Emas

Mau Tahu Harga Perhiasan Emas Hari Ini? Cek Di Sini!

harga perhiasan emas hari ini

Ajaib.co.id – Berapa harga perhiasan emas hari ini? Perhiasan emas saat ini banyak dikoleksi oleh kaum milenial, bukan hanya digunakan untuk mempercantik diri saja. Sebab, perhiasan emas umumnya dapat digunakan hingga kurun waktu yang lama sekalipun.

Biasanya, perhiasan emas yang dikoleksi sering dijadikan sebagai hadiah ataupun barang warisan dari orang tua pada zaman dahulu. Sebab, sebenarnya investasi emas perhiasan tidak begitu disarankan untuk dijual kembali, melainkan hanya untuk digunakan sehari-hari saja.

Jika kamu ingin beirnvestasi emas, kamu sebaiknya investasi emas batangan atau koin, karena memang emas fisik memiliki kecenderungan untuk selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Berbeda halnya dengan harga perhiasan emas hari ini, di mana perhiasan emas yang kamu miliki saat ini dapat menurun akibat kerusakan, goresan, kadar emas, dll.

Itu semua pasti akan kamu alami, ketika kamu berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Oleh karenanya, emas perhiasan lebih diperuntukkan untuk digunakan sehari-hari saja dibanding kamu jual kembali. Berikut harga perhiasan emas hari ini yang sudah Ajaib rangkum:

Harga Emas Perhiasan Hari Ini Naik atau Turun?

Dikutip dari Odnv.co.id, per tanggal 2 Maret 2020, patokan harga emas perhiasan dari berbagai kadar emas yang dimiliki sebagai berikut.

  • Emas 22K = Rp671.000
  • Emas 20K = Rp610.000
  • Emas 18K = Rp549.000
  • Emas 16K = Rp488.000
  • Emas 14K = Rp427.000

*Harga emas perhiasan di atas dihitung berdasarkan harga emas Antam 22K (buyback) secara real-time pada hari yang sama.

Tercacat pada hari Senin (1/3/2020), harga emas mengalami kenaikan yang membuat daya beli masyarakat terhadap perhiasan emas menurun. Sebab, mereka lebih memilih untuk menjual emas perhiasan yang dimilikinya.

Contohnya saja, sejumlah pedagang emas di Kota Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat, kala itu, harga jual perhiasan emas mencapai Rp2,4 juta per mayam (3 gram). Rata-rata sejumlah pedagang emas itu harus membeli emas perhiasan yang masyarakat jual sebesar 60 mayam (180 gram) atau paling sedikit seharga Rp150 juta/hari. Namun, pembelian rata-rata emas perhiasan hanya berkisar 10 mayam saja atau 30 gram per harinya.

Penyebab Meningkatnya Daya Jual Emas Perhiasan di Sejumlah Daerah

Salah satu penyebab dari tingginya daya jual emas perhiasan di Indonesia. Lantaran, para investor melepas uangnya dari pasar uang dan lebih memilih untuk menaruh dananya dalam bentuk emas batangan. Hal ini yang membuat harga emas melonjak dan aksi jual emas perhiasan menjadi salah satu opsi untuk memperoleh keuntungan.

Baik emas batangan atau emas perhiasan memang sudah dikenal sejak dahulu sebagai produk investasi unggulan ketika perdagangan mata uang sedang tidak baik. Sebab, mereka akan lebih memilih berinvestasi di jenis intrumen investasi yang lebih aman atau tidak terlalu berisiko seperti emas. Karena, emas sangat jarang terjadi mengalami penurunan yang sangat drastis, berbeda halnya dengan intrumen investasi lainnya seperti saham dan valas. Di mana, saham dan valas sering mengalami naik dan turun harga secara drastis.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas Perhiasan

Salah satu kekurangan ketika kamu berinvestasi emas perhiasan adalah kamu tidak memiliki sertifikat dari keaslian emas milikmu, dan terdapat beberapa hal lainnya yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

Adanya Peningkatan dan Penurunan Nilai

Kamu bisa membeli emas perhiasan dengan mudah di berbagai toko emas favoritmu, namun yang perlu kamu ketahui adalah kesamaan antara investasi emas batangan dan emas perhiasan, yaitu adanya harga jual dan harga beli.

Kalau kamu membeli emas batangan, terdapat harga jual dan buyback, ini juga sama halnya dengan investasi pada perhiasan emas. Namun, kelebihannya kamu bisa tawar-menawar dengan pedagang toko emas untuk mendapatkan harga terbaik. Bagaimana saat kamu menjual emas perhiasanmu?

Walaupun emas perhiasanmu memiliki desain dan model terbaru sekalipun, Ajaib rasa hal tersebut tidak akan mempengaruhi nilai dari emas perhiasan yang kamu jual tersebut. Karena, saat kamu menjual emas perhiasanmu ke toko emas, mereka tidak memiliki acuan harga yang jelas seperti halnya buyback ,yang kamu temui untuk emas batangan Antam. Oleh karenanya, penentuan harga emas perhiasanmu hari ini tersebut akan ditentukan secara sepihak saja, yaitu oleh pedagang emas tersebut.

Tidak Adanya Sertifikat

Berbeda halnya dengan investasi emas batangan yang memiliki sertifikat keaslian, kalau kamu berinvestasi emas perhiasan, kamu akan mendapatkan struk pembelian saja dengan rincian nama produk, kadar emas, berat, dan harga produk. Selain itu, emas perhiasan juga merupakan campuran dari logam-logam mulia lainnya seperti perak dan tembaga.

Inilah yang membuat emas perhiasan emas sangat sulit untuk diketahui asli atau tidak. Sebab, dalam emas perhiasan sudah tercampur dari beberapa jenis logam lainnya, yang membuat penentuan harga emas perhiasan menjadi sulit untuk dilakukan.

Hilang dan Rusak

Barang apapun yang mengalami kerusakan saat kamu ingin menjualnya, pasti akan mengalami penurunan nilai. Kerusakan yang terjadi pada perhiasan emasmu saat hendak dijual kembali akan mengurangi nilai emasmu tersebut. Selain itu, risiko kehilangan emas perhiasan juga cukup besar akibat aksi kejahatan. Sebab, emas perhiasan merupakan barang-barang yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi dan sangat mudah untuk dijual kembali.

Investasi Reksa Dana vs Emas

Selain emas, ada juga jenis intrumen investasi terbaik lainnya yakni reksa dana online. Investasi reksa dana merupakan salah satu produk investasi yang terbilang aman untuk kalangan investor pemula, yang baru terjun dalam dunia investasi. Salah satu kelebihan reksa dana dibanding emas adalah modal awal investasi yang kecil hanya minimal Rp10.000 saja. Bukan hanya itu saja, ketika kamu berinvestasi emas, terdapat biaya-biaya tersembunyi lainnya seperti biaya spread, biaya penyimpanan, dll. Sedangkan, investasi reksa dana bersama Ajaib, kamu tidak perlu memusingkan hal-hal tersebut. Sebab, biaya jual dan biaya beli di Ajaib, semua itu gratis tanpa dipunggut biaya apapun.

Mau investasi yang mana nih, reksa dana atau emas? Kalau, pilihannya adalah investasi reksa dana, kamu bisa memulai dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mudah dan cepat hanya butuh waktu 5 menit saja melalui website atau aplikasi Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait