Ajaib.co.id – Ketika kamu bekerja di sebuah perusahaan, untuk bisa menghasilkan kinerja yang baik untuk mencapai target, dibutuhkan koordinasi secara baik dengan karyawan lainnya. Hal ini menyangkut kesuksesan dari target yang diberikan oleh perusahaan kepada setiap karyawannya. Oleh karena itu, seorang karyawan juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi secara baik.
Jangan sampai hasil kerja yang diinginkan terkendala karena masalah komunikasi. Hal ini yang menjadikan proses komunikasi efektif sebagai salah satu modal penting ketika bekerja. Komunikasi efektif sendiri merupakan komunikasi yang dilakukan antara dua orang maupun lebih, di mana pesan yang disampaikan bisa diterima dan dipahami dengan baik.
Komunikasi efektif sendiri memiliki banyak manfaat. Hal ini yang menjadikan komunikasi efektif tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan suatu proyek maupun kemajuan perusahaan di masa mendatang. Selain itu, komunikasi juga bisa mencegah terjadinya konflik, hubungan yang baik dengan klien, meningkatkan keuntungan, menjaga kerja sama tim secara efektif, serta menjaga keterlibatan karyawan secara baik.
Selain itu, komunikasi ini juga memiliki banyak manfaat lainnya terutama di bidang pekerjaan. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut penjelasannya.
Mampu Mengurangi Dampak Konflik
Jika komunikasi efektif dapat mengurangi dampak dari suatu konflik yang ada di sebuah perusahaan, maka cara seperti apa yang dimaksud? Dalam hal ini komunikasi seperti ini bisa menghindarkan kesalahpahaman atas kerja sama tim, baik dengan sesama karyawan, manajer, maupun klien. Di mana, konflik akan bermuara pada kesalahpahaman.
Hal ini menyangkut ketidakmampuan kamu dalam menerima atau memahami cara dari orang lain berkomunikasi. Ditambah dengan dorongan kegagalan untuk memahami sisi emosional orang lain maupun kebutuhan emosional dari setiap karyawan lainnya. Di mana, pesan yang disampaikan terkadang tidak diterima bukan karena sulit dipahami, melainkan sesama anggota tim kerja lainnya merasa terabaikan dan tidak terpenuhi kondisi emosionalnya.
Jika hal ini sudah terjadi, maka apapun yang kita komunikasikan seolah-olah mental dan tidak tersampaikan. Dengan adanya komunikasi efektif, kamu bisa belajar untuk mengidentifikasi setiap pola komunikasi dan menyesuaikan suatu cara agar komunikasi dapat sejalan. Ada baiknya kamu mengalah dengan berempati agar komunikasi bisa berjalan secara baik.
Oleh karena itu, pahami komunikasi efektif antar sesama karyawan dan mulai untuk saling memahami kondisi satu sama lain.
Mampu Meningkatkan Keterlibatan Setiap Karyawan
Berkomunikasi tidak hanya sebatas saling bicara dengan orang lain, melainkan saling terhubung. Di dalam lingkungan kerja, komunikasi memiliki peranan penting untuk menjaga keterlibatan karyawan. Di mana, karyawan akan bekerja dengan baik dan bisa terlibat untuk bisa menyesuaikan diri terhadap tujuan perusahaan.
Bagi seorang manajer atau pemimpin perusahaan, komunikasi efektif sama dengan belajar untuk memotivasi dan memenuhi hal-hal yang dibutuhkan oleh setiap karyawan untuk bekerja. Dengan begitu, perusahaan bisa melihat bakat yang dimiliki karyawan dan memaksimalkan potensi tersebut untuk bisa membantu perusahaan mencapai tujuannya. Hal ini tentu akan membuat karyawan merasa berarti dan dihargai karena adanya komunikasi.
Mampu Menjaga Hubungan dengan Klien Lebih Baik
Di beberapa perusahaan, berhadapan langsung dengan klien atau pelanggan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam bekerja. Di mana, kamu harus bisa menjaga hubungan tersebut secara baik dengan adanya komunikasi efektif. Hal tersebut akan menjadi masalah jika karyawan yang memiliki tanggung jawab tersebut, tidak dapat berkomunikasi dengan baik.
Dengan adanya komunikasi efektif, kamu bisa menjaga kepuasan mereka secara baik karena memahami apa yang diinginkan. Melalui komunikasi secara efektif, karyawan jelas akan merasa terhubung dengan klien maupun pelanggan karena memahami apa yang mereka butuhkan. Di mana, klien akan merasa dimengerti sehingga informasi berikutnya yang kamu berikan dapat diterima dan dipahami dengan baik.
Mampu Menghasilkan Tim Kerja yang Solid, Produktif, dan Bertalenta
Komunikasi efektif juga bisa bermanfaat bagi kekuatan dari sebuah tim kerja. Di mana, antar anggota dapat saling berkomunikasi dan memahami secara baik melalui komunikasi efektif. Komunikasi ini meliputi sesama karyawan, karyawan dengan manajer, dan lain sebagainya. Peran manajer dalam memberikan motivasi kepada para karyawannya juga harus menggunakan komunikasi efektif.
Hal ini berarti seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara baik sehingga dapat memupuk produktivitas dan potensi yang dimiliki oleh setiap karyawan. Oleh karena itu, mengapa komunikasi efektif penting diterapkan dalam sebuah anggota tim karena menyangkut keberlangsungan sebuah perusahaan dalam mencapai target yang diinginkan.
Tempat kerja yang memiliki budaya komunikasi efektif bisa menjadi tempat yang aman bagi setiap karyawan bebas berkreasi serta mengekspresikan ide-ide kreatif yang dimiliki. Dengan begitu, karyawan juga akan merasa berani untuk mengambil tantangan pada suatu proyek maupun pertemuan-pertemuan dengan klien yang memiliki prospek baik untuk kepentingan perusahaan.
Selain itu, komunikasi efektif bisa dikatakan sebagai soft-skill yang harus dimiliki oleh setiap orang dan bisa dijadikan senjata utama untuk bisa membantu perusahaan mencapai target maupun proyek tertentu. Apalagi komunikasi efektif juga bisa mengeluarkan kemampuan untuk bisa berempati dan peka terhadap hal-hal seperti emosi dan bakat.
Bagi para manajer yang memiliki kewajiban memimpin sebuah tim kerja, wajib memahami apa yang disebut dengan komunikasi efektif pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu, keterampilan ini wajib untuk diasah dan ditingkatkan hingga bisa dikuasai dengan baik. Mengingat interaksi yang dilakukan manajer harus bisa tersampaikan dengan baik kepada setiap karyawan.
Memiliki kemampuan komunikasi efektif sama pentingnya dengan kemampuan mengelola keuangan secara baik dan tepat. Mengatur keuangan dan rencana keuangan harus dilakukan dengan matang. Apalagi ditujukan untuk bisa memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan rencana keuangan tersebut adalah dengan berinvestasi.
Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah investasi saham. Sudah banyak orang yang mulai berinvestasi saham karena menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi saat ini investasi saham bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.
Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi di instrumen saham. Dengan menggunakan Ajaib, kamu dapat merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara aman, mudah, dan menguntungkan. Kamu bisa membuat rekening saham secara online untuk bertransaksi saham langsung dari aplikasi Ajaib.
Dapatkan keuntungan investasi saham dari pembagian dividen dan capital gain dari emiten saham yang kamu pilih berdasarkan portofolio harga saham. Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi dan menghasilkan keuntungan sekarang.