Dunia Kerja

Sering Hadapi Deadline? Ini Jurus Ampuh Mengalahkannya

Sering Hadapi Deadline? Ini Jurus Ampuh Mengalahkannya

Ajaib.co.id – Kamu tentu sudah tidak asing dengan kata deadline. Biasanya, dalam dunia kerja, deadline sangat menghantui para pekerja yang diburu waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan tepat waktu. Agar kamu lebih memahami deadline adalah batas waktu atau tenggat waktu untuk pembayaran utang atau penyelesaian suatu pekerjaan.

Selain kata deadline ada juga beberapa orang yang menuliskannya dengan kata ‘dateline‘ yang berarti ‘time limit’ atau ‘batas waktu’. Sedangkan jika di lihat dari arti kata ‘date line’ artinya adalah “garis penanggalan”.

Menurut Encarta dictionary, Dateline adalah “line giving date and location: a line at the head of a newspaper article or similar item giving the date and place of writing” yang dalam bahasa Indonesianya berarti baris yang menyebutkan tanggal dan tempat: baris pada judul artikel koran atau item sejenis yang menyebutkan tanggal dan tempat penulisan.

Sedangkan, arti Deadline dalam Bahasa Inggris adalah time limit: the time by which something must be done or completed. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, deadline itu artinya adalah batas waktu atau waktu dimana sesuatu (pekerjaan) harus dilakukan atau diselesaikan.

Kedua kata ini memang hampir sama dan tidak terlalu masalah bagi sesama orang Indonesia. Namun, akan berbeda arti ketika kamu berbicara dengan orang asing.

Nah, setelah mengetahui perbedaan kedua kata tersebut, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana jurus ampuh mengalahkan deadline. Jika kamu yang saat ini berstatus sebagai karyawan dan melewati deadline, kamu pasti kena omel atasan atau bos. Nah, supaya tidak kena marah bos, kami redaksi Ajaib punya beberapa jurus ampuh untuk mengalahkan deadline:

1. Keramas

Kok keramas sih? Terdengar aneh ya. Namun dengan mencuci rambut, kepala kamu bakal menjadi enteng dan tidak penat lagi ketika mengerjakan tugas. 

Coba kamu bayangkan, ketika rambut lepek saat mengerjakan tugas dengan deadline yang sudah di depan mata, kami bakal semakin gerah dan stres. Ini bisa menganggu konsentrasi kamu dalam mengerjakan tugas.

Agar pikiranmu lebih fresh, cobalah keramas saat sore hari dengan memberikan sedikit pijatan-pijatan di kepalamu. Hal ini dilakukan agar kepal terasa rileks, sehingga kamu tidak merasa tertekan dengan deadline yang semakin dekat.

2. Kopi

Sudah menjadi rahasia umum kalau kopi adalah teman di saat lembur. Efek kafein mampu menyegarkan tubuh kita, walau ini hanyalah kamuflase untuk sesaat saja. Dengan meminum kopi hitam pekat ini, deadline adalah hal yang bisa kamu atasi, karena kamu akan selalu terjaga, sehingga ini bisa mencegahmu ketiduran saat mengerjakan tugas.

Namun, kamu harus ingat, jangan meminum kopi secara berlebihan, karena kandungan kafein sangatlah berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi terus-menerus.

3. Pasang Alarm Secara Berkala

Ketiduran adalah hal yang sangat mungkin terjadi ketika kamu mengerjakan tugas. Maka dari itu, kamu harus berkreasi untuk mencegah dirimu tertidur saat tengah menyelesaikan tugas. 

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memasang alarm secara berkala, semisal tiga puluh menit sekali. Dengan begitu, tentu tidurmu tidak akan lama dan bisa terus berlanjut hingga pagi hari.

4. Jauhkan Ponsel Saat Bekerja

Ponsel adalah godaan terbesar saat tengah mengerjakan tugas, entah untuk mengecek social media atau bermain game. Untuk mengejar deadline yang semakin dekat, cobalah untuk menjauhkan ponsel dari jangkauanmu. Biasanya, ponsel ini sering menjadi alasan menunda pekerjaan, karena sekali kamu memainkannya, kamu akan terlarut hingga berjam-jam, dan waktu berhargamu untuk mengejar deadline pun hilang begitu saja.

5. Posisi Duduk

Posisi ideal untuk mengerjakan tugas adalah dengan duduk di atas kursi dan menggunakan meja untuk menulis. Jangan mengerjakan tugas dengan posisi yang berpotensi membuatmu mengantuk, contohnya seperti tengkurap. Usahakan pula untuk tidak mengerjakan tugas di atas kasur, karena empuknya kasur akan menggoda kamu untuk segera tidur.

Cara-cara di atas cukup efektif dam bisa kamu terapkan saat deadline hanya tinggal menghitung jam. Namun perlu diingat, seefektif apapun tips-tips ini, tentu hasilnya akan lebih maksimal jika kamu mengerjakan tugas tersebut jauh-jauh hari. Tentunya hasil akhir tugasmu akan sesuai dengan yang diharapkan jika kamu memiliki banyak waktu untuk mengerjakan dan mengoreksinya.

Artikel Terkait