Milenial

Makanan Khas Indonesia Mendunia, Mana yang Kamu Suka?

Tidak bisa dipungkiri lagi, jika Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beragam kuliner. Kuliner atau makanan khas Indonesia punya ciri khas tersendiri. Selain itu, beberapa makanan khas Indonesia juga dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Dengan beragam rempahnya yang melimpah, telah membuat makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang lezat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah makanan khas Indonesia yang dikenal dunia :

Rendang

Selain disukai oleh masyarakat Indonesia, makanan khas Padang ini sudah populer di dunia. Dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN, rendang berada di posisi pertama.

Saat ini, sudah banyak bumbu untuk membuat rendang yang dikemas secara instan. Rendang sendiri harus dimasak cukup lama, karena menggunakan beragam bumbu dan rempah pilihan yang menghasilkan rasa istimewa.

Gado-Gado

Makanan khas Indonesia yang satu ini terbuat dari bahan-bahan, seperti sayuran, tempe, tahu, kentang, telur, dan bumbu kacang.

Gado-gado juga disebut sebagai saladnya Indonesia. Makanan ini cukup terkenal di berbagai negara. Salah satunya di Napoli, Italia.

Sate Ayam

Pastinya kamu tahu, bahwa ada banyak sekali satai atau sate di Indonesia. Salah satu sate yang paling populer adalah sate ayam.

Ada seorang warga Indonesia yang mendirikan restoran di Kota Beppu, Pulau Kyushu, Jepang. Di restoran itu, ia menjual menu sate ayam.

Ternyata, menu tersebut sangat laris. Sehingga, banyak warga Jepang yang menyukai sate ayam dan menjadi terkenal di sana. Dengan bumbu kecap atau bumbu kacang, hmm…

Sop Buntut

Selain disukai oleh masyarakat Indonesia, ternyata penduduk Spanyol juga menyukai makanan khas Indonesia ini.

Penduduk Spanyol menyukai sop buntut, ketika kedutaan Indonesia di Italia memperkenalkan beragam kuliner khas Indonesia.

Bakso

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang sering kita temui hampir setiap hari. Bakso atau di negeri bule disebut meatball ini, sudah populer di beberapa negara.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi atau ayam yang dicampur dengan tepung. Kemudian, disantap dengan kuah kaldu yang memiliki cita rasa rempah lokal.

Tak heran, bakso menjadi salah satu kuliner favorit bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan ini juga disukai di dunia.

Sebab, banyak negara yang ingin mengimpor gudeg dalam bentuk kalengan. Uniknya, ada satu restoran di Melbourne, Australia, yang menyajikan menu gudeg asli Indonesia.

Nasi Goreng

Kamu bisa menemukan makanan khas Indonesia ini di berbagai negara. Selain itu, nasi goreng menjadi makanan yang paling lezat di dunia.

Pembuatan nasi goreng pun cukup mudah, yaitu nasinya dimasak dengan telur, sosis, daging ayam suwir, dan rempah pilihan. Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, Barrack Obama pun juga menyukai nasi goreng loh.

Ayam Penyet

Penyajian makanan ini sangat sederhana. Sebab, ayam penyet hanya disajikan dengan ayam, sambal terasi, dan lalapan saja.

Namun, jangan meremehkan rasanya. Selain harganya murah, rasanya pun sangat lezat. Kelezatan dari ayam penyet juga disukai oleh warga Singapura.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait