Dunia Kerja

Lagi Cari Lowongan Kerja di Bank? Begini Tipsnya

lowongan kerja di bank

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja di bank, ada baiknya kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu agar bisa diterima. Untuk itu, simak ulasan berikut ini agar kamu mengetahui tips-tips yang diperlukan.

Dunia perbankan jadi salah satu bidang pekerjaan yang cukup populer bagi para fresh graduate. Tak hanya dari lulusan ilmu ekonomi saja, tapi juga jurusan lain termasuk sastra pun ikut melamar pekerjaan di bank jika memiliki pengalaman.

Namun, memang lulusan ekonomi (akuntansi dan manajemen) lebih didahulukan. Ada banyak sekali lowongan kerja di bank yang bisa kamu coba untuk lamar. Karena selain banyak diminati, menjadi pegawai bank tidak membutuhkan kualifikasi khusus.

Akan tetapi jika perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong pertumbuhan digitalisasi untuk kegiatan perbankan. Hal ini ternyata memberi dampak pada perekrutan tenaga kerja di bagian teller bank.

Berdasarkan temuan fakta dari Kementerian PPN di lapangan, sekarang ini telah terjadi penurunan perekrutan tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar tiap tahunnya. Alasannya karena banyak bank, baik swasta maupun negeri mulai menerapkan sistem digitalisasi dalam kegiatan operasionalnya.

Dengan demikian, lowongan kerja di bank sebagai teller diprediksi bakal ditiadakan dan digantikan oleh proses digitalisasi. Artinya nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk menabung ataupun transfer. Di satu sisi banyak dari para fresh graduate yang tertarik untuk menjadi teller.

Posisi ini hanya membutuhkan kemampuan ketepatan dan ketelitian dalam menghitung uang, serta berkomunikasi dengan baik. Meskipun tidak memiliki jenjang karir, namun gaji yang ditawarkan cukup menarik sehingga menarik banyak minat pelamar kerja.

Kondisi tersebut tentunya memunculkan pertanyaan apakah teller bank masih jadi tujuan para lulusan baru atau frash graduate? Mungkin masih ada yang berminat, namun tergantung dari situasi yang ada.

Tips Melamar Kerja di Bank

Bagi kamu yang masih ingin mencoba melamar lowongan kerja di bank lewat jalur umum, ada tips yang akan dibagikan buat kamu berikut ini.

Cari Informasi

Langkah pertama yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai situs pencari kerja, koran, atau website resmi bank tersebut. Ada banyak daftar website penyedia lowongan kerja terbaik, seperti Jobstreet.com, Karir.com, hingga melalui aplikasi media sosial Line Job.

Jika kamu menemukan pekerjaan yang pas untukmu, baca dengan seksama syarat, kualifikasi, serta tugas-tugas yang akan jadi tanggung jawabmu di bidang tersebut.

Selanjutnya, baru kamu persiapkan berkas-berkas yang jadi syarat melamar kerja. Perhatikan juga apakah dokumen lamaran kerja tersebut dikirimkan secara online, harus melalui kantor pos, atau memberikan langsung ke kantornya.

Punya Koneksi

Koneksi merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan, baik itu untuk melamar kerja atau berbisnis. Penting untuk kamu ketahui apakah lowongan kerja di bank tersebut tersedia atau tidak. Jika tidak, kamu tetap bisa mengirimkan lamaran kerja dengan menanyakan terlebih dahulu kepada karyawan yang bekerja di bank tersebut.

Nah, disinilah pentingnya kamu memiliki koneksi orang dalam agar lamaran kerja kamu setidaknya akan disimpan terlebih dahulu oleh HRD. Jika berikutnya dibutuhkan pegawai baru, baik itu menggantikan karyawan sebelumnya yang resign atau pihak bank hendak membuka cabang baru, kamu pasti akan dipanggil.

Perhatikan Batas Waktu Pengiriman Lamaran

Ini yang seringkali kurang diperhatikan oleh pelamar, bahkan di akhir penutupan lowongan tiba-tiba lamaran kerja yang masuk mulai membludak. Alhasil, banyak yang tidak lolos secara administrasi karena beberapa dokumen yang tidak lengkap.

Setelah kamu dinyatakan lolos dari seleksi administrasi, dan selanjutnya akan menjalani psikotes dan wawancara, maka kamu harus mempersiapkan diri. Setidaknya kamu tahu bagaimana tips-tips bagaimana sikap dan cara menjawab pertanyaan dari HRD, atau apa saja pertanyaan yang sering diajukan.

Jangan Menunggu 1 atau 2 Lamaran

Lowongan kerja di bank itu banyak, jadi jangan sampai kamu cepat berpuas diri hanya karena lamaran pertama atau kedua cepat diterima. Sebab setelah kamu melewati tes wawancara, ada waktu bagi kamu untuk menunggu apakah kamu diterima atau tidak sebagai pegawai di bank tersebut.

Sembari kamu menunggu, alangkah baiknya mengirim lamaran di perusahaan atau instansi lain di posisi yang berbeda. Hal ini memperbesar peluangmu untuk diterima bekerja lebih cepat.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Ada hal lain yang kamu perhatikan dalam melamar lowongan kerja di bank, yaitu membuat surat lamaran yang baik dan benar sehingga pihak HRD bank tersebut tertarik dan mempertimbangkan kamu. Surat lamaran punya peran penting untuk bisa melewati proses seleksi administrasi.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran lowongan kerja di bank yang bisa kamu ikuti:

Bandung, 10 Januari 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada :

Yth. Pimpinan PT. Bank BNI, Tbk. (Persero)

Kantor Cabang Buah Batu Bandung

Jl. Buah Batu Blok A No.173, Turangga, Kec. Lengkong,

Kota Bandung, Jawa Barat 40264

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Bambang Prakoso, S.Sos

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 24 Juli 1994

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Sangga Buana Program Studi Manajemen

Telepon : xxx

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu, dengan harapan agar saya dapat diterima menjadi Staff/Customer Service/Teller Bank di lingkungan PT. Bank BNI, Tbk (Persero).

Dengan bekal pengalaman serta kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer terutama MS. Office (Word, Excel, Power Point, dll) serta kemapuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Saya dapat berkomunikasi dengan baik, teliti, jujur, dan dapat bekerja baik secara individual maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berberapa syarat yang diperlukan:

  1. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir (terlegalisir)
  2. Fotokopi Transkrip Nilai (terlegalisir)
  3. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian/ SKCK (terlegalisir)
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  6. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan informasi yang sebenarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Bambang Prakoso, S.Sos

Artikel Terkait