Ekonomi

Mengenal Ekonomi Kreatif, Ciri, dan Fungsinya

Ajaib.co.id – Pada era globalisasi ini, sektor ekonomi kreatif tentunya sangat memiliki peran besar dalam kancah internasional sebagai perpanjangan budaya Indonesia.

Sektor ekonomi kreatif sangat besar perannya membawa budaya dan kearifan lokal tanah air menembus pasar global. Maka dari itu, tidak heran sektor ini terus di genjot untuk semakin menjajaki peluang bekembang ke segala penjuru negara.

Adapun ekonomi kreatif yang paling dikenal adalah sektor pariwisata, seni tari, seni pertunjukan teater, kerajinan tangan dan juga budaya yang menjadi penggerak ekonomi tanah air. Hanya saja, kondisi saat ini tentunya tidak memungkankan sektor ini untuk bertumbuh, namun dilain sisi upaya pemerintah menggenjot sektor ekonomi kreatif tentunya sudah maksimal.

Melalui pembangunan infrastruktur, pengembangan 5 kawasan strategis wisata dan ikut berkontribusi dalam pameran pariwisata internasional. Selain itu, investasi di sektor pariwisata juga cukup menjanjikan, namun maklum saja saat ini pandemi COVID-19 membuat berbagai negara fokus mengatasi penambahan kasus, sehingga investasi sektor industri kreatif cenderung mandek.

Jenis Ekonomi Kreatif

Untuk lebih paham, adapun beberapa jenis ekonomi kreatif yang perlu kamu ketahui, antara lain :

Kerajinan Tangan (Handicraft)

Tidak dipungkiri lagi, Indonesia dengan beragam suku adat dan budaya tentunya memiliki kapabilitas untuk meningkatkan sektor kerajinan tangan melalui karya handicraft. Saat ini sektor kerajinan tangan juga sedang menjajaki pasar internasional dan cukup banyak diminati turis dari mancanegara. Selain model yang unik dengan cita rasa budaya kearifan lokal, bukan tidak mungkin sektor kerajinan tangan memiliki cakupan pasar yang luas.

Sebagai produk yang dihasilkan dari tangan dan bukan buatan pabrik, tentunya ini lebih memiliki nilai karena ketelitian, keuletan dan kerapian memiliki nilai tersendiri bagi peminatnya, sehingga tidak jarang harga yang dipatok sedikit lebih mahal daripada buatan pabrik.

Pasar atau Pameran Barang Seni

Ekonomi kreatif juga identik dengan pasar dan pameran barang seni. Terutama barang seni yang memiliki nilai-nilai budaya atau ethnic. Melalui pameran barang industri kreatif, tentunya akan membuka peluang para pengrajin dan pembeli bisa bertemu dengan harapan kedepannya ada penjajakan terkait dengan kerja sama.

Kuliner

Sektor industri kreatif lainnya adalah sektor kuliner yang mana makanan Indonesia memiliki pangsa pasar yang tidak sedikit di luar negeri. Sebagai makanan kebanggaan, rendang menjadi pelopor kuliner asal Indonesia yang sudah go international sejak lama. Minat akan masakan asal Padang, Sumatera Barat ini juga menunjukkan bahwa di sektor kuliner, Indonesia tidak kalah hebat dengan negara luar.

Fashion

Hal selanjutnya yang tidak bisa dihindarkan dari industri kreatif adalah industri fashion. Melalui pagelaran-pagelaran fashion nasional, budaya daerah menjadi sebuah hal yang wajib ditonjolkan selain desain yang menarik, atraktif dan konseptual. Industri ini juga memiliki banyak seniman yang mampu keluar dari aturan baku terkait dengan selera fashion yang terus berkembang dengan model yang out of the box.

Film dan Musik

Guna meningkatkan ekonomi kreatif, industri perfilman dan musik turut ambil bagian dengan menyajikan beragam tayangan dan hiburan yang kental dengan adat dan budaya tanah air. Misalkan saja, film yang mengambil lokasi di tempat-tempat bersejarah dan lagu-lagu yang penuh dengan semangat nasionalis yang kerap kali meleburkan semangat Indonesia siapapun yang mendengarkan.

Layanan Komputer, Game, dan Perangkat Lunak

Di sisi lain kecanggihan dan kematangan teknologi tidak luput sebagai penunjang atau sarana industri kreatif untuk mengepakkan sayapnya. Sebagai salah satu sarana, teknologi tentunya membaya nilai-nilai historis untuk tetap memiliki peran dalam meningkatkan industri kreatif Indonesia. Saat ini sudah ada pengembangan game MOBA yang mana para hero yang disajikan merupakan pahlawan-pahlawan revolusi Indonesia, hal ini menjadi salah satu nilai plus dari perkembangan teknologi di tanah air.

Riset dan Pengembangan

Ekonomi kreatif juga didukung oleh sarana dan prasarana dari riset dan pengembangan yang berguna untuk membantu sektor lain berkembang. Melalui penelitian, berbagai hal akan diperoleh untuk memudahkan pengembangan industri kreatif tentunya. Misalkan saja, peralatan yang memudahkan tenun dengan cara modern dan sebagainya.

Ciri dan Karakteristik

Adapun karakteristik dan ciri-ciri ekonomi kreatif antara lain : 

Berbasis Pada Ide dan juga Gagasan

Adapun ciri dan karakteristik dari ekonomi kreatif adalah memiliki basis ide-ide kreatif dan juga gagasan dari pelakukan dengan mengedepankan unsur budaya dan keberagaman unsur adat yang ada di tanah air.

Eksplorasi yang Bebas

Ekonomi kreatif memiliki ciri eksplorasi yang bebas dan tidak berbatas pada aturan, pakem, dan juga garis-garis yang sudah ditetapkan. Sifatnya yang lebih kepada estetika tanpa batas, membuat ekonomi kreatif cenderung pada tren dan inovasi yang terus berkembang.

Artikel Terkait