Perencanaan Keuangan

Mengenal Pinjaman Dana Pendidikan Syariah

Sumber: teenlife.com

Ajaib.co.id – Apa yang sekiranya kamu ketahui tentang produk syariah? Mungkin sebagian besar akan menjawab tabungan atau deposito. Tidak salah memang, tetapi seiring berkembangnya teknologi, waktu, serta gaya hidup, saat ini ada produk kartu kredit yang berbasis syariah.

Namun, sering kali penggunaan kartu kredit tidak terkontrol sehingga menyulitkan seseorang melakukan pembayaran-pembayaran penting.

Bagi yang tidak ingin ribet dalam masalah kartu kredit, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai produk pembiayaan menggunakan prinsip syariah. Tak melulu soal kebutuhan secara konsumtif, kamu juga dapat mengajukan pinjaman dana pendidikan untuk membayar sekolah.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, semua kalangan tentu mengalami kesulitan ekonomi dengan tingkat yang berbeda-beda. Walaupun sudah menyiapkan hitung-hitungan dari awal tahun, namun ketika wabah virus Corona ini melanda semua perhitungan tersebut pastinya jadi bubar.

Terlebih bagi mereka yang selama tiga bulan lebih tidak mendapat pemasukan akibat dampak pandemi dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Meski begitu, biaya sekolah tetap saja mahal. Ada yang jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Bagi yang memiliki tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan akan sangat menguntungkan. Bagaimana dengan mereka yang tidak punya tabungan? Pastinya masalah biaya bikin pusing kepala orang tua. Apalagi situasi sekarang memungkinkan anak-anak putus sekolah akibat kesulitan ekonomi di tengah pandemi virus Corona sekarang ini.

Buat para orang tua sebaiknya jangan patah semangat dulu, salah satu solusi yang bisa dicoba adalah dengan mengajukan pinjaman dana pendidikan sesuai prinsip syariah. Kini sudah ada bank syariah yang menawarkan produk pembiayaan multijasa IB (Islamic Bank).

Ya, multijasa bank syariah ini tidak hanya untuk membiayai pendidikan saja, melainkan juga untuk pernikahan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Lalu apa yang menjadi pembeda multijasa syariah? Untuk mendapatkan jawabannya mari lanjutkan menyimak ulasan berikut.

Prinsip Multijasa Syariah

Berdasarkan situs resmi Bank Indonesia, bank syariah pada umumnya menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan berupa penerimaan pembiayaan sekolah maupun kuliah.

Melalui kerja sama tersebut, bank syariah menawarkan pinjaman dana pendidikan kepada orang tua murid atau mahasiswa yang tengah kesulitan membiayai sekolah anaknya untuk bisa diterima atau yang sedang menempuh pendidikan.

Skema Pembiayaan Syariah

Bagaimana skema pembiayaan syariah? Pasti berbeda dengan pinjaman bank konvensional dong. Jelas beda, disini orang tua murid atau mahasiswa mengajukan pinjaman dana pendidikan multijasa pada bank syariah. Kemudian, bank syariah akan membantu dalam mengurus biaya pendaftaran apa saja yang harus dibayarkan kepada lembaga terkait agar bisa masuk sekolah.

Pinjaman Syariah untuk Pendidikan

Walaupun zaman sudah berubah semakin canggih tapi keinginan masyarakat untuk menggunakan produk perbankan tanpa ada riba semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini banyak bank syariah atau penyedia syariah online yang menawarkan pinjaman atau pembiayaan berdasarkan prinsip islami. Salah satu keunggulan pinjaman online yakni prosesnya yang tidak ribet dan langsung cair dan kamu bisa mengajukan melalui internet ataupun aplikasi.

Berikut ini adalah 2 platform pembiayaan syariah bagi kamu yang sedang membutuhkan pinjaman untuk dana pendidikan.

Pembiayaan Syariah Pendidikan Al Salaam

Ini adalah program dari BPR Al Salaam melalui PT BPR Amal Salman. BPR Al Salaam ini didirikan atas dasar inisiatif dari para alumni Institute Teknologi Bandung (ITB) yang aktif berkegiatan di Masjid Salman. Tujuannya untuk membantu ekonomi masyarakat melalui berbagai layanan lembaga keuangan, terutama bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah sesuai dengan ajaran Islam.

BPR Al Salaam juga menawarkan produk pembiayaan syariah pendidikan untuk membantu mewujudkan cita-cita sang anak untuk memperoleh pendidikan terbaik. Sementara untuk jenis akad yang dipakai dalam biaya pendidikan syariah di Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS) adalah menggunakan akad jual beli manfaat/jasa Ijarah Multijasa. Beberapa keunggulan dari produk syariah ini adalah:

  • Jangka waktu pembiayaan sampai 60 bulan.
  • Dapat menggunakan jaminan/agunan berupa sertifikat SHM atau BPKB mobil atau deposito di BPR Al Salaam.
  • Biaya angsuran tetap hingga pelunasan.
  • Nominal pembiayaan pendidikan minimal sebesar Rp15 juta.
  • Plafon pinjaman dana pendidikan maksimal Rp60 juta.

Danakoo

Danakoo merupakan pinjaman online syariah P2P yang terpercaya dan aman karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dari informasi pada situs resminya dapat diketahui bahwa Danakoo menawarkan berbagai produk pembiayaan dengan prinsip syariah dan non-syariah. Sementara produk pinjaman yang ditawarkan Danakoo ada dua macam, yaitu multijasa syariah dan multiguna syariah.

Pinjaman Multijasa 

Ini adalah produk pinjaman pribadi tanpa riba yang bertujuan untuk pembiayaan keperluan umum seperti pernikahan, dana pendidikan, dan lainnya menggunakan akad Wakalah bil Ujrah. Plafon yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta dengan tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan. Lalu untuk fee yang harus dibayarkan nasabah sebesar 1% sampai 5% tergantung tenor yang diambil.

Pinjaman Multiguna

Kalau jenis pinjaman multiguna ditujukan bagi kamu yang ingin mengajukan pembiayaan untuk pembelian barang, mobil, DP rumah dan lainnya menggunakan akad Murabahah. Plafon, tenor, dan fee yang dibayarkan nominalnya sama dengan pinjaman multijasa.

Kedua platform pinjaman pembiayaan syariah online di atas bisa kamu jadikan alternatif untuk membantu dalam memberikan pinjaman dana pendidikan. Jangan sampai anak putus sekolah meski di tengah pandemi COVID-19 yang memang menyulitkan ini.

Artikel Terkait