Investor Pemula

5 Buku Finansial yang Wajib Dibaca Semua Orang

Rekomendasi buku finansial untuk calon investor

Ajaib.co.id – Tidak ada satupun individu yang lahir mengetahui apa yang harus dilakukan dengan uang mereka. Untuk itulah buku finansial diciptakan. Mempelajari cara memasak ayam ala restoran, mengetahui bagaimana jalannya Perang Dunia ke II, hingga buku cara menjadi super kaya dalam waktu kurang dari sepuluh tahu. Namun, tidak semua buku ditulis cocok untuk semua orang.

Misalnya pada buku keuangan, ada buku yang membosankan, ada buku yang berisi saran-saran finansial yang terlihat bodoh, strategi investasi, dan ada buku yang isinya tentang fitur ekonomi terkemuka dan sepak terjang dalam hidupnya. Lalu, bagaimana cara kamu mengetahui buku yang layak untuk dibaca?

Banyak buku tentang ekonomi dan keuangan yang dirilis setiap tahunnya, tapi sayangnya hanya beberapa yang bagus dan layak untuk dibaca sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu di Goodreads dan membeli buku hanya karena memiliki ulasan dan reputasi yang bagus. Berikut rekomendasi buku finansial rekomendasi para pakar yang dirangkum Redaksi Ajaib dari wealthsimple.com.

A Random Walk Down Wall Street

Dirilis pada 1973 oleh Burton Malkiel, buku ini mengubah perspektif banyak orang dalam mengelola keuangan. Penulisnya yang merupakan ahli ekonom mempertanyakan tentang rekomendasi pekerja-pekerja di Wall Streets terkait instrumen investasi yang kerap kali merugikan para investor.

Menurut Malkiel, jika individu ingin mendapatkan keuntungan dari investasi yang baik, jangan pernah menggunakan jasa penasihat finansial tapi belilah reksa dana. Apa yang dikatakan Malkiel ada benarnya juga. Beth Kobliner, penulis Get a Financial Life dan Make Your Kid a Money Genius mengungkapkan bahwa riset yang dilakukan Malkiel terbukti kebenarannya dalam jangka panjang.

Riset tersebut menyebutkan bahwa kebanyakan manajer investasi tidak menunjukkan performa yang optimal di indeks saham S&P 500. Sepertinya ini waktu yang tepat untuk kamu mempelajari tentang investasi dan menjadi manajer investasi untuk diri sendiri.

Unconventional Success

Michael Katchen, founder dan CEO firma keuangan WealthSimple mengaku berterima kasih dan menghargai David Swensen selaku penulis dari buku ini. David mengelola keuangan Yale Endowment sejak pertengahan 1980an. Ia bertahan di Yale dan memutuskan menjadi manajer investasi yang mengelola portofolio secara agresif.

Di buku yang ditulisnya, David menjelaskan tentang landasan penting sebuah portofolio secara lengkap dengan bahasa yang ringan, sehingga pembaca yang tidak memiliki latar belakang ekonomi dan finansial bisa memahaminya. Tentunya saran yang dipaparkan tidak terlalu mendasar seperti buku-buku laris pada umumnya.

Millionaire Teacher

Buku finansial selanjutnya yang layak kamu baca adalah Millionaire Teacher karya Andrew Hallam. Jessica Moorhouse yang merupakan pembawa acara Podcast Mo Money mengatakan kalau buku ini merupakan salah satu buku yang mengubah sudut pandangnya terkait kekayaan, kesederhanaan, dan investasi.

Sebelumnya, Jessica sudah membaca beberapa buku tentang investasi dan kebanyakan dari buku tersebut sulit untuk dicerna, hingga akhirnya Ia membaca Millionaire Teacher. Buku tersebut sangat ringan untuk dibaca sehingga memberikan kesan investasi bukan hal sulit untuk dipelajari. Jessica juga mengaku bahwa Andrew Hallam merupakan pribadi yang bersemangat untuk memberikan edukasi tentang finansial yang cocok untuk semua orang.

I Will Teach You To Be Rich

Ditulis oleh Ramit Sethi pada 2009, buku ini menginspirasi Kelley Keehn yang merupakan author dari buku Talk Money To Me. Pada buku I Will Teach You To Be Rich, penulis menggunakan konsep “money dial” dengan meminta pembaca untuk menilai segala sesuatu yang mereka habiskan dari pendapatan (traveling, makanan, pakaian, barang elektronik) lalu memilih satu atau dua hal yang paling disukai.

Kemudian ia bertanya: bagaimana jika kita benar-benar fokus ke 1 hal saja? Misalnya, jika kamu suka traveling, kenapa kamu tidak menggunakan layanan penerbangan kelas satu atau menginap di hotel yang paling mahal untuk menciptakan pengalaman traveling yang terbaik. Seseorang tidak benar-benar memanjakan dirinya karena banyak hal yang harus dilengkapi. Hal ini justru tidak memberikan kesenangan yang nyata pada siapa pun.

What You Do Is Who You Are

Buku ini sebenarnya bukan tentang finansial meski ditulis oleh Ben Horowitz, founder dari firma venture capital Andreessen Horowitz. Buku ini berfokus pada menciptakan sebuah kebudayaan di perusahaan, dan yang menciptakan kebudayaan tersebut adalah apa yang kamu lakukan dan kerjakan di perusahaan tersebut. Uniknya, buku ini juga membahas bagaimana uang bisa mempengaruhi kebudayaan sebuah perusahaan.

Dalam buku tersebut, Ben menjelaskan bahwa dirinya menghargai usaha pengusaha dan bisnisnya. Namun, terkadang para pemilik venture capital kerap mengucilkan para pengusaha hanya karena membutuhkan uang dari mereka. Pada buku ini, Ia merekomendasikan kepada pemilik venture capital dan perusahaan lainnya untuk menghargai pengusaha dengan cara membayar denda setiap melakukan kesalahan yang merugikan waktu pengusaha. Unik sekali, bukan?

Broke Millennial Takes On Investing: A Beginner’s Guide to Leveling Up Your Money

Chelsea Fagan, author dari buku The Financial Diet sangat merekomendasikan buku finansial ini pada generasi milenial atau investor pemula. Sesuai dengan namanya, buku yang ditulis oleh Erin Lowry merupakan investasi yang tepat bagi calon investor yang ingin mulai berinvestasi tetapi menganggap prospek tersebut menakutkan.

Menurut Chelsea dalam ulasannya terhadap buku ini, Erin mampu menghadirkan konsep keuangan yang sulit dipahami menjadi sesuatu yang mudah dipahami dan dibicarakan oleh orang-orang awam. Jadi, jika kamu merasa terintimidasi dengan investasi dan hal-hal terkait, sepertinya buku Broke Millennial Takes On Investing: A Beginner’s Guide to Leveling Up Your Money layak dimiliki.

Bagi kamu yang ingin tahu dunia investasi, coba baca buku di atas. Jangan lupa langsun praktikkan ilmu yang sudah ada di tempat yang aman. Invetasi di Ajaib dijamin aman karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Indonesia Stock Exchange (IDX). Dengan beragam pilihan instrumen investasi dengan harga terjangkau dan tanpa minimal deposit untuk rekening saham, kamu bisa mulai mengembangkan portofolio investasi.

Sumber: Six Totally Worthwhile Personal Finance Books According to People Who’d Know

Artikel Terkait