Bisnis & Kerja Sampingan

Kisah Sukses Keluarga Gelael, Pemilik KFC Indonesia

Sumber: Mimbar Rakyat

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak kenal dengan nama besar Gelael. Gelael merupakan nama kedua dari pengusaha ternama di Indonesia Dick Gelael. Dick Gelael, merupakan seorang pebisnis yang berhasil mendirikan franchise makanan cepat saji KFC Indonesia dengan membeli lisensi perusahaan induk. 

Keluarga Dick Gelael juga mawarisi bakat dan nama besar keluarga menjadikan anak cucunya sebagai kalangan yang terpandang di Indonesia. Untuk lebih mengenal siapa itu Dick Gelael dan apa saja prestasi yang ia torehkan di tanah air, simak uraian berikut ini :

Gigih Sejak Muda

KFC muali masuk ke Indonesia, sejak tahun 1979. Kala itu Dick memang sudah lebih dulu memulai usahanya di sektor retail dengan membuka swalayan dan juga restoran cepat saji. Namun, setelah ia berhasil mengakuisisi sebagian saham perusahaan waralaba asal AS itu, ia kemudian mendapat hak lisensi untuk memulai keberuntungan di Indonesia dengan mendirikan restoran KFC.

Sebagai seorang yang legendaris dalam dunia bisnis Dick berhasil mencatatkan empat perusahaan besar asal luar negeri yang diimpor dari luar, antara lain PT Gelael Supermarket, PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Finindo Foods Indonesia, dan juga PT Aneka Satwitra Sari Food.

Dick memang terlatih untuk gigih dalam melakukan segala hal dan ia juga membuktikan keberhasilannya dalam setiap apa yang ia jalankan. Memulai bisnis di usia 23 tahun, Dick mulai menjajaki usaha bisnis swalayan yang mengantarkan barang kebutuhan rumah tangga ke rumah-rumah. Kala itu, bisnis swalayan tersebut dikelola sang istri.

Merasa bisnis swalayannya cukup diterima pasar, Dick akhirnya memulai usaha bersama kerabatnya yakni Rudy Tanudjaja dan Rasjid Thamrin. Ketiganya sepakat untuk mendirikan sebuah lokasi perbelanjaan dengan nama Gelael Supermarket.

Gelael Supermarket merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan beragam produk segar di mana pelanggan bisa mengambil sendiri barang yang dibutuhkan dengan bebas. Konsep ini diterima masyarakat kala ini dan hingga saat ini, metode tersebut diterapkan di berbagai minimarket dan supermarket terkemuka.

Supermarket ini juga tumbuh subur di ibu kota dan ia mulai beralih ke bisnis lainnya. Selain mengurusi supermarket, Dick membeli sebuah franchise es krim Swensen’s yang mana produk ini sangat popular di masanya.

Di bawah naungan PT Multi Food Indonesia, yang merupakan anak perusahaan Gelael, es krim asal Singapura ini sukses dan diminati masyarakat kala itu. Tidak sampai di situ, Dick Gelael akhirnya mampu membeli lisensi KFC masuk ke tanah air dibawah naungan PT Fast Food Indonesia.

Bersama istrinya, Elizabeth, dan anaknya sebagai pengelola di perusahaan tersebut, sementara Anthoni Salim menjadi presiden komisarisnya dan Dick Gelael menjabat sebagai Presiden Direktur KFC tumbuh subuh bahkan hingga detik ini masih terus membukukan laba yang baik.

Namun demikian, nyatanya tidak semua bisnis Dick Gelael bisa berjaya. Usaha supermarket-pun akhirnya gulung tikar lantaran tergerus oleh supermarket baru yang lebih modern.

Dengan kondisi perusahaan KFC yang semakin hari semakin menguntungkan Dick bahkan sempat tercatat sebagai satu dari jajaran orang terkaya di Indonesia. Tahun 2013 ia menduduki posisi ke 96 sebagai orang terkaya di ibu pertiwi dengan nominal kepemilikan harta 350 juta dolar Amerika Serikat.

Sosok Ayah yang Keras 

Dick Gelael meskipun memiliki harta yang tidak habis dalam 7 turunan, namun ia merupakan sosok ayah yang keras dan tegas. Ia juga tidak mendidik anak-anaknya untuk berleha-leha dan menikmati hasil kerja keras yang ia perjuangkan berpuluh-puluh tahun. 

Kepribadian ini juga nampaknya ia turunkan kepada putranya, Ricardo yang kini menjadi penerus waralaba KFC Indonesia. Walaupun merupakan penerus, Ricardo tentunya tidak dengan mudah mempertahankan KFC Indonesia menjadi sebuah restoran cepat saji dengan inovasi seperti saat ini.

Ricardo bahkan sempat menjadi seorang pelayan di Supermarket Gelael. Ia bahkan bekerja dengan tuntutan dan tekanan yang tinggi sesama karyawan lainnya. Walau di sisi lain ia adalah anak dari pemilik perusahaan, tentunya hal itu bukan sebuah pengecualian.

Berada dalam tangan Ricardo saat ini waralaba KFC Indonesia sudah mempunyai lebih dari 714 gerai yang tersebar di berbagai kota dan wilayah di Indonesia. Kelihaian Ricardo bahkan terbukti usai ia mampu memberikan inovasi menjadikan KFC tak hanya sebagai restoran, namun juga tempat berkumpul.

Selain itu, KFC juga menjadi perusahaan yang pertama kalinya memberikan paket bundling CD musik musisi-musisi tanah air di Indonesia. Langkah ini juga mendorong KFC mempopulerkan karya musisi tanah air.

Cetak Prestasi dari Generasi ke Generasi

Selain kepada Ricardo, Dick Gelael ke generasi penerusnya juga mencetak nama besar Sean Ricardo Gelael, yang merupakan pembalap mobil yang sukses saat ini. Sean mulai terjun di lintasan balap dengan sponsor baju baju balap kuning bertuliskan KFC.

Ide kreatif ini tentunya muncul selain menggandeng nama besar bisnis keluarga, ini juga merupakan bentuk dukungan Ricardo kepada karir sang anak.

Sean mulai menjajal kemampuannya di balap formula 3 sejak usia 16 tahun. Ia memulai ajang balap Formula 3 di Eropa yang berlangsung 10 putaran dan mencatatkan rekor sebagai satu-satunya pembalap termuda yang naik ke podium Formula 3.

Sean bersama Pertamina Prema Theodore Racing juga berhasil masuk dalam lima besar Formula 2 klasemen 2018 dan terus berharap agar dapat menembus masuk ke lintasan Formula 1.

Artikel Terkait