Ekonomi, Milenial

Mengenal Daftar Uang Indonesia Edisi Kemerdekaan

Instagram @Bank_Indonesia

Ajaib.co.id – Uang Republik Indonesia digunakan sebagai alat transaksi tunai dan merupakan alat pembayaran yang sah dengan mata uang rupiah. Uang Indonesia baik berupa uang kertas dan logam terdiri dari beberapa pecahan atau nominal.

Bukan hanya itu, gambar dan desainyang terdapat pada uang Indonesia juga beraneka ragam. Bank Indonesia (BI) beberapa kali mengeluarkan uang pecahan edisi khusus seperti pada peringatan kemerdekaan Indonesia setiap 25 tahun sekali. 

Apa saja ya, jenis uang yang diterbitkan oleh Bank Indonesia pada peringatan kemerdekaan, yuk simak uraian berikut ini :

Edisi 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Tahun 1970 pada peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-25 bank sentral mengeluarkan uang edisi khusus untuk peringatan kemerdekaan. Bank Indonesia mengeluarkan uang khusus seri 25 tahun kemerdekaan yang terdiri dari sembilan jenis uang koin dengan berbagai pecahan, yakni:

  • Pecahan Rp200 

Pecahan Rp200 merupakan uang logam perak dengan kadar 1000/1000 dengan diameter 26 mm. Warna dominan pada uang Indonesia seri khusus ini adalah perak di bagian depan maupun belakang. Pada bagian tengah depan uang logam seri ini terdapat gambar burung Cendrawasih sedangkan di bagian tengah belakang adalah gambar lambang negara burung Garuda.

  • Pecahan Rp250

Sama halnya dengan uang pecahan Rp200, uang logam Rp250 ini juga memiliki warna dominan perak pada sisi bagian depan dan belakang. Namun, diameter uang pecahan Rp250 ini lebih besar jika dibandingkan uang pecahan sebelumnya. Diameter untuk uang logam seri khusus Rp250 adalah 30 mm dengan gambar arca batu Manjusri dari Candi Tumpang Malang pada sisi bagian depan.

  • Pecahan Rp500

Uang Indonesia pecahan Rp500 memiliki berat 20 gram dengan garis tengah 40 mm. Uang pecahan ini, berbahan logam perak dengan kadar 1000/1000. Gambar penari wayang wanita menjadi desain utama pecahan ini pada sisi tengah depan dan lambang negara burung Garuda pada sisi bagian tengah belakang.

  • Pecahan Rp750

Uang logam perak Rp750 seri ini memiliki diameter 45 mm dengan berat 30 gram. Bahan dan kadar logam perak pada uang pecahan ini juga masih sama dengan uang pecahan sebelumnya. Pecahan seri Rp750 memiliki desain utama gambar Garuda ukiran Bali lho pada bagian tengah depannya. 

  • Pecahan Rp1.000

Uang khusus seri kemerdekaan Rp1.000 adalah uang logam emas dengan kadar 1000/1000, tentunya warna dominan uang logam seri ini adalah warna kuning. Pada uang logam emas ini, terdapat gambar salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia yakni Jenderal Sudirman. 

  • Pecahan Rp5.000

Uang pecahan Rp5.000 memiliki persamaan dengan pecahan Rp250 karena desain utama pada bagian depan uang ini adalah arca batu Manjusri dari Candi Tumpang Malang. Namun, uang pecahan RP5.000 seri ini merupakan uang logam emas dengan kadar 900/1000 dengan berat 68 gram.

  • Pecahan Rp10.000

Memiliki desain utama penari wayang wanita pada sisi bagian depan dengan bahan logam emas, uang pecahan Rp10.000 ini berdiameter 40 mm dengan warna dominan kuning.

  • Pecahan Rp20.000

Pecahan Rp20.000 adalah uang logam berbahan logam emas dengan kadar 900/1000 dan memiliki warna dominan perak. Gambar yang terdapat pada uang logam emas ini adalah ukiran Garuda Bali. 

  • Pecahan Rp25.000

Uang pecahan seri ke sembilan yang dikeluarkan pada peringatan kemerdekaan ke 25 adalah Rp25.000. Uang logam perak ini memiliki berat 8 gram dengan warna dominan perak pada sisi depan dan belakang dengan gambar Jenderal Sudirman.

Terdapat kata-kata “25 tahun Kemerdekaan” dan angka tahun 1945-1970 pada sembilan uang logam pecahan khusus ini.

Edisi 50 Tahun Kemerdekaan Indonesia

25 tahun kemudian, pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke-50 di tahun 1995, Bank Indonesia kembali mengeluarkan uang seri khusus kemerdekaan. Jumlah uang seri khusus yang dikeluarkan pada tahun ini tidak sebanyak uang pecahan pada tahun 1970. Hanya ada dua uang pecahan lho yang dikeluarkan BI pada saat itu, nah berikut ini rinciannya:

  • Pecahan Rp300.000

Uang pecahan RP300.000 ini adalah uang logam emas, warna kuning emas dengan kadar 23 karat. Uang logam pecahan ini dicetak dengan teknik cetak proof dan memiliki gambar logo DHN – 45 di sebelah atas gambar temu wicara Presiden Soeharto dengan masyarakat.

  • Pecahan Rp850.000

Pecahan Rp850.000 ini menjadi uang pecahan terbesar yang pernah dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Pecahan ini memiliki gambaran utama Presiden Republik Indonesia yakni Soeharto. Sama dengan uang pecahan Rp300.000, uang ini berbahan logam emas warna kuning dengan kadar 23 karat. Uang logam ini diberi nama uang khusus seri Presiden Republik Indonesia.

Edisi 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Tahun ini, tepat pada 17 Agustus 2020, Indonesia merayakan peringatan kemerdekaan yang ke 75 tahun. Pada peringatan kemerdekaan ini, Bank Indonesia kembali menerbitkan uang dengan nominal Rp75.000. Uang edisi khusus 75 tahun kemerdekaan kali ini tidak dalam bentuk uang logam perak maupun emas seperti sebelumnya. 

Bank Indonesia kembali mengeluarkan uang kertas sebagai bentuk syukur atas usia kemerdekaan Indonesia. Uang pecahan ini menjadi alat pembayaran yang sah dan dapat ditukarkan di lima bank umum.

Desain gambar pada uang kertas ini adalah pengibaran bendera pada saat Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945 dan terdapat gambar proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta. Kebhinekaan, keberagaman dan menyongsong masa depan yang gemilang menjadi tema dan filosofi dari uang kertas seri khusus ini. 

Nah, bicara tentang uang peringatan kemerdekaan, kamu juga dapat menyisihkan sebagian uangmu lho untuk mulai berinvestasi. Kamu dapat memilih instrumen investasi yang cocok untukmu.

Yuk, mulai berinvestasi di Ajaib, aplikasi online yang mudah, aman dan telah terdaftar di OJK dan mudah untuk kamu download. Tunggu apalagi? Jangan ragu berinvestasi di Ajaib! 

Sumber: Uang Khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Uang Indonesia kuno dari masa ke masa sampai terbaru, dan Daftar Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI Berbahan Emas Murni, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait