Reksa Dana

Reksa Dana Bank Terbaik, Lihat Daftar Rekomendasinya di Sini

reksa dana bank terbaik

Ajaib.co.id – Apakah kamu tertarik untuk berinvetasi di reksa dana? Pas sekali, karena artikel ini akan membahas investasi di reksa dana serta akan memberikan daftar reksa dana bank terbaik. Namun sebelum kita membahas bank mana yang memiliki reksa dana terbaik, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu reksa dana.

Cukup banyak kaum milenial yang memulai investasi awalnya di instrumen reksa dana. Reksa dana sendiri adalah tempat untuk menghimpun uang secara kolektif. Dana yang terkumpul tersebut akan dikelola oleh manajer.

Kemudian, untung dan rugi dari investasi reksa dana ini akan dibagi rata kepada seluruh investor. Maka itu, reksa dana juga sering disebut-sebut sebagai tempat perkumpulan para investor karena sistem yang digunakannya ini.

Banyak kekhawatiran yang timbul dalam diri seseorang yang baru akan memulai untuk investasi di reksa dana, termasuk generasi milenial yang baru pertama kali mencoba investasi di reksa dana. Namun, kekhawatiran ini memang penting adanya. Kekhawatiran menimbulkan pemikiran kritis yang bisa membuat kita terhindar dari masalah atau risiko yang ada.

Apa itu Investasi Reksa Dana?

Reksadana adalah instrumen investasi yang mengumpulkan dana dari masyarakat, yang kemudian diinvestasikan dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi di berbagai instrumen investasi.

Cara kerja investasi ini adalah investor menyetorkan dana investasi ke manajer investasi yang akan mengelola reksa dana ke dalam penempatan di berebagai instrumen investasi sesuai kebijakan dan strategi yang sudah ditetapkan dalam prospektus reksadana. Salah satu keunggulan investasi ini adalah bisa memilih investasi reksa dana konvensional atau cara investasi reksa dana syariah bagi pemula, karena ada banyak pilihan cara investasi reksadana.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Ada 4 (empat) jenis reksa dana yang paling umum digunakan oleh investor. Apa saja jenis-jenisnya? Di bawah ini adalah penjelasan jenis-jenis reksa dana yang perlu kamu ketahui.

#1. Reksa Dana Pasar Uang

Dari seluruh jenis reksa dana, jenis pasar uang menjadi salah satu instrumen reksa dana yang paling aman dengan risiko kecil. Hal ini karena, mayoritas dananya akan dialokasikan ke deposito atau surat berharga yang jatuh tempo di bawah satu tahun.

Namun, karena risikonya yang kecil, return yang didapatkan dari investasi pasar uang juga lebih kecil, dan tetap besar dibandingkan deposito. Bukan hanya itu, ketika kamu berinvestasi reksa dana pasar uang, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal besar seperti berinvestasi deposito.

Selain itu, dalam lima tahun belakangan reksa dana pasar uang yang kamu simpan juga bisa mencetak return di atas 35%. Salah satu faktor penyebabnya adalah adanya kenaikkan bunga deposito yang mengikuti bunga SBI di kisaran 6% dan bunga obligasi perusahaan yang berada di 7%.

#2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Jenis reksa dana ini merupakan salah satu reksa dana yang aman dari risiko invesatasi setelah reksa dana pasar uang. Di mana, mayoritas dana dari instrumen ini akan dialokasikan ke obligasi milik pemerintah dan swasta. Kemudian, sisanya akan dialihkan ke instrumen pasar uang. Sehingga, pergearakknya cenderung lebih stabil. Bukan hanya itu, jenis reksa dana ini juga dibilang investasi yang menjanjikan, terutama ketika suku bunga deposito menurun.

Kenapa? Karena hanya dalam waktu setahun, kamu bisa mendapatkan bunga di atas 10% dengan risiko kecil. Dengan alasan itulah, banyak orang yang beralih dari deposito ke reksa dana pendapatan tetap. Bukan hanya itu, dengan investasi reksa dana, kamu pun bisa menarik uang kapan saja tanpa harus menunggu waktu seperti deposito.

#3. Reksa Dana Campuran

Reksa dana jenis ini akan membagi dana yang kamu simpan ke beberapa instrumen investasi mulai dari saham, obligasi dan pasar uang. Reksa dana jenis ini termasuk instrumen investasi yang bisa memberikan high return, sama seperti reksa dana saham. Namun, risikonya menengah, yaitu lebih rendah ketimbang saham, namun lebih tinggi daripada reksa dana pendapatan tetap.

Maka dari itu, reksa dana campuran juga cocok untuk investor yang ingin mendapatkan untung tinggi dari pasar saham, namun tetap berharap keuntungan yang stabil dari obligasi. Dengan reksa dana jenis ini, kamu juga bisa mengalihkan risiko kerugian saat pasar saham sedang turun dan melemah. Jika kamu memilih reksa dana jenis ini, pastikan kamu menyimpan dana dalam jangka waktu menengah, yaitu 3 – 5 tahun.

#4. Reksa Dana Saham

Reksa dana saham merupakan instrumen dengan keuntungan paling tinggi dari jenis-jenis reksa lainnya. Namun, ketika kamu ingin mulai masuk ke dalam investasi ini, kamu harus tahu bahwa risiko investasi ini juga paling besar. Dalam reksa dana ini, Manajer investasi akan mengalokasinya dana yang kamu simpan ke dalam pasar saham.

Jenis investasi ini cocok bagi investor agresif yang tidak masalah dengan risiko tinggi dengan hasil yang besar. Jika kamu ingin terjun langsung ke pasar saham dan memiliki portofolio investasi saham, namun masih bingung dan belum terlalu paham analisis fundamental atau teknikal. Investasi reksa dana saham bisa menjadi pilihan awal bagi kamu.

Daftar Investasi Reksa Dana Bank Terbaik di Indonesia

Investasi pada instrumen reksa dana pun harus memerlukan pemikiran yang kritis karena tidak sedikit orang atau badan yang menjual produk reksa dana palsu. Kasus penipuan produk reksa dana pun semakin meningkat sehingga untuk orang-orang seperti kamu yang benar-benar ingin memulai investasi pada reksa dana harus berhati-hati.

Untuk itu, berikut daftar Reksa Dana Bank terbaik di Indonesia yang terjamin, asli, dan terpercaya sehingga kamu tidak perlu ragu untuk berinvestasi:

#1. Reksa Dana Bank Mandiri

Jika kamu tertarik untuk membeli produk reksa dana pada bank ini, kamu bisa mengunjungi situs most.co.id, yaitu situs dan aplikasi investasi jual beli saham dan reksa dana yang dimiliki oleh Mandiri Investasi, anak perusahaan Bank Mandiri. Pilihan produk Reksa Dana Bank Mandiri cukup beragam dan tidak hanya dikelola oleh manajer dari Mandiri Investasi tetapi juga oleh Manajer Investasi lainnya.

Investasi Reksa Dana Bank Mandiri pun bisa kamu mulai hanya dengan modal Rp50.000, lho! Untuk registrasi atau pendaftaran Reksa Dana Bank Mandiri pun bisa dilakukan secara online. Kamu hanya perlu melakukan video call dengan pihak Bank Mandiri untuk verifikasi akun nasabah.

Mandiri Investasi menawarkan produk investasi Reksa Dana Bank Mandiri termasuk Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pendapat Tetap, Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Penyertaan Terbatas, Reksa Dana Terproteksi, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset, serta Reksa Dana Mandiri Syariah.

Di bawah ini adalah beberapa manajer investasi yang telah bekerja sama dengan bank Mandiri.

a. PT Bahana TCW Investment Management

b. PT Batavia Prosperindo Aset ManajemeN

c. PT Danareksa Investment Management

d. PT BNP Paribas Investment Partners

e. PT Mandiri Manajemen Investasi

f. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

g. PT Schroder Investment Management Indonesia

h. PT Ashmore Asset Management Indonesia

i. PT Kresna Asset Management

#2. Reksa Dana Bank BNI

Bank BNI menawarkan investasi untuk produk reksa dana mereka dengan nama Supermarket Reksa Dana. Bank BNI menyediakan produk reksa dana dari delapan manajer investasi yang ditawarkan. Untuk bisa membeli produk investasi reksa dana di Bank BNI, kamu harus menjadi nasabah Bank BNI terlebih dahulu. Nominal minimum untuk dapat berinvestasi pun cukup besar, yaitu investasi pertama senilai Rp10.000.000. Namun untuk setoran selanjutnya kamu cukup menyetor deposit minimum sebesar Rp1.000.000.

Seperti yang telah disebutkan, kamu harus menjadi nasabah Bank BNI terlebih dahulu baru bisa berinvestasi pada produk reksa dana Bank BNI. Untuk menjadi nasabah Bank BNI pun kamu harus datang langsung ke kantor cabang serta mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening. Kamu juga harus menyiapkan dokumen seperti fotokopi KTP, KK, dan lain sebagainya. Untuk sementara ini, Bank BNI belum memiliki layanan online sama sekali, termasuk untuk produk reksa dana mereka.

Bank BNI juga telah bekerja sama dengan beberapa manajer investasi, apa saja daftarnya? Selengkapnya cek di bawah ini.

a. PT Schroder Investment Management Indonesia

b. PT Danareksa Investment Management

c. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

d. PT BNI Securities

e. PT BNP Paribas Investment Partners

f. PT Bahana TCW Investment Management

g. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

h. PT Trimegah Asset Management.

#3. Reksa Dana Bank Permata

Seperti Bank Mandiri, Bank Permata juga menyediakan layanan online untuk transaksi perbankannya, termasuk untuk investasi produk reksa dana. Bank Permata menyediakan layanannya melalui PermataNet.com, sebuah situs dan aplikasi untuk nasabah Bank Permata. Ya, untuk membeli produk Reksa Dana Bank Permata memang harus menjadi nasabah Bank Permata terlebih dahulu. Untuk pendaftaran menjadi nasabah Bank Permata ini pun harus melalui kantor cabangnya.

Namun, jika kamu benar-benar tertarik untuk membeli produk Reksa Dana Bank Permata, kamu tidak perlu khawatir jika harus mengurus semuanya offline. Karena kamu hanya perlu datang sekali saja ke kantor cabang Bank Permata. Setelah rekeningmu jadi, kamu bisa mengontrol semua pembelian produk reksa dana kamu melalui situs atau aplikasi Permata Net.

Aplikasi ini juga bersifat one-stop shopping. Artinya, cukup dengan menggunakan PermataNet, maka kamu langsung bisa melakukan seluruh transaksi perbankan yang disediakan oleh Bank Permata. Pada PermataNet pun telah disediakan informasi mengenai reksa dana secara lengkap, termasuk pilihan reksa dana terbaik, biaya jual-beli, dan informasi mengenai reksa dana lainnya.

#4. Reksa Dana Bank Commonwealth

Bank Commonwealth merupakan pionir penjual produk reksa dana bagi mereka yang baru mulai berinvestasi, termasuk kaum milenial yang masih mencoba-coba untuk memulai berinvestasi. Maka itu, Bank Commonwealth pun membuat batasan minimum transaksi dengan besaran yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp100.000.

Seperti prosedur pada Bank Permata, kamu diharuskan untuk membuka rekening terlebih dahulu. Setelah menjadi nasabah, baru kamu bisa menikmati layanan online yang disediakan bank ini melalui aplikasi. Keunggulan produk reksa dana di Bank Commonwealth ini adalah beragamnya pilihan yang tersedia.

Hal ini dikarenakan banyaknya Manajer Investasi yang menjual produknya melalui Bank Commonwealth. Beberapa produk reksa dana pun tidak mengenakan biaya pembelian alias bunga sebesar 0%. Tersedia juga fasilitas auto-invest sehingga bagi kamu yang ingin melakukan pembelian rutin, bisa mengaktifkan fasilitas ini dan pembelian pun akan berjalan otomatis.

Di bawah ini, Ajaib akan menjabarkan beberapa manajer investasi yang telah bekerja sama dengan Bank Commonwealth.

a. PT Ashmore Asset Management Indonesia

b. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

c. PT BNP Paribas Investment Partners

d. PT CIMB-Principal Asset Management

e. PT Danareksa Investment Management

f. PT Eastspring Investments Indonesia

g. PT First State Investment Indonesia

h. PT Mandiri Manajemen Investasi

i. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

j. PT Schroder Investment Management Indonesia.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan produk investasi reksa dana di beberapa bank, kamu bisa mulai membandingkan dan memilih produk reksa dana bank mana yang paling cocok dengan kebutuhanmu. Sekali lagi, pastikan kamu membeli produk reksa dana bank yang terpercaya, ya!

Selain membeli produk investasi di bank, kamu juga bisa membeli dan memulai investasi reksa dana melalui platform Ajaib. Dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi reksa dana, kapan dan di mana saja. Hanya dengan memilih manajer investasi dan menyimpan dana minimal Rp10 ribu, kamu sudah bisa mulai berinvestasi sekarang juga di Ajaib.

Namun, pastikan kamu membaca fund fact sheet manajer investasi yang kamu pilih sebelum kamu membeli reksa dana. Selain itu, dengan Ajaib kamu bisa memilih investasi jangka panjang maupun jangka pendek sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Meski begitu, perlu diketahui juga bahwa return investasi biasanya baru akan terlihat ketika kamu berinvestasi minimal 1 tahun.

Lalu bagaimana keamanannya? Investasi di Ajaib kamu tidak perlu ragu, karena aplikasi ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu bisa lebih aman berinvestasi di sini! Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait