Banking

6 Cara Mengecek Saldo di Rekening Bank yang Mudah

Ilustrasi Cara Mengecek Saldo
Ilustrasi Cara Mengecek Saldo

Ajaib.co.id – Sebagai pengguna bank, salah satu transaksi yang cukup mudah dilakukan adalah mengecek saldo. Pastinya kamu membutuhkan fitur ini untuk mengetahui berapa jumlah uang yang ada di rekening.

Biasanya hal ini penting saat melakukan konfirmasi bila ada orang yang mentransfer sejumlah uang. Bagaimana cara untuk melakukan layanan perbankan ini? Berikut cara cek saldo yang mudah dilakukan.

1. Lewat Website

Salah satu keuntungan dalam mengecek saldo secara online adalah bisa dipakai kapan saja dan di mana saja. Kamu tinggal memakai layanan internet banking atau mobile banking. Pertama kamu cukup masuk ke situs web dari bank tersebut dan coba cari opsi log-in untuk mengakses rekening.

Bila pertama kalinya kamu memakai layanan ini, ada baiknya kamu memilih pilihan atau opsi “Daftar”. Kamu juga bisa membaca syarat dan ketentuan bila ingin menggunakan layanan ini. Biasanya kamu perlu mendaftarkan email dan juga nomor hp. Tak hanya bisa cek saldo saja, layanan ini juga membuat kamu melakukan transaksi di dunia perbankan seperti transfer dan membayar tagihan.

2. Memakai Aplikasi dan Pesan SMS

Cek saldo lewat website adalah hal yang mudah tapi ada cara yang lebih mudah lagi untuk mengecek saldo. Salah satunya adalah memakai aplikasi dan SMS.

Kedua akses ini pastinya akan memudahkan kamu karena bisa langsung dibuka di ponsel. Misalnya kamu ingin cek saldo BRI. Pastinya kamu tinggal membuka aplikasi BRI Mobile dari ponsel.

Cara ini akan lebih mudah daripada kamu harus membukanya dari browser handphone maupun laptop. Untuk memakai aplikasi, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasinya baru mendaftarkan diri.

Cara pendaftaran pun beragam. Misalnya jika ingin mengaktifkan internet banking Bank BRI. Kamu bisa datang ke ATM terdekat. Selain aplikasi, kamu juga bisa menggunakan layanan SMS banking.

Kamu cukup mengirimkan SMS dengan format tertentu ke nomor bank yang dituju. Contohnya kamu ingin mengecek saldo bank BRI. Tentunya kamu bisa langsung mengirimkan SMS banking BRI.

Caranya ketik saldo spasi pin kemudian kirim ke 3300. Nanti kamu akan langsung mendapatkan balasan SMS mengenai informasi saldo. Mudah bukan?

3. Memakai ATM

Salah satu fungsi dari pemakaian ATM adalah mengecek saldo. Caranya juga mudah karena bisa dibilang konvensional atau biasa dilakukan oleh semua orang.

Kamu cukup memasukkan kartu ATM dan ikuti instruksi di layar. Nanti kamu tinggal memilih fitur cek saldo. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai pengecekan saldo di ATM.

Kamu harus memastikan bahwa mesin ATM yang dipakai adalah mesin milik rekening bank yang kamu miliki. Sebab, ada biaya yang harus dibayarkan jika mengecek saldo di ATM bank lain. Hal ini perlu diperhatikan karena akan memberikan kerugian secara finansial.

4. Hubungi Bank dengan Menelpon

Cara mengecek saldo satu ini termasuk yang paling tradisional. Kamu bisa menelpon bank untuk menanyakan status dari saldo. Alangkah lebih baik kamu menanyakan cara cek saldo untuk pertama kali dan menanyakan opsi cek saldo dengan cara yang paling mudah untuk kamu lakukan. Informasi rekening ini memang penting diketahui maka kamu memang sebaiknya menghubungi pihak bank.

5. Minta Notifikasi Rutin

Saat menghubungi bank, kamu bisa meminta pihak bank untuk memberikan informasi mengenai jumlah saldo secara rutin. Hal ini akan memudahkan kamu sehingga tak perlu repot-repot mengecek saldo beberapa kali. Bahkan, bank bisa memberikan notifikasi bila ada uang yang masuk dan keluar. Dengan begitu, kamu tak perlu memikirkan cara terbaik untuk mengecek saldo.

6. Datang ke Cabang Terdekat

Bila membutuhkan informasi seputar fitur untuk mengecek saldo, kamu memang bisa datang ke cabang terdekat. Namun jangan sampai kamu datang ke bank hanya untuk menanyakan saldo sebab akan membuang waktu. Manfaatkan waktu datang ke customer service dengan mendaftarkan layanan yang mudah.

Misalnya jika ingin mengecek saldo BRI untuk dipakai di handphone, kamu tinggal mendaftarkan internet banking BRI. Proses ini akan membantu kamu untuk mengakses internet banking. Kamu tak perlu takut merasa bingung karena akan dijelaskan secara rinci oleh customer service. Bahkan beberapa fitur mungkin memang harus dilakukan di bank cabang terdekat.

Hal ini penting karena keamanan transaksi sangat dibutuhkan. Dunia online membuat segala sesuatu menjadi sangat terbuka sehingga kamu mungkin saja mengalami hambatan khususnya dalam bidang keamanan. Dengan datang ke customer service, kamu jadi memahami hal-hal apa yang perlu diperhatikan saat memakai layanan online. Kamu juga akan diberikan PIN atau kode keamanan supaya transaksi kamu bisa aman.

Itu dia sederet cara mudah untuk mengecek saldo di rekening bank. Pastinya kamu harus lebih cerdas dalam pemakaian transaksi perbankan supaya transaksi tersebut tetap aman.

Artikel Terkait