Mau Tahu Cek Pajak Motor Online yang Praktis? Ini Caranya

Cek Pajak Motor

Pajak kendaraan bermotor merupakan hal yang wajib dilakukan setahun sekali. Maka dari itu, wajar jika banyak warga masyarakat yang ingin mengetahui cara cek pajak motor online. Hal itu karena saat ini di sebagian daerah, terutama DKI Jakarta, cek pajak motor atau kendaraan dapat dilakukan secara online.  

Pada masa sekarang, tidak sulit untuk mengecek pajak kendaraan bermotor. Karena hal itu dapat dilakukan dengan cara online melalui internet. Tidak hanya itu, pembayarannya pun juga bisa secara online. 

Apalagi saat ini sudah ada sebuah aplikasi untuk mempermudah pengecekan dengan adanya aplikasi e-Samsat. Aplikasi tersebut telah dikembangkan oleh sebagian pemerintah daerah di Indonesia.

Dengan adanya aplikasi e-Samsat, kamu akan semakin mudah untuk melakukan pajak motor online. Tidak hanya untuk motor saja, namun juga kendaraan bermotor lainnya. Karena kamu tidak harus mengunjungi Samsat dalam mengurus pajak kendaraan. 

Apa Itu Pajak Kendaraan? 

Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang diambil dari penguasaan dan / atau kepemilikan kendaraan bermotor. Saat ini, pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan menggunakan aplikasi.

Maksud dari kendaraan bermotor tersebut adalah kendaraan yang beroda, termasuk gandengannya yang dimanfaatkan pada seluruh jalan darat. Selain itu, kendaraan tersebut digerakkan dengan instrumen teknik dalam wujud motor, mobil. Serta lainnya yang memiliki roda lebih dari dua, seperti bus dan truk.

Penjelasan ini juga termasuk mesin besar atau mesin berat yang pada penggunaannya memanfaatkan roda dan motor yang tidak menempel secara tetap. Seperti halnya kendaraan bermotor yang dijalankan di air.

Penjelasan ini bisa kamu lihat dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 mengenai Pajak Kendaraan Bermotor. 

Tarif / Biaya Pajak Kendaraan Bermotor 

Seperti kita ketahui, pajak macam apapun mempunyai biaya yang tidak sama. Termasuk biaya untuk kendaraan bermotor. Berikut detail penjelasannya:

·        Untuk kepemilikan kendaraan bermotor pertama, biayanya 2 persen. Lalu bagi kendaraan bermotor ke-2, biayanya sebanyak 2,5 persen dan bakal bertambah 0,5 persen untuk masing-masing tambahan kendaraan bermotor.

·        Untuk kepemilikan kendaraan bermotor oleh badan, biaya pajaknya sebanyak 2 persen.

·        Untuk kepemilikan kendaraan bermotor oleh pemerintah pusat serta pemerintah daerah, biaya pajaknya sebanyak 0,50 persen.

·        Untuk kepemilikan kendaraan bermotor alat berat, biaya pajaknya senilai 0,20 persen.

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Buat kamu yang mempunyai kendaraan bermotor, maka harus melakukan pembayaran wajib pajak setiap tahun. Ada dua macam pajak pembayaran kendaraan bermotor yang perlu kamu ketahui. Yaitu, pajak yang pembayarannya dilakukan setiap tahunnya, dan pajak yang pembayarannya setiap 5 tahun sekali. 

Apabila pajak tahunan adalah pajak yang wajib disetorkan secara rutin setiap 1 tahun sekali. Maka, untuk pajak 5 tahunan akan ditandai dengan adanya perubahan atau pergantian pelat nomor kendaraan beserta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Untuk pajak 5 tahunan, kamu perlu mengunjungi kantor Samsat, sebab pembayaran pajak tersebut belum dapat diproses dengan e-Samsat.

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor dengan Cara Online

Sejak adanya internet, banyak hal dalam hidup menjadi terasa lebih mudah. Termasuk dalam soal membayar pajak kendaraan bermotor. Kamu tidak perlu repot-repot lagi mengunjungi kantor Samsat untuk melakukan pembayaran. Cukup duduk manis di rumah, maka semua beres. 

Apalagi jika lokasi kantor Samsat cukup jauh dari rumah kamu, dan terjebak macet di jalan. Rasanya tentu bertambah berat untuk melakukan pembayaran pajak. Belum lagi jika antrean saat itu panjang. Nah, dengan adanya internet, kamu bisa melakukan pembayaran pajak melalui elektronik. 

Cara Cek Pajak Motor Online

Seperti telah kami jelaskan di atas, cara penghitungan pajak kendaraan bermotor tentu saja berbeda-beda. Untuk menentukan hal tersebut, semua berdasarkan dari Perda nomor 2. Tahun 2015 mengenai perubahan Perda nomor 8. Tahun 2010 mengenai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). 

Terdapat banyak cara cek pajak motor online. Di bawah ini merupakan cara memantau pajak motor secara elektronik yang paling populer. 

1. Website

Kamu bisa melakukan cek pajak kendaraan bermotor atau cek ranmor DKI Jakarta lewat website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Dengan memantau website tersebut, pemilik bakal diminta nomor kendaraan serta Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebelum memperoleh keterangan pajak kendaraan. 

Sedangkan untuk wilayah lainnya, kamu dapat memantau melalui situs yang berbeda, yang dapat kamu cari dari Samsat pusat masing-masing wilayah. 

2. Aplikasi

Cara cek pajak motor online berikutnya juga tidak sulit. Yaitu melalui sebuah aplikasi yang bisa kamu download dengan menggunakan Play Store bagi pemilik Android. Caranya sangat mudah. Langkah pertama, kamu download aplikasi tersebut. Kemudian klik menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Setelah itu, ketik keterangan plat nomor kendaraan. Dengan demikian, keterangan tentang kendaraan bakal muncul disertai besaran pajak, dan tenggat waktu pembayaran. Mudah bukan? Namun saat ini, bagi pengguna iPhone harus menunggu karena belum tersedia. 

3. SMS 

Melalui SMS, kamu dapat dengan mudah memantau pajak kendaraan bermotor atau ranmor. Caranya dengan mengetik *368# di layar ponsel kamu. Setelah itu kamu dapat melakukan akses untuk mengetahui segala informasi pajak. 

Setelah selesai memasukkan nomor tersebut, bakal muncul keterangan DITLANTAS POLRI dengan alternatif 1. Polda Metro Jaya, 2. Polda Sumut. Dengan demikian apabila kamu berada di Ibu kota Jakarta, maka pilih nomor 1. Namun jika berada di Sumatera Utara, maka pilih nomor 2. Dst. 

Dari informasi tersebut bakal muncul lima alternatif pada layar. Yaitu, 

1. Info Ranmor (Kendaraan Bermotor), 

2. Info Pajak Ranmor, 

3. Pajak Reminder,

4. Info Simling (Surat Izin Mengemudi Keliling),

5. Info Samling (Samsat Keliling),

Pengguna atau pemilik kendaraan bermotor cukup memilih nomor 2. Setelah selesai memilih, pengguna bakal dimohon untuk memasukkan nomor kendaraan dengan tidak menggunakan spasi. 

Kemudian kamu cukup menunggu sebentar karena akan ada SMS yang masuk dari Polda Metro untuk menyampaikan keterangan. Kamu juga bakal mendapatkan SMS dari 8893 serta tulis info [spasi] pajak [spasi] nopol. 

Demikianlah cara cek pajak motor online yang perlu kamu ketahui untuk memudahkanmu dalam memantau pajak motor online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Devano dan Siti. 2006. Perpajakan: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Prenada Media Group.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait