Milenial

Macam-Macam Pekerjaan yang Kini Kian Populer Saat New Normal

macam pekerjaan yang melonjak di masa pandemi

Ajaib.co.id – Macam pekerjaan yang berbau digital saat ini kian populer dan banyak dicari oleh perusahaan. Lantaran pandemi Covid-19 telah mengubah bagaimana cara masyarakat untuk bertransaksi. Perubahan dari belanja langsung ke toko kini berpindah secara masif pada e-commerce untuk mencegah penularan virus dalam kerumunan.

Inilah mengapa transaksi digital di Indonesia selama pandemi naik signifikan, masyarakat kini sudah beralih ke transaksi non tunai dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, e-money, dll. Penggunaan transaksi digital selama pandemi diyakini bisa mencegah penyebaran Covid-19 lewat transaksi dengan uang tunai sesuai dengan saran dari WHO.

Tren kenaikan transaksi digital yang terjadi di Indonesia saat ini membuat baik itu UMKM maupun bisnis berskala besar  harus beradaptasi dengan kebiasaan konsumen baru ini. Jadi, tak heran bila banyak perusahaan yang kini membentuk divisi marketing baru untuk membantu lini bisnis perusahaan agar bisa bertahan di tengah pandemi lewat pemasaran online.

Di Indonesia, pemasaran online lebih banyak diterapkan oleh para startup dibanding perusahaan-perusahaan konvensional. Perusahaan konvensional menganggap bahwa pemasaran offline door to door dinilai lebih efektif dalam segi penjualan dibanding pemasaran online. Namun, cara konvensional ini sulit dijalankan selama pandemi gegara PSBB yang diterapkan di sejumlah daerah.

Oleh sebab itu, metode pemasaran online saat ini kian dilirik oleh banyak perusahaan maupun UMKM untuk membantu meningkatkan penjualan mereka. Bila demikian, kebutuhan macam pekerjaan yang benar-benar memahami bagaimana proses penjualan online itu bisa terjadi menjadi kian dibutuhkan saja sekarang.

Boleh dikatakan selama pandemi ada berbagai jenis profesi pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital banyak dicari oleh perusahaan. Mau tahu apa sajakah macam bidang pekerjaan tersebut?

Daftar Pekerjaan yang Kini Dibutuhkan untuk Meningkatkan Penjualan Perusahaan

1.   SEO Specialist

Dunia SEO mulai dikenal oleh banyak orang saat memasuki tahun 2000-an, kepopuleran dari SEO ini juga mulai diikuti oleh macam profesi lainnya seperti penulis, blogger, hingga ahli IT yang kian meningkat.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, berbagai metode atau strategi yang menggabungkan antara seni dan teknikal untuk mendapatkan posisi pertama dalam halaman satu Google. Walaupun faktanya, Google bukanlah satu-satunya search engine di dunia melainkan masih ada banyak lagi search engine lainnya seperti Yandex, Bing, dll.

Namun, seorang SEO Specialist umumnya hanya fokus di satu search engine saja yakni Google, sebuah search engine yang menawarkan jumlah visitor terbanyak dibanding search engine lainnya. Untuk bekerja di posisi SEO Specialist berada di bawah divisi marketing maupun IT. Tetapi, hal ini tentunya berbeda-beda dari masing-masing perusahaan tergantung dari kebutuhan bisnis yang ada.

Seorang SEO Specialist bisa membantu bisnismu agar semakin dikenal di dunia maya berkat optimasi website yang dilakukan untuk memenangi berbagai keyword potensial dari suatu perusahaan. Misalnya bisnismu menjual jersey bola, kamu bisa menggunakan jasa SEO Specialist untuk membantu website-mu agar bisa ditemukan oleh pengunjung yang sedang ingin membeli jersey bola dengan keyword seperti “toko jersey bola terdekat”, “jersey bola terbaik”, dll.

Di tengah pandemi ini, banyak perusahaan yang sedang mencari talenta terbaik untuk mengisi posisi SEO Specialist di perusahaan mereka.

2.   Social Media Specialist

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai salah satu pengguna aktif media sosial terbanyak di dunia. Sehingga, pemasaran lewat sosial media bisa menjadi basis dari aktivitas pemasaran banyak perusahaan untuk mendekatkan brand mereka ke target audiens.

Agar perusahaan bisa membangun brand image mereka di media sosial, mereka perlu menggunakan jasa Social Media Specialist yang mengelola berbagai kampanye pemasaran di sosial media seperti meningkatkan jumlah pengikut, mengaktifkan fitur iklan berbayar, dll.

Selain itu, peran Social Media Specialist bukan hanya sebatas itu saja melainkan mereka juga berperan untuk membangun interaksi dengan para audiens di berbagai platform media sosial dengan konsisten dan rutin mengunggah konten yang bersifat informatif yang berhubungan dengan produk yang ingin dipasarkan.

Bagi kamu yang suka kepo dengan informasi terkini yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat, inilah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Social Media Specialist agar konten yang kamu buat tidak membosankan dan selalu fresh.

3.   Content Writer

Di masing-masing perusahaan pekerjaan Content Writer memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda, ada yang hanya fokus kepada pembuatan artikel untuk kebutuhan blog maupun platform-platform lainnya. Pada era digitalisasi saat ini, kebutuhan akan pembuatan konten yang menarik agar bisa membius para pembacanya untuk membeli merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Content Writer. Mengapa?

Sebuah konten yang biasanya kamu baca di blog perusahaan atau sebagainya bisa diibaratkan adalah kepanjangan tangan dari bisnis tersebut untuk menyampaikan sebuah informasi yang bisa membantu para penggunanya. Jadi, seorang Content Writer harus bisa mengetahui gaya bahasa yang ingin dibawakan agar sesuai dengan target audiens yang ingin ditarget.

Pemahaman penulisan yang baik dan benar adalah syarat dari pekerjaan ini, selain itu kamu juga perlu menambah kemampuanmu dengan mempelajari dasar-dasar SEO.

Macam pekerjaan di atas merupakan lowongan kerja yang sedang banyak dicari oleh banyak perusahaan saat ini, ketika bisnis mereka mulai masuk ke ranah digital. Selain itu, ada pula jenis pekerjaan yang sedang naik daun di kalangan milenial yakni Digital Marketing.

Prospek berbagai pekerjaan tersebut dinilai cerah, lantaran pemerintah Indonesia saat ini sedang ngencar-ngencarnya mendorong UMKM dan bisnis lainnya untuk terjun ke bisnis digital, sebagai upaya untuk melawan Covid-19 agar bisa bertahan di tengah pandemi yang sudah membuat berbagai bisnis harus gulung tikar.

Bila kamu adalah satu dari sekian banyak pekerja yang bekerja di bidang digital, selamat atas selamat atas kesempatan mendapatkan uang lebih banyak! Peningkatan penghasilan tersebut sebaiknya kamu sisihkan untuk hal-hal yang produktif seperti berinvestasi di reksa dana maupun saham dengan mudah lewat aplikasi Ajaib, sebuah platform investasi yang dikembangkan dan diperuntukkan bagi milenial yang sedang mencari cara berinvestasi secara aman dan kekinian (semua proses pendaftaran hingga transaksi 100% secara online).

Artikel Terkait