Dunia Kerja

Manfaat Data Demografi untuk Penyelenggaraan Event

Ajaib.co.id – Data demografi memiliki peran penting dalam penyelenggaraan event yang sukses. Kamu bisa melakukan analisa dari data yang diperoleh sebagai acuan untuk pengambilan keputusan yang tepat. Sudah tahukah kamu manfaat data demografi pengunjung dan bagaimana cara menganalisanya?

Sebagai seorang event organizer, kamu pasti memikirkan bagaimana event kamu berjalan lancar, banyak peminat, dan tentu saja mencapai target yang ditetapkan. Untuk menganalisa hal tersebut, kamu memerlukan data demografi pengunjung.

Dalam KBBI, demografi memiliki arti ilmu tentang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk; ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik; ilmu kependudukan (sumber: KBBI).

Dengan kata lain data demografi yakni informasi mengenai jumlah atau statistik. Untuk itu, data demografi pengunjung untuk event sangat penting untuk dianalisa. Sebab, dengan mengetahui statistik data demografi, kamu bisa membuat event yang tertarget dan sukses.

Dalam industri event, demografi diartikan sebagai karakteristik pengunjung event yang kamu adakan. Karakteristik pengunjung event ini bisa kamu lihat dari usia, jenis kelamin, dan juga profesi yang mereka lakoni. Dengan begitu, kamu bisa melihat data demografi dari event yang kamu selenggarakan.

Di bawah ini merupakan cara bagaimana melihat data demografi event yang kamu adakan. Dengan melihat statistiknya, kamu bisa mengadakan event dengan tertarget dan tentunya bisa berlangsung sukses.

Manfaat Data Demografi Pengunjung

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari demografi pengunjung event. Dari data tersebut kamu bisa melihat apakah event yang kamu adakan tepat sasaran atau tidak. Nantinya, data tersebut bisa memberikan kamu persiapan dalam event selanjutnya.

Pertama, kamu bisa mengukur apakah event yang kamu adakan sukses atau tidak. Sudah sesuai dengan target pasarmu atau belum. Bisa kamu lihat melalui data jenis kelamin dan usia pengunjung event yang kamu adakan.

Dengan dekorasi yang kamu pilih, kebanyakan pengunjung berusia berapa? Berjenis kelamin apa? Dengan melihat hal tersebut kamu bisa mempersiapkan event selanjutnya jauh lebih baik.

Kedua, kesuksesan event yang kamu adakan bisa kamu lihat dari data demografi kamu. Kamu bisa menganalisa, sehingga selanjutnya bisa membuat konsep sesuai dengan target pasar. Mengenai dekorasi event, hingga memilih lokasi event yang sesuai. Tentunya, semua itu bisa dilihat dari data demografi yang sudah kamu pelajari di event sebelumnya.

Apabila event kamu sebelumnya kurang sukses, maka kamu bisa mengubah mengenai lokasi event, konsep, konten, serta hal-hal lainnya. Hal ini sangat mempengaruhi kesuksesan event yang kamu adakan.

Ketiga, dengan mengetahui demografi event, kamu bisa lebih mudah mencari sponsor untuk event kamu selanjutnya. Ketika mencari sponsor, kamu bisa menunjukkan target audiens, dari demografi yang kamu miliki ke brand. Kenapa begitu? Sebab, setiap brand memiliki target pasar tersendiri, sehingga kamu bisa menawarkan kerja sama dengan data demografi yang ada.

Dengan adanya demografi tersebut, brand bisa mengetahui dengan jelas target pengunjung dari event yang akan diselenggarakan. Selain itu, dengan data pengunjung yang datang, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari brand dan bisa dengan cepat mendapatkan sponsor.

Cara Mengetahui Demografi Pengunjung

Mendapatkan data demografi untuk event cukup mudah, loh. Kamu bisa membuat formulir pendaftaran untuk event yang akan kamu adakan. Tak peduli event itu berbayar atau tidak, kamu bisa menyebarkan formulir pendaftaran tersebut untuk mengetahui data pengunjung yang akan datang.

Dalam formulir tersebut kamu bisa meminta pengunjung untuk mengisi nama, alamat email, telepon, usia, gender dan data lainnya. Kamu juga bisa menanyakan minat serta harapan mereka terhadap event yang diselenggarakan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui demografi pengunjung event kamu.

Kamu bisa melakukan analisa terhadap pengunjung event dari data yang kamu dapatkan. Menggunakannya tentu untuk urusan bisnis dan mendapatkan sponsor untuk event.

Kamu pun bisa menggunakan data tersebut untuk mengetahui kira-kira berapa pengunjung event yang akan kamu adakan. Memiliki data demografi untuk event sangat bermanfaat untuk event kamu selanjutnya.

Mencari Informasi Psikografi Audiens

Kamu pun bisa mengetahui informasi psikografi dari pengunjung event yang kamu adakan. Dengan melihat demografi kamu mengetahui minat dari pengunjung event kamu. Mereka lebih menyukai konten seperti apa, gaya hidup seperti apa, kebiasaan mereka dalam memilih event, bahkan tentang kuliner seperti apa yang mereka sukai.

Demografi sangat penting di dunia marketing dan untuk kamu pelaku event. Hal tersebut bisa membantu kamu dalam mencari informasi mengenai pengunjung. Membantu kamu untuk memberikan terbaik untuk event selanjutnya.

Untuk singkatnya, melalui demografi, seorang pelaku event bisa mencari berbagai data yang objektif mengenai audiens, dan psikografi adalah untuk menemukan informasi-informasi subjektif milik pengunjung.

Karena itu, informasi psikografi ini menjadi satu unsur penting ketika membangun pengunjung yang datang ke event. Dengan mengetahui apa motivasi dari para pengunjung ini, akan memudahkan kamu untuk meningkatkan conversion pada konten terkait.

Dengan mengetahui minat pengunjung, kamu bisa menghemat waktu serta dana ketika melaksanakan event. Sehingga, kerja keras yang kamu lakukan tidak akan sia-sia dan sesuai target pasar.

Nah, bagaimana apakah kamu sudah memahami mengenai data demografi yang bermanfaat untuk kelancaran event kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat formulir pendaftaran untuk kelancaran event kamu, ya.

Banyak cara yang bisa kamu pelajari dengan data demografi, sehingga mempermudah kamu dalam membuat event yang menarik serta disukai banyak orang. Pasti menyenangkan bisa memberikan yang terbaik bagi pengunjung atau konsumen, sehingga bisa meningkatkan keberhasilan suatu event.

Artikel Terkait