Milenial

7 Negara Terkecil Di Dunia, Tapi Paling Kaya!

Ajaib.co.id – Di dalam negara, penduduk bekerja keras untuk mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Negara akan dinilai kaya jika pendapatan rata-rata penduduknya tinggi, dan ini biasanya dinamakan Gross Domestic Product (GDP) per kapita. 

Baik itu negara terbesar atau negara terkecil di dunia, pendapatan rata-rata penduduknya akan dijadikan nilai kesejahteraan suatu negara. Terkadang, ini juga dipengaruhi oleh biaya hidup dan kekayaan alam dari negara tersebut. 

Negara dengan luas daratan terbesar seperti Amerika Serikat adalah salah satu contoh negara terkaya di dunia. Tapi, apakah negara kecil juga masuk di kategori negara terkaya? Ini dia, tujuh negara terkecil di dunia, tapi paling kaya: 

Vatican City (Negara Kota Vatikan)

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $20.900/Rp300,9 juta 

Dengan populasi penduduk yang di bawah 1.000 orang, Vatican City menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan pendapatan rata-rata terbesar di dunia. Negara ini menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi untuk tujuan wisata religi. Pendapatan rata-rata penduduk di sini, tiga kali lebih besar dari pendapatan rata-rata di China. 

Negara yang hanya dikelilingi oleh tembok di dalam kota Roma ini hanya memiliki luas tanah yang tidak lebih dari 1 kilometer persegi. 

Bahamas

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $21.800/Rp322 juta 

Bahamas adalah salah satu negara di Kepulauan Karibia yang menjadi salah satu negara kecil yang kaya. Salah satu kekuatan dari negara ini adalah bidang pariwisata mewahnya, begitu juga dengan bank-bank offshore

Negara ini memiliki jumlah penduduk di bawah 400.000 orang, tapi banyak turis yang singgah di hotel-hotel atau resorts mewah yang ditawarkan. Menjadikan ekonomi negara ini stabil.

Uni Emirat Arab

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $39.900/Rp589,4 juta 

Salah satu negara termaju di dunia, negara yang terkenal karena berlimpahnya minyak bumi ini menjadi sumber utama kekayaan negara ini. Sumber alami seperti minyak bumi dan gas membuat negara ini menjadi salah satu negara terkaya, apalagi dengan bangunan-bangunan pencakar langit sebagai salah satu daya tarik bagi turis. 

Dan negara ini memiliki pendapatan dari banyaknya turis yang masuk setiap tahun (dari seluruh dunia) untuk menunaikan ibadah haji atau perjalanan umroh. Tidak salah jika negara ini memiliki pemasukan yang besar dari dua sisi yakni pariwisata dan sumber kekayaan alamnya. 

Norwegia 

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $95.000/Rp1,4 miliar 

Tidak seperti negara-negara Eropa lainnya, Norwegia tidak tergabung dalam organisasi Uni Eropa (European Union), negara ini memiliki sumber daya alami yakni minyak dan gas alam. Negara ini masuk di 20 negara penghasil minyak terbesar di dunia, yang menjadikan negara ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia. 

Walaupun pendapatan rata-ratanya besar, biaya hidup di negara ini juga tergolong tinggi dari negara-negara lain di Eropa. 

Luksemburg

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $115.000/Rp1,7 miliar 

Negara kecil yang memiliki populasi di bawah 500.000 orang ini, menjadi salah satu negara terkecil dan yang paling kaya di dunia. Luas negara ini setara dengan luas kota atau sebuah daerah di daratan Eropa. 

Meskipun menjadi salah satu negara paling kecil di dunia, Luksemburg adalah rumah bagi lebih dari 250 bank-bank penting di Eropa. Perekonomian di negara ini sangat maju hingga pendapatan rata-rata per orangnya juga tinggi. 

Liechtenstein 

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $154.000/Rp2,2 miliar. 

Negara yang memiliki luas 160 kilometer persegi ini memiliki populasi sebanyak 35.000 orang. Jumlah penduduk ini jauh lebih kecil dari penduduk di kota-kota besar Indonesia. Pendapatan rata-rata sebesar Rp2,2 miliar per orang di negara ini, didasari pada penduduknya sendiri yang berasal dari negara-negara tetangganya seperti Austria dan Switzerland, yang mana adalah dua negara terkaya di dunia. 

Kebanyakan penduduk di negara ini adalah orang-orang yang sudah sukses secara finansial, dan memilih tinggal di negara kecil yang jauh dari nuansa perkotaan dan hiruk pikuk. Tidak salah jika Liechtenstein secara langsung menjadi negara terkaya di dunia. 

Monaco

Pendapatan Rata-Rata Per Orang: $185.000/Rp2,7 miliar 

Terletak di daratan pinggir Eropa, di antara negara Prancis dan Italia. Monaco sering disebut sebagai salah satu negara terkecil di dunia dengan pendapatan penduduk rata-rata paling tinggi. Negara yang hanya memiliki luas daratan sebesar dua kilometer persegi ini adalah negara paling kaya di dunia. 

Negara yang memiliki luas yang jauh lebih kecil dari kawasan Jakarta ini menjadi tuan rumah untuk ajang-ajang bergengsi seperti Grand Prix dan the Super Yacht Show. Negara ini memiliki status yang mewah bagi kebanyakan turis, dan menjadi tempat wisata bagi banyak orang kaya yang ingin liburan dengan gaya elegan dan mahal.  

Itu dia tujuh negara terkecil di dunia dengan pendapatan rata-rata terbesar yang menjadikannya juga sebagai negara terkaya di dunia. Dari daftar negara di atas, dapat ditarik kesimpulan jika suatu negara dapat dikatakan sebagai negara kaya jika pendapatan rata-rata per orangnya tinggi. 

Pendapatan ini juga didasari pada sumber kekayaan negara yang dimiliki, baik itu alam atau secara ekonomi, seperti bank-bank offshore atau penduduk yang telah memiliki keadaan finansial yang cukup matang. 

Jika kamu ingin keadaan finansialmu di masa depan baik, kamu bisa mulai berinvestasi sejak dini. Di Ajaib, kamu bisa berinvestasi di reksa dana atau investasi saham. Dalam satu genggaman, kamu bisa memulai investasi. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store. Yuk, mulai berinvestasi bersama Ajaib!

Sumber: The 50 Richest Countries in the World, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait