Banking

Tips Tukar Rupiah ke Mata Uang Asing untuk Liburan

mata uang asing

Liburan dan jalan-jalan ke luar negeri memang menyenangkan. Berbagai pengalaman yang didapatkan bisa dijadikan cerita kepada orang lain yang ada disekitarmu. Namun, tahukah kamu bahwa sebelum mulai jalan-jalan ke luar negeri, kamu harus menyiapkan dan mempertimbangkan banyak hal? Salah satunya ialah menukar uang rupiah ke mata uang asing atau negara tempat kamu akan berlibur.

Dalam penukaran mata uang asing, biasanya akan ada sedikit penurunan nilai. Hal itu karena adanya perbedaan nilai tukar. Sebenarnya, hal tersebut bisa disiasati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menukarkan uang dengan mudah dan murah.

Berikut ini tips dan cara menukar rupiah menjadi mata uang asing yang perlu kamu ketahui.

Riset Nilai Tukar Mata Uang

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum kamu menukarkan uang kamu ke currency asing adalah melakukan riset. Setelah itu, bandingkan nilai tukar mata uang di berbagai tempat dengan memperhatikan kurs jual dan kurs beli. Karena kondisinya yang ingin kamu konversi adalah nilai Rupiah dengan asing, jadi melakukan riset kurs beserta tempat menukar yang paling pas itu perlu, karena kamu pasti mencari kurs jual yang paling rendah.

Hati-Hati Memilih Tempat Tukar Mata Uang

Money Changer merupakan tempat yang sangat umum digunakan jika ingin melakukan transaksi tukar uang. Apalagi sudah banyak lokasi jasa money changer di Indonesia maupun luar negeri jadi mencarinya bisa dikatakan tidak sulit. Sebenarnya masih banyak tempat tukar lainnya seperti bank atau bandara, tapi kalau bisa dijadikan opsi setelahnya. Apalagi di bandara, nilai uang kamu bisa-bisa dinilai rendah dan mengalami pengurangan sampai dengan 20%, lho. Tapi proses menukar valuta asing di layanan money changer juga harus ekstra hati-hati, sebab tidak jarang ada penyedia jasa yang belum terpercaya serta kredibel. Jadi pastikan kalau tempat menukar valuta yang kamu gunakan terpercaya, ya!

Lakukan Tukar Mata Uang dalam Waktu yang Tepat dan Jumlah Sesuai

Setelah melihat 2 tips di atas, pasti kamu akan lebih tertarik menukarkan uang kamu di money changer, tapi satu hal lagi yang perlu kamu perhitungkan, yaitu jumlah nominal yang sesuai dan waktu penukaran yang tepat. Biasakan membuat anggaran berlibur terlebih dahulu, serta menentukan pos-pos keuangan sehingga saat menukarkannya kamu tidak perlu takut merasa kurang atau kelebihan ambil.

Maksudnya ialah pertimbangan waktu penukaran yang paling cocok karena nilai kurs bersifat fluid. Kurs pada hari ini saja bisa jadi sudah berbeda dengan keesokan harinya dan nilainya juga tidak selalu pasti. Namun, ada kemungkinan jika kamu menukar uang dari jauh-jauh hari, bisa jadi lebih menguntungkan karena nilai kurs jual sedang berada pada posisi yang relatif rendah daripada melakukan transaksi saat mendekati keberangkatan.

Jika Terpaksa Menukar di Luar Negeri, Utamakan Menukarnya via ATM

Saat ini, sudah banyak bank dari Indonesia yang memiliki jaringan secara global atau internasional. Hal ini akan memudahkanmu untuk menukarkan mata uang asing melalui ATM walaupun saldo di ATM kalian masih berbentuk rupiah.

Jangan Menukarkan Uang ke Orang Asing

Tempat yang paling aman untuk menukarkan uang tentunya adalah money changer. Jangan sekali-kali mencoba menukarkan uang asing ke orang individu yang tidak diketahui latar belakang dan tentunya tidak ada izin perdagangan valuta asing (valas).

Sebab kamu tidak akan mendapat jaminan apakah uang tersebut asli atau ternyata uang palsu. Meski ditawarkan dengan harga murah sekalipun, sebaiknya hindari.

Bila ternyata kamu mendapatkan uang palsu, bukannya untung tapi malah buntung, bukan? Dan kamu tidak bisa menuntut apa-apa karena memang perdagangan tersebut ilegal.

Manfaatkan Aplikasi Terpercaya untuk Transaksi Mendesak

Berbeda dengan cara transaksi pertukaran uang di atas, tips terakhir ini bisa kamu gunakan dalam keadaan terdesak. Dalam era yang serba teknologi seperi saat ini, sudah banyak aplikasi terpercaya untuk melakukan bermacam-macam transaksi, termasuk di antaranya mengirimkan uang ke negara lain. Kamu tinggal mencari aplikasi tersebut di playstore smartphone mu lalu unduh aplikasi tersebut. Namun ingat, dalam penggunaannya kamu harus bijak agar tidak boros.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa diikuti saat kamu ingin menukar rupiah ke mata uang asing untuk jalan-jalan. Sebenarnya selain mempersiapkan uang, kamu juga harus menyiapkan beberapa hal lainnya. Beberapa hal yang harus disiapkan di antaranya ialah sebagai berikut:

Paspor

Paspor merupakan hal terpenting untuk menemani perjalanan kamu selama di luar negeri. Tanpa paspor kamu tak akan diperbolehkan masuk. Untuk itu penting bagi kamu membawa paspor. Buatlah paspor di kantor imigrasi. Petunjuk pembuatan paspor ada di link ini.

Bawalah Internasional Adaptor

Di luar negeri, banyak hal berbeda dari Indonesia. Hal paling sepele yang mungkin dilupakan orang adalah adaptor. Di luar negeri, masing-masing negara memiliki tipe adaptor yang berbeda. Membawa internasional adaptor dalam ransel akan memudahkan kamu untuk mengisi daya ponsel, kamera, dan gadget lainnya.

Belajar Bahasa Negara yang kamu Tuju

Memang benar bahasa internasional adalah Bahasa Inggris. Namun, kelancaran berbahasa Inggris kamu terasa sedikit sia-sia saat kamu harus berkomunikasi dengan warga lokal yang tak bisa berbahasa Inggris sedikit pun.

Belajarlah sedikit bahasa lokal. Selain membantu komunikasi, setidaknya menyapa mereka dengan bahasa lokal bisa mendekatkan kamu dengan warga lokal di sana.

Visa

Banyak negara-negara di dunia yang masih memberlakukan wajib visa untuk warga Indonesia. Jika kamu membutuhkan visa kunjungan negara, sebaiknya kamu menyiapkannya jauh-jauh hari. Beruntung jika negara yang kamu kunjungi merupakan negara bebas visa.

Itinerary yang Lengkap

Perjalanan tanpa tujuan terkadang menyenangkan. Tapi tak jarang akan membuat kamu kebingungan. Kapan harus mengunjungi tempat ini, dimana bisa menyewa rental motor, dan kapan harus membeli tiket pesawat. Jadwalkan semua dengan tepat dan rapi, kamu tak perlu lagi bingung selama perjalanan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait