

Bukan hal baru jika sejumlah kreator podcast maupun vlogger melakukan crowdfunding. Para kreator meminta kontribusi pengikut, pendengar, maupun penonton untuk menyumbangkan dana ke akun kreator.

Mereka berjanji akan memberikan konten rutin, berkualitas, dan terkadang tak ada iklan (khusus konten di YouTube). Platform yang biasanya digunakan adalah Patreon dan GoFundMe.

●     Menjual Merchandise

Selain crowdfunding, podcaster juga bisa menjual merchandise untuk menunjang pembuatan konten. Merchandise yang dijual di antaranya tempat minum, kaos, jaket, dan topi. Pemilik podcast The Morning Toast telah telah melakukannya.

Peluang Mendatangkan Keuntungan

Podcast di Spotify seperti video di YouTube. Mereka mampu mendatangkan keuntungan. Asal kamu sebagai kreator bisa menciptakan peluang tersebut.

Peluang tersebut bisa karena orang lain, tetapi bisa juga berasal dari diri sendiri. Namun peluang memperoleh keuntungan tak lepas dari tiga faktor.

●     Konten

Menurut The Real Brian dari Profitcast, konten adalah faktor penting dalam menghasilkan uang di podcast. Apakah konten podcast-mu yang terbaik? Apakah podcast berkelanjutan atau hanya mengunggah dua-empat konten lalu istirahat?

Brian mengatakan ‘ketika kegemaran bertemu dengan keuntungan’. Maksudnya bicarakan topik yang kamu sukai, sehingga kamu mengerti luar dalam. Jangan lupa untuk mengunggah konten secara rutin. Dengan begitu, pendengar akan setia mengikuti podcast-mu.

●     Kemasan Penampilan

Kemasan penampilan tak hanya penting untuk kebutuhan tatap muka. Konten audio pun membutuhkannya. Apalagi harus membuat pendengar bertahan mendengarkan kamu cuap-cuap dan mereka tak bosan.

Maka kemas penampilan podcast-mu. Seperti memperhatikan kualitas audio dan intonasi suara. Karena pendengar tertarik dengan suara semangat dan antusiasme.

●     Membangun Komunitas

Membuat podcast bukan sekadar membicarakan hal yang kamu suka. Tanpa disadari, podcast memiliki efek lebih dari itu. Kamu telah membangun komunitas.

Karena pendengar merasa terlibat dengan isi omonganmu. Mereka juga terkoneksi dengan pendengar lain. Dari satu pendengar setia bisa mengajak teman-temannya untuk mendengarkan podcast yang sama.

Hal ini tak langsung mendatangkan iklan. Namun kamu membuat hubungan erat antara kreator dan pendengar. Bukan tak mungkin pembahasanmu di podcast membuat perubahan dalam hidup mereka. Alhasil mereka akan selalu mendukungmu.

Apakah kamu berencana membuat podcast? Jika ya, bikin dulu meski dengan peralatan sederhana. Unggah lalu review.

Artikel Terkait